Berkat Puisi Sampur Gandrung, Deni Maulana, Pelajar Cianjur Bisa Keliling ke Negara Tetangga

Berkat prestasinya tersebut juga Deni Maulana diterima di SMA Negeri 1 Cianjur, hingga akhirnya menjadi juara baca puisi

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
M Deni Maulana, pelajar kelas 12 IPS 2 SMAN 1 Cianjur yang berkesempatan ke Singapura dan Malaysia berkat prestasi membaca puisi 

BERKAT puisi, M Deni Maulana (18), pelajar kelas 12 IPS 2 SMAN 1 Cianjur bisa keliling Singapura dan Malaysia, jalan-jalan sambil memperkenalkan puisi dan budaya Sunda. Tak hanya kepada sesama pelajar, di kedua negara tetangga itu Deni juga mengenalkan puisi kepada mahasiswa dan dosen. Kesempatan yang sama sekali tak pernah ia sangka.

Ditemui di SMAN 1 Cianjur, Rabu (21/9), Deni Maulana mengaku sudah termotivasi belajar puisi sejak masih duduk di bangku kelas VI di SD Karangtengah. Saat itu, wali kelasnya, Rohanah, membacakan sebuah puisi karya WS Rendra di hadapannya.

Semakin ia resapi bait demi bait dan penggalan demi penggalan, tanpa terrasa Deni pun mulai jatuh cinta pada puisi. Sejak saat itu juga ia mulai belajar serius mengenai intonasi dan pengejewantahan konsonan dan vokal dari puisi.

Baca juga: Berkat Sering Mengonsumsi Ikan Payo, Banyak Warga Kampung Adat Miduana Cianjur yang Panjang Usia

Menginjak SMP, Deni Maulana mulai memberanikan diri untuk mengikuti lomba baca puisi dan mulai menorehkan prestasi baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Berkat prestasinya tersebut juga Deni Maulana diterima di SMA Negeri 1 Cianjur, hingga akhirnya menjadi juara baca puisi tingkat nasional yang digelar Kemendikbudristek. Saat itu, Deni Maulana membawakan berjudul Sagu Ambon dan puisi pilihan Sampur Gandrung.

Namun, jalan menjadi juara nasional tak semulus yang dibayangkan. Banyak rintangan yang dihadapi. Sebelum maju ke tingkat nasional, kata Deni Maulana, ia lebih dulu ikut lomba di tingkat provinsi.

Baca juga: Sempat Kandas Audisi Liga Dangdut 2021, Vini Azmi asal Cianjur Lolos Audisi D Academy 5 Indosiar

"Baru tahun 2022 ini saya menjadi juara provinsi dan mewakili Jabar untuk tingkat nasional, alhamdulilah baru Minggu kemarin diumumkan dan menjadi juara nasional," ujar Deni Maulana.

"Di tingkat nasional ternyata tak hanya pelajar dari Indonesia saja yang ikut. Kemarin itu melawan siswa dari 34 provinsi plus siswa yang belajar di luar negeri seperti Arab Saudi, Filipina, dan Malaysia," tambahnya.

Baca juga: Wisnu Sopian Sukarela Antar Keperluan Warga yang sedang Isolasi Mandiri di Kabupaten Cianjur

Deni Maulana mengatakan, ia juga baru menyelesaikan program pertukaran pelajar atau study exchange di bulan Agustus ke Singapura dan Malaysia. Pertukaran pelajar tersebut juga berkat prestasi puisi, Deni bisa keliling negara tetangga jalan-jalan sambil memperkenalkan budaya Sunda melalui sajak.

Deni mengatakan, di negara tetangga ia berkesempatan memperkenalkan puisi bahasa Sunda dari Cianjur selain puisi berbahasa Indonesia.

Baca juga: Anak Babinsa Asal Cianjur Itu Akhirnya ke Istana Merdeka, Gadis Asal Garut Juga Diundang Kembali

Kepala SMAN 1 Cianjur, Agam Supriyanta, mengaku sangat bangga dan anak didiknya berprestasi tingkat nasional bahkan membawa materi diskusi hingga negara tetangga.

"Alhamdulillah salah satu siswa SMA Negeri 1 Cianjur dapat meraih juara 1 dalam FLS2N bidang baca puisi ditingkat nasional. Semoga prestasi yang diraih menjadi motivasi bagi yang bersangkutan ataupun siswa lain untuk lebih maju di masa yang akan datang," ujarnya.

Baca juga: Ujang Elan Kusmana, Pria Putus Sekolah yang Gigih Membuat Pesawat Ultralight di Cianjur

Agam Supriyanta berpesan agar prestasi ini diteruskan khususnya saat meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.

"Semoga prestasi yang diraih dapat memotivasi siswa lain untuk tetap berkompetisi dalam berbagai lomba yang dilaksanakan baik di tingkat provinsi, nasional, juga internasional dan mampu menjadi siswa siswa yang memiliki kemampuan akademik maupun non akademik yang baik," katanya. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
886 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved