Briptu Sandi Septian, Sosok yang Tulus Membantu Penyandang Disabilitas dan Tunanetra di Sukabumi

Ia menyambangi rumah warga yang tidak mampu dengan membawa bantuan. Terlebih, bantuan yang ia berikan merupakan  hasil ia bekerja

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Bripti Sandi Septian menjenguk Hatinlara, lansia tunanaetra di Kampung Cibanteng, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi 

BHAYANGKARA Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Bhabinkamtibmas) atau kerap disebut Bhabin memiliki tugas pokok membina keamanan dan keteriban desa atau kelurahan binaannya, serta menjalankan tugas secara pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sisi lain ditunjukkan Bhabin dengan menolong sesama.

Seperti halnya dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Buniwangi, Briptu Sandi Septian. Ia menyambangi rumah warga yang tidak mampu dengan membawa bantuan. Terlebih, bantuan yang ia berikan merupakan  hasil ia bekerja alias dari uang saku pribadi.

Briptu Sandi mendatangi penyandang disabilitas (difabel) yang masih di bawah umur dan orang buta, Jumat (22/4/2022) sore.

Briptu Sandi Septian saat mengunjungi difabel bernama Sela Suci Ramadani di Kampung Babakan Pesantren, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu
Briptu Sandi Septian saat mengunjungi difabel bernama Sela Suci Ramadani di Kampung Babakan Pesantren, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Difabel itu bernama Sela Suci Ramadani asal Kampung Babakan Pesantren RT 15 RW 02 dan orang buta bernama Hatinlara (55) warga Kampung Cibanteng RT 08 RW 05 Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu.

Terdapat kisah mengharukan dibalik kisah Briptu Sandi Septian memberikan bantuan tersebut.

Berawal dari pahitnya kehidupan yang dialaminya, yakni kehilangan sang buah hati ketika istrinya mengalami keguguran.

Baca juga: Ini Sosok Polisi Penolong Perempuan yang Mengalami Pendarahan di Rest Area Jalan Tol

Ia lantas terus berikhtiar agar dapat mendapatkan keturunan. Selain doa yang ia panjatkan, Briptu Sandi Septian bernazar untuk memberikan bantuan kepada orang tidak mampu, salah satunya difabel dan orang tunanetra.

Ia meminta didoakan oleh orang tersebut agar ia dan keluarganya diberikan keselamatan dan keberkahan, terutama dapat kembali mendapatkan buah hati setelah istrinya keguguran.

Di luar itu, ia juga memprogramkan Bhabinkamtibmas peduli dan berbagi.

Baca juga: Briptu Febio Marcelino Sibuea Tetap Sabar Saat Dicaci Maki Pelanggar Protokol Kesehatan

"Jadi yang pertama mengapa saya membagikaj sembako kepada orang disabilitas dan orang mengalami kebutaan itu karena saya sedang membuat program Bhabinkamtibmas itu peduli dan berbagi, kebetulan kan sekarang nuansanya bulan Ramadan, ya saya ingin dari hati saya memberikan sembako seadanya kepada warga yang sangat membutuhkan," ujarnya, Sabtu (23/4/2022).

"Dan yang kedua saya menitipkan diri saya kepada warga (minta didoakan), khususnya yang kurang mampu atau disabilitas, juga saya meniatkan pemberian sembako itu untuk istri saya, saya ingin diberikan keturunan, minta didoakan, jadi saya bernazar, bantuan ini dari pribadi saya," jelasnya.

Baca juga: Aipda Citro Haduduan Manalu, Polisi Pendiam yang Bangun Banyak Rumah untuk Warga di Cianjur

Briptu Sandi Septian juga berniat akan rutin memberikan bantuan kepada warga tidak mampu. Baik itu bantuan berupa sembako ataupun uang dari hasil ia bekerja.

"Insya Allah jika saya ada rezeki lebih ataupun ada uang yang sekiranya bisa membantu masyarakat saya akan rutin memberikan bantuan," ucapnya.

Baca juga: Briptu Akka Mahpudin Membangun SMK dengan Biaya Sendiri, Anak Yatim dan Tidak Mampu Gratis Sekolah

Kepala Desa Buniwangi, Aang Heriana mengatakan, pemerintah desa juga telah memberikan bantuan kepada Hatinlara yang mengalami kebutaan, ia pun mengapresiasi yang dilakukan Bhabinkamtibmas

"Sebetulnya perhatian kita untuk bu Hatinlara dari dulu diperhatikan, bedah rumah dapat dari dulu dibangunkan sama saudaranya," katanya.

Baca juga: Asep Hermawan, Polisi yang Mengaku Hobi Belajar, Ikut Wisuda S2 dan S3 Secara Bersamaan

"Kalau disabilitas masih kecil umurnya, mungkin untuk fasilitas kedepan pasti kita bantu. Untuk bu Hatinlara dari dulu kita perhatikan berbagai jenis bantuan," pungkasnya. (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
730 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved