Siswa SMK Bina Teknologi Subang Berhasil Merakit Sepeda Motor Sport Tenaga Listrik

"Awalnya mendapatkan inspirasi dari pemerintahan sendiri bahwa untuk membuat kendaraan yang ramah lingkungan, habis itu ya kami coba saja"

Tribun Jabar/Dwiky Maulana Vellayati
Siswa SMK Bina Teknologi Kabupaten Subang berhasil membuat motor sport listrik 

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Bina Teknologi, Kabupaten Subang berhasil menciptakan sepeda motor listrik pertama di Kabupaten Subang.  Untuk jenisnya pun sepeda motor sport yang mampu menempuh jarak 28-35 kilometer menggunakan listrik

Sepeda motor listrik kali ini dibuat dalam kurung waktu dua bulan dari Nopember hingga Desember 2021. Mulai dari body, rangka hingga jadi. 

Menurut salah satu murid SMK Bina Teknologi yang ikut serta dalam pengerjaan tersebut, Sidik Rahim dalam proses pembuatannya sendiri dimulai berawal pengajuan dari siswa kepada pihak sekolah. 

Motor sport listrik buatan siswa SMK Bina Teknologi Kabupaten Subang diuji coba di lapangan basket indoor SMK Bina Teknologi
Motor sport listrik buatan siswa SMK Bina Teknologi Kabupaten Subang diuji coba di lapangan basket indoor SMK Bina Teknologi (Tribun Jabar/Dwiky Maulana Vellayati)

"Awalnya mendapatkan inspirasi dari pemerintahan sendiri bahwa untuk membuat kendaraan yang ramah lingkungan, habis itu ya kami coba saja," ucap Sidik kepada wartawan, Selasa (8/2/2022). 

Setelah itu, kata Sidik, timnya yang total ada 15 siswa tersebut langsung meminta kepada pihak yayasan untuk membantu dukungan dari segi moral maupun moril. 

Baca juga: Sepeda Listrik Buatan Majalengka Belum Diproduksi Massal Tapi Sudah Dipesan 200 Unit

"Habis itu minta dukungan kepada yayasan maupun sekolah untuk membantu dalam penyelesaian pembuatan motor listrik ini," katanya. 

Menurut kepala sekolah SMK Bina Teknologi Wawan Suhandi pun terus melakukan berbagai inovasi membuat teknologi tepat guna. Untuk motor listrik merupakan kolaborasi siswa dari berbagai jurusan yakni teknik kendaraan ringan, pengelasan dan audio-video. 

Baca juga: Rixy Julian Rahmat Tidak Tamat SMK Tapi Mampu Ciptakan Kendaraan Listrik yang Banyak Dipesan

Wawan menjelaskan, para siswa SMK Bina Teknologi menggagas pembuatan kendaraan bermotor listrik atau jenis motor listrik dengan alasan memberikan sebuah solusi ramah lingkungan. 

"Kehadiran motor ini menjadi solusi terhadap masalah-masalah yang timbul karena penggunaan bahan bakar fosil telah menimbulkan polusi dan memicu pemanasan global. Oleh karena itu, kami yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi, kita melakukan inovasi membuat motor listrik,” katanya. 

Baca juga: SMK PPN Tanjungsari Kembangkan Budi Daya Anggrek Tebu, Harga Satu Pohon Siap Berbunga Rp 7 Juta

Dia mengatakan, dengan dibuatnya sepeda motor listrik, SMK Bina Teknologi ingin menunjukkan bahwa di tengah pandemi Covid-19 tak menghalangi untuk melakukan inovasi. 

“Meski kami akui bahwa pandemi Covid-19 menjadi kendala dalam proses pembelajaran,” ujarnya. 

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Siswa SMKN 1 Sumedang Memproduksi Lampu LED, Memasok ke Kalimantan

Perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ahmad Saripudin mendukung pengembangan kendaraan listrik yang dilakukan oleh SMK Bina Teknologi. Kendaraan listrik merupakan program nasional. 

Siswa SMK Bina Teknologi Kabupaten Subang berhasil membuat motor sport listrik
Siswa SMK Bina Teknologi Kabupaten Subang berhasil membuat motor sport listrik (Tribun Jabar/Dwiky Maulana Vellayati)

"Kami mendukung dan sangat bangga dengan hasil karya siswa SMK Bina Teknologi,” ujarnya. 

Spesifikasi terkait motor listriknya memiliki panjang 198 Cm, lebar 73 Cm, tinggi sampai spedometer 104 cm, tinggi sampai 84 cm, tinggi belakang 91cm, sumber tegangan batrai 60V-20A 1200 WATT, lama cas 4 jam, jarak tempuh 35 km kondisi datar, 28 km kondisi tanjakan, kecepatan maksimal 60 km per jam, jenis batrai litium ion type nmc, keunggulan batrai lebih kecil dan sampai 1000 kali cas, untuk berat motornya sendri hanya 62 kg berdasarkan timbangan dinas perhubungan, ukuran dinamo / motor penggerak listrik 10", daya motor listrik 2kw.  (Tribun Jabar/ Dwiky Maulana Vellayati)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
658 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved