Kebaikan Relawan Berakhlak, Razia Orang Lapar hingga Mengganti Ponsel yang Hilang di Masjid

"Kami berbagi makanan bergizi di seluruh Indonesia. Ada 1.000 paket, serentak, dan 500-nya di Bandung"

Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman
Sejumlah anggota Relawan Berakhlak saat membagikan makanan di jalanan Kota Bandung, Rabu (2/2). 

MEMBANTU sesama, tak cuma gencar dilakukan saat pandemi Covid-19 sedang mengganas. Ada atau tidak pandemi, membantu sesama harus tetap dilakukan. Itu pula yang dilakukan Tubagus Zainal Arifin alias Uncle TeeBob, warga Cipedes, Kota Bandung.

Setelah mendirikan banyak dapur umum saat Covid-19 mengganas, Uncle TeeBob kini menginisiasi Relawan Berakhlak. Sebuah komunitas sosial untuk membantu masyarakat.

Bersama Harry Hpl, ketua Relawan Berakhlak, serta ratusan anggotanya, mereka bergerak menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan mulai dari pemberian santunan sembako, pemberian telepon genggam untuk para pengemudi ojek online (ojol) yang kehilangan di masjid, hingga melakukan razia orang lapar di sekitaran Kota Bandung.

Anggota Relawan Berahlak berkumpul sebelum berakivitas memberi sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan
Anggota Relawan Berahlak berkumpul sebelum berakivitas memberi sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

"Kami berbagi makanan bergizi di seluruh Indonesia. Ada 1.000 paket, serentak, dan 500-nya di Bandung. Titik kumpulnya di Jalan Karawitan. Kami berbagi ke tukang parkir dan teman-teman yang membutuhkan, terus kita keliling Bandung," ujar Uncle TeeBob, seusai kegiatan razia orang lapar di Jalan Karawitan, Kota Bandung, Rabu (2/2).

Relawan Berakhlak ini, kata Uncle TeeBob, sudah tersebar di beberapa wilayah Indonesia dan melakukan kegiatan serupa seperti di Lombok, Aceh, Lampung, Yogyakarta dan Solo.

Baca juga: Bubur Ayam Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19, Kepedulian dari Penduduk Gang Sempit di Kota Bandung

"Saya ingin lebih membuat virus baru, di luar kemarin dapur umum. Kalau waktu itukan belum ada kepengurusan, konsepnya belum ada manajemennya, sekarang kita bentuk kepengurusannya Relawan Berakhlak," katanya.

Harry Hpl, Ketua Relawan Berakhlak, menambahkan mereka bergerak bersama-sama secara sukarela. Sebelum memberikan bantuan keliling Kota Bandung, anggotanya diminta untuk memastikan tetangga di lingkungan masing-masing sudah dalam keadaan baik-baik saja.

Baca juga: Inilah Ani Sumarni, Guru Honorer Cantik di Cianjur yang Kerap Merawat ODGJ di Jalan

"Kami tengok dulu tetangga, sebelum bergerak ke hal yang jauh. Dari hal kecil ini akan menimbulkan satu manfaat yang besar jika dilakukan di semua lini dan di seluruh Indonesia. Makanya saat berbuat sesuatu kita mengajak orang-orang terdekat kita, sebelum mengajak yang jauh," ujar Harry Hpl.

Relawan Berakhlak ini baru resmi dibentuk struktur kepengurusannya pada Januari 2022. Namun, gerakannya sudah masif dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Baca juga: Ladang Amal Bandung Bagikan Keperluan Bagi yang Terdampak Pandemi Covid-19

"Pembinanya Kak Eric Tohir, Uncle Teebob sebagai pembina teknis. Kami gerakannya berjalan setiap hari, memberi bantuan makanan itu hanya pergerakan kecil kita saja, kami juga berbagi Al-Quran, renovasi masjid, kami juga kunjungi Desa-desa seperti di Cimenyan, Cililin, pokonya daerah yang berada digaris kemiskinan pasti kami bantu," ucapnya.

Anggota Relawan Berahlak berfoto bersama di Gedung Merdeka, Bandung
Anggota Relawan Berahlak berfoto bersama di Gedung Merdeka, Bandung (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

Selama ini, kata dia, pendanaan lebih sering hasil dari patungan anggota dan donatur. Ia berharap, ke depan semakin banyak orang baik yang mau bergerak membantu sesama.

Baca juga: Awalnya Senang Bagikan Bakso ke Tetangga, Giyanti Sukses Jalankan Bisnis Bakso Pacitan

"Harapan kami semua orang sadar, semua orang mau berbagi dan sadar akan kondisi sekitarnya, jadi untuk menyelamatkan kondisi ini siapalagi kalau bukan diri kita masing-masing peduli sama lingkungan sekitar. Kota Bandung semakin banyak orang baiknya," kata Harry Hpl. (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
655 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved