Kisah Gan Gan Peserta X Factor Asal Tasik yang Suara Merdunya Mirip Rossa, Viral di Lima Negara

"Di Tik Tok sekitar 20 juta penonton. Belum lagi yang melakukan re-upload juga mendapat respons netizen"

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Leni Yuliani, Ibu RW di tempat tinggal Gan Gan berfoto bersama Gan Gan. Leni menggalang dana untuk biaya hidup Gan Gan selama di Jakarta 

SIAPA yang tak mengenal Gan Gan Wigandi? Lelaki asal Kota Tasikmalaya ini belakangan viral setelah mengikuti audisi X-Factor Indonesia di RCTI.

Salah satu juri X-Factor Indonesia, Rossa, mengatakan Gan Gan Wigandi melantunkan "Hati yang Tersakiti" seperti sedang lipsync karena suaranya mirip Rossa. Lontaran Rossa langsung viral di media sosial dan membuat Gan Gan pun jadi fenomenal. Terlebih lima juri, Rossa, Judika, Anang, Ariel, dan Bunga Citra Lestari langsung memijit "Yes" untuk Gan Gan.

"Saya senang begitu lima juri semuanya memijit Yes. Sebelumnya tidak menyangka bakal seperti ini," kata Gan Gan yang ditemui di rumahnya di Gang Durian, Jalan KHZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Jumat (17/12) siang.

Gan gan (kanan) bersama kakak sepupunya, Iqbal di Tasikmalaya
Gan gan (kanan) bersama kakak sepupunya, Iqbal di Tasikmalaya (Tribun Jabar/Firman Suryaman)

Siswa kelas II SMK Yapsipa, Tasikmalaya, itu mengaku benar-benar kaget dan merasa suprise mendapat respons Rossa seperti itu.

"Suara saya memang melengking seperti itu. Ini bawaan dari kecil, mirip suara perempuan," ujar Gan Gan tertawa.

Saat memasuki panggung audisi, Gan Gan yang selama ini tak pernah tampil di muka umum sempat syok.
"Saya sempat tegang dan grogi. Tapi begitu disuruh nyanyi, barulah saya percaya diri, membawakan lagu Hati yang Tersakiti milik Teh Rossa," kata Gan Gan.

Namun, begitu Rossa bilang lipsync, kata Gan Gan, ia langsung kembali grogi.

"Awalnya saya menyangka itu tudingan. Tapi ternyata pujian buat saya, mungkin karena suara saya mirip aslinya," kata Gan Gan semringah.

Ipal, kakak sepupu Gan Gan yang jadi sosok di belakang viralnya Gan Gan menyebut, sosok Gan Gan selain viral di Tanah Air, juga viral luar biasa di empat negara.

"Saya lihat-lihat di internet, tayangan soal lontaran lipsync dari Rossa terhadap Gan Gan saat audisi X-Factor ternyata juga viral luar biasa di empat negara," ujar Ipal.

Keempat negara itu yakni Hongkong, Malaysia, Singapura dan Taiwan. "Saya hitung-hitung puluhan bahkan bisa lebih seratus juta yang menonton," kata Ipal yang juga pegiat medsos ini.

Menurut Ipal, tayangan di Youtube saja kini sudah lebih dari 5 juta yang menonton.
"Di Tik Tok sekitar 20 juta penonton. Belum lagi yang melakukan re-upload juga mendapat respons netizen," kata Ipal.

Gan Gan Wigandi
Gan Gan Wigandi (Tribunnews)

Dijebak

Lalu bagaimana awalnya Gan Gan Wigandi bisa sampai manggung di audisi X-Factor? Gan Gan mengaku "dijebak" oleh saudara sepupunya, Ipal, hingga akhirnya ia bisa lolos dalam audisi tahap satu X-Factor Indonesia di RCTI.

"Iya, saya dijebak, beberapa kali disuruh nyanyi sambil divideo. Ternyata rekamannya dikirim ke X-Factor," ujar Gan Gan, sata ditemui di rumahnya di Gang Durian, Jalan KHZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Jumat (17/12) siang.

Ipal yang mendampingi Gan Gan, menuturkan, dirinya sudah sekitar empat tahun mengetahui potensi suara adik sepupunya itu.

"Kami sering gitar-gitaran dan Gan Gan dengan suara melengkingnya bikin para tetangga merasa terhibur," ujar Ipal.

Beberapa waktu lalu, lanjut Ipal, dirinya mengetahui ada pendaftaran untuk audisi X-Factor di RCTI.
"Tanpa sepengetahuan Gan Gan maksud dan tujuannya, saya meminta Gan Gan bernyanyi untuk divideo. Kemudian diam-diam rekamannya saya kirim ke X-Factor," kata Ipal.

Di luar dugaan ternyata ada respon dan minta mengirim lagi video.

"Itu terjadi sampai tiga kali dan Gan Gan belum diberi tahu, setiap saya merekam," ujar Ipal.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
605 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved