Giovanno Berdayakan Perajin Kayu di Jawa Barat Besarkan Bisnis Dekornata

"Kendala yang didapatkan adalah kami sadar pembeli bisa ragu untuk memilih karena sulit memadukan produk yang ada di rumah"

grabforgood.id
Giovanno Warli pendiri Dekornata 

JIKA produk berbahan kayu identik dengan barang kuno dan mahal, Giovanno Warli justru mematahkan persepsi ini lewat bisnisnya yang bernama Dekornata.

Dekornata berdiri pada   2018 untuk menghadirkan kreasi produk peralatan rumah dan dekorasi dengan bahan baku kayu berkualitas asli Indonesia, seperti piring, vas bunga, dan tempat tisu.

Giovanno mengatakan, ide awal membuat bisnis ini begitu simple. Di saat banyak pengusaha memilih bisnis kopi, ia justru membuat hal yang berbeda.

produk kayu produksi Dekornata
produk kayu produksi Dekornata (instagram@dekornata)

"Ketika banyak orang membuka usaha kafe, saya jadi mikir, enak ya kalau bisa suplai tatakan, gelas, nampan kopi," ujarnya saat wawancara virtual bersama Shopee, Rabu (8/12/2021).

Giovanno pun mulai bekerja sama dengan perajin kayu di Jawa Barat dan menggunakan bahan baku yang 100% lokal.

Baca juga: Berhenti Sekolah, Kiki Sukses Menjadi Pebisnis Mebel dari Limbah Kayu Peti Kemas di Sumedang

"Usaha Dekornata ini memberdayakan mitra pengrajin kayu lokal yang hingga saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 150 mitra pengrajin yang kebanyakan berasal dari Jawa Barat, Bali, dan Lombok," kata Gio.

Selain bahan baku kayu, Gio mengungkapkan, kini Dekornata juga merambah kerajinan lokal dengan bahan baku lokal lain seperti keramik, rotan, bambu, anyaman eceng, lamun (sea-grass), dan pelepah pisang.

Gio di antara produk Dekornata
Gio di antara produk Dekornata (grabforgood.id)

Sejak awal memulai bisnis Dekornata, Giovanno langsung mempercayakan Shopee sebagai platform penjualan yang sesuai bagi kalangan target konsumennya.

Dengan jangkauan Shopee yang luas, ia juga ingin menunjukkan bahwa produk-produk berbahan kayu bisa disesuaikan dengan tren generasi milenial dan memiliki harga yang terjangkau.

Baca juga: Pertama Kali Bikin Gitar dari Kayu Bekas Pintu Rumah, Kini Gitar Buatan Meeng Banyak Dipesan Musisi

Maka untuk merealisasikan misi ini, Dekornata melakukan berbagai inovasi dari berbagai aspek, seperti melakukan creative styling pada produknya agar sesuai dengan tren yang berjalan.

"Kendala yang didapatkan adalah kami sadar pembeli bisa ragu untuk memilih karena sulit memadukan produk yang ada di rumah. Oleh karena itu kami menerapkan teknologi augmented reality," ujarnya.

Produk kayu dari Dekornata
Produk kayu dari Dekornata (instagram@dekornata)

Melalui teknologi ini, Gio menjelaskan, dapat membantu konsumen melihat produk secara lebih jelas walaupun tidak melihat produk aslinya. (Tribun Jabar/Putri Puspita)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
602 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved