Ini Sosok Polisi Penolong Perempuan yang Mengalami Pendarahan di Rest Area Jalan Tol

"Karena ibu itu ada di dalam toilet perempuan, saya minta tolong wanita yang di luar toilet, untuk menyampaikan kepada ibu yang mengalami pendarahan"

dok Iptu Ardian
Kanit Laka Satlantas Polres Karawang,Iptu Ardian 

KANIT Laka Satlantas Polres Karawang, Iptu Ardian mengaku, tidak menyangka jika aksinya menyelamatkan seorang perempuan yang tengah mengalami pendarahan bakal viral di media sosial.

Menanggapi videonya yang viral itu, Ardian tetap menjawab dengan rendah hati. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Sudah sewajarnya kita untuk saling membantu.  Semua ini saya lakukan memang karena tugas. Ini juga tugas sesuai dengan yang disampaikan dalam program Presisi Pak Kapolri serta arahan bimbingan Pak Kasatlantas dan Pak Kapolres," kata Ardian saat ditemui Tribun Jabar di ruangan Kasat Lantas AKP La Ode Ade Jama, pekan lalu.

Bahkan video Ardian sebelumnya sempat viral, ketika dirinya mengangkat pohon tumbang yang menghalangi jalan warga di sekitaran wilayah Loji.

Iptu Ardian dan keluarga
Iptu Ardian dan keluarga (dok Iptu Ardian)

Saat itu hujan deras mengguyur wilayah setempat, ketika melintas wilayah tersebut Ardian melihat ada batang pohon tumbang. Ia pun langsung turun dari mobil patroli, kendati diguyur hujan dan kemudian mengangkatnya ke pinggir jalan.

Polisi kelahiran Surabaya Tahun 1991 ini pun menceritakan kejadian di Rest Area 57 Jalan Tol Jakarta-Cikampek tersebut bermula ketika dirinya bertugas untuk memantau arus lalu lintas weekend.

Baca juga: Briptu Aprilia, Polisi Wanita Bersuara Merdu dari Polres Indramayu, Favoritnya Lagu Keroncong

Lalu ada warga yang menginformasikan adanya seorang perempuan yang mengalami pendarahan. Ia bersama petugas lainnya dan Ipda Supriyono segera mencari lokasi perempuan tersebut, karena informasi yang diberikan warga kurang jelas.

Setelah mencari ke sejumlah toilet rest area, akhirnya petugas menemukan perempuan itu di toilet masjid. Ia melihat banyak tetesan darah di tangga.

Baca juga: Aipda Citro Haduduan Manalu, Polisi Pendiam yang Bangun Banyak Rumah untuk Warga di Cianjur

"Karena ibu itu ada di dalam toilet perempuan, saya minta tolong wanita yang di luar toilet, untuk menyampaikan kepada ibu yang mengalami pendarahan, kalau polisi sudah siap untuk mengevakuasinya dan saat ini ada di luar," katanya.

Saat keluar dari toilet wanita, perempuan itu langsung dipapah Ardian dan Supriyono ke dalam mobil. Kemudian mereka membawanya ke Rumah Sakit Karya Husada.

Perempuan itu berinisial YS (41). Ia menggunakan travel dari Cilegon menuju Bandung.

Baca juga: Briptu Akka Mahpudin Membangun SMK dengan Biaya Sendiri, Anak Yatim dan Tidak Mampu Gratis Sekolah

Ardian yang saat ini tengah menanti anak keduanya lahir juga memohon doa "Saya mohon doanya kang, semoga semua dilancarkan dan sehat," katanya.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP La Ode Ade Jama memuji apa yang dilakukan oleh anggotanya tersebut. Ia menilai tindakan mereka merupakan kesigapan seorang petugas yang begitu peduli dan tanpa pamrih ketika ada warga yang membutuhkan pertolongan.

Baca juga: Aipda Citro Haduduan Manalu, Polisi Pendiam yang Bangun Banyak Rumah untuk Warga di Cianjur

"Dalam pertolongan itu ada lima orang anggota. Mereka sangat sigap dan peduli serta tanpa pamrih dalam melakukan pertolongan," katanya.

Ia juga memuji, jika dua kepala unitnya tersebut memiliki kinerja dan loyalitas yang patut dibanggakan sebagai seorang petugas.

"Mereka saat itu tengah menjalankan piket malam yang sedang melaksanakan tugas negara," katanya. (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved