Endang Wikanda, Juru Parkir yang Berhasil Ciptakan Belasan Lagu, Dua di Antaranya Sudah Rekaman

"Di sini saya tak punya pekerjaan, gak ada penghasilan, akhirnya coba jualan peci keliling sampai jualan sepatu di pinggir jalan, sampai tahun 1995"

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Endang Wikanda saat tengah memakir kendaraan di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/11/2021). 

KISAH inspiratif datang dari seorang tukang parkir di Kabupaten Purwakarta, Endang Wikanda (56), meski profesinya saat ini hanya sebagai tukang parkir, ia telah menciptakan belasan lagu.

Dahulu Endang merupakan seorang gitaris grup musik dangdut yang sering tampil dari pangung ke panggung setiap acara hajatan.

"Saya mulai menggeluti seni musik dari tahun 1980, dulu memang saya gitaris dangdutan di acara hajatan, puncaknya di tahun 1995," ujar Endang ketika diwawancara Tribun di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/11/2021).

Endang Wikanda saat tengah memakir kendaraan di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/11/2021).
Endang Wikanda saat tengah memakir kendaraan di Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (17/11/2021). (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Endang merupakan warga Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, ia mulai merantau ke Purwakarta semenjak kepergian sang ibu yang merupakan warga Purwakarta wafat pada 1990, semenjak di Purwakarta ia kehilangan mata pencahariannya sebagai gitaris dangdut yang ia geluti dahulu semasa di Tasikmalaya.

"Di sini saya tak punya pekerjaan, gak ada penghasilan, akhirnya coba jualan peci keliling sampai jualan sepatu di pinggir jalan, sampai tahun 1995," kata dia.

Baca juga: Gara-gara Jatuh dari Tangga Saat Joget, Meldha Jadi Suka Dangdut, Mohon Dukungan di LIDA

Namun, profesinya sebagai pedagang juga tak berlangsung lama. Endang yang tak punya penghasilan lanTas ia ikut parkir bersama kawannya, semenjak itu ia mulai menjadi tukang parkir di wilayah Jalan Taman Pahlawan, Kabupaten Purwakarta.

"Saya memang hobi musik, jadi selain main gitar saya berpikir kenapa tidak menciptakan lagu, berjalan dengan sendirinya saya mulai menyusun kata-kata, selama setahun di tahun 1995 saya bisa menyelesaikan satu lagu," katanya.

Baca juga: Dari Lagu Hingga Novel, Anggara Surangga Mensyukuri Pencapaiannya

Lagu yang diciptakan Endang didominasi dengan lagu-lagu berbahasa Sunda yang bergenre pop. "Selain pop Sunda, saya juga bikin lagu dangdut, ada juga lagu pop biasa berbahasa Indonesia," ucapnya.

Dari belasan lagu yang diciptakan Endang, ada dua lagu yang sudah berhasil direkam, dibuat video klip dan diunggah di kanal YouTube Jorojoy endangwkd. (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved