Kiprah Brigadir Ruslan di Sidamulih, Menanam Porang Agar Petani Tak Perlu Lagi Membeli Benihnya

“Makanya, di Sidamulih, sekarang dibentuk kelompok tani porang. Ada 16 petani yang menjadi anggotanya"

Dokumentasi Bhabinkamtibmas Desa Sidamulih/Brigadir Ruslan
Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis saat menanam porang di kebun percontohan mereka, Kamis (18/11/2021). 

SULITNYA pemasaran dan rendahnya harga jual, tak membuat Brigadir Polisi Ruslan Hadiyatna (31) patah arang untuk bertani porang. Bersama enam warga lainnya di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, mereka kembali menggarap lahan. Menanam umbi yang dikenal karena khasiatnya itu.

Di lahan seluas 200-an bata (1 bata=14 meter persegi), Ruslan mulai menanam benih porang sejak Rabu (17/11).

“Sejak kemarin baru 1.000-an benih porang yang sudah kami tanam. Hari ini berlanjut sampai selesai. Total untuk 200 bata lahan disiapkan 11.500 benih porang,” ujar Ruslan saat ditemui di kebun porang yang mereka kelola di Dusun Legokmenol, Desa Sidamulih, Kamis (18/11).

Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis
Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis (Dokumentasi Bhabinkamtibmas Desa Sidamulih/Brigadir Ruslan)

Di Desa Sidamulih, ujar Ruslan, porang sebenarnya sudah mulai dikenal warga sejak 2019. Bahkan jika ditotal, ada sekitar tiga hektare lahan yang ditanami porang di desa tersebut. Namun, para petani masih mengelolanya sendiri-sendiri dan dengan cara yang masih sangat tradisional.

Penggelolaan yang masih-sendiri-sendiri inilah yang kemudian membuat para petani porang kesulitan di Sidamulih kerap kesulitan menjual porang yang mereka panen. Kalau pun terjual, harganya tak seperti yang diharapkan. Para bandar yang datang ke Sidamulih membelinya langsung dari petani dengan harga murah.

Baca juga: Lili Supriatna, Guru SMKN 1 Cipaku Ciamis, Tanam & Kembangkan Bayam Brazil yang Berkhasiat

“Makanya, di Sidamulih, sekarang dibentuk kelompok tani porang. Ada 16 petani yang menjadi anggotanya,” kata Ruslan, anggota Polsek Pamarican, Polres Ciamis, yang sudah hampir dua tahunan bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Sidamulih ini.

Keberadaan kelompok tani ini, ujarnya, membuat pembinaan lebih mudah dilakukan. Dengan adanya kekompakan lewat kelompok, para petani juga memiliki daya tawar yang lebih kuat saat memasarkan hasil panen.

Baca juga: Mantan Aparat Desa Sukses Jadi Peternak Kambing Perah di Ciamis, Produk Susu Kambingnya Laris

"Kelompok juga mempermudah kegiatan berbagi ilmu teknik budi daya porang. Mudah-mudahan ke depannya, pemasaran hasil panen porang ini bisa lebih lancar," ujarnya.

Porang, ujar Ruslan, dapat menjadi solusi ekonomi bagi masyarakat, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Itu sebabnya, tak berhenti dengan membentuk kelompok, Ruslan juga melibatkan penyuluh pertanian, dan menggagas kebun percontohan (demplot) seluas 200 bata yang kini tengah mereka garap itu.

Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis saat menanam porang di kebun percontohan mereka, Kamis (18/11/2021).
Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis saat menanam porang di kebun percontohan mereka, Kamis (18/11/2021). (Dokumentasi Bhabinkamtibmas Desa Sidamulih/Brigadir Ruslan)

Berbeda dengan kebun porang yang selama ini digarap masyarakat, kebun porang di lahan percontohan digarap dengan lebih modern, menggunakan teknologi mulsa plastik dalam budidayanya.

“Itu kebun porang pertama di Sidamulih, mungkin juga di Pamarican, yang menggunakan teknologi mulsa plastik,” ujar Ruslan.

Baca juga: Brigadir Ruslan Hadiyatna Membangun Rumah untuk Ustaz Alfin, Guru Mengaji yang Difabel di Pamarican

Ruslan berharap, 11.500-an benih porang yang ditanam di kebun percontohan ini juga dapat menghasilkan katak atau buah bulbil yang menjadi benih porang.

“Benih katak tersebut nantinya akan dibagi-bagikan pada masyarakat yang berminat untuk bercocok tanam porang,” kata Ruslan.

Baca juga: Dengan Modal Pinjaman Rp 200.000 Jhon Sukses Menjadi Perajin Miniatur Alat Musik di Ciamis

“Targetnya kebun percontohan ini bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan teknologi budidaya porang. Porang sekarang menjadi komiditas pertanian yang cukup menjanjikan,” ujarnya

Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis saat menanam porang di kebun percontohan mereka, Kamis (18/11).
Brigadir Ruslan Hadiyatna dan sejumlah petani di Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis saat menanam porang di kebun percontohan mereka, Kamis (18/11). (Dokumentasi Bhabinkamtibmas Desa Sidamulih/Brigadir Ruslan)

Sempat Viral
Bagi warga Kecamatan Pamarican, khususnya di Desa Sidamulih, Bhabinkamtibmas Brigadir Ruslan memang bukan sosok yang asing.

Aksinya menggalang dana, termasuk menyumbangkan tabungannya untuk pembangunan rumah seorang ustaz penyandang disabilitas di desa itu, beberapa waktu lalu bahkan sempat membuat namanya viral di media sosial.

Brigadir Ruslan Hadiyatna bercakap dengan Ustaz Alfin yang difabel di Kampung  Munjul, Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Pamarican, Ciamis
Brigadir Ruslan Hadiyatna bercakap dengan Ustaz Alfin yang difabel di Kampung Munjul, Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Pamarican, Ciamis (dokumentasi/Tahrir/Relawan Tagana Pamarican)

Saat itu, selain mengggalang dana dan menyisihkan tabungannya, Ruslan juga ikut menyumbangkan tenaganya dengan ikut membangun rumah tersebut bersama warga.

Berkat upayanya, Ustaz Muhammad Alfin Zikri atau akrab dipanggil Ustaz Alfin, yang selama belasan tahun hidup di gubuk reyot di samping Musala Masalikul Huda di Desa Sidamulih, itu tak lama lagi bisa meninggali rumah yang layak. Kemarin, dinding dan kusen rumah itu sudah terpasang. Tak akan lama lagi selesai. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved