Pencinta Sedan Timor Masih Banyak di Karawang, Ada 300 Timorer, Bensinnya Irit Harganya Terjangkau

Mobil sedan Timor, kata Aditya, digandrungi bukan hanya karena sparepartnya yang hanya mudah ditemukan. Akan tetapi karena mesinnya yang bande

Tribun Jabar/Cikwan Suwandi
Mobil Timor yang sedikit dimodifikasi di Karawang 

KENDATI puluhan tahun telah bangkrut, akan tetapi pecinta mobil sedan Timor di Indonesia khususnya di Karawang masih begitu digandrungi.

Hal itu terbukti dengan banyaknya Timorer sebutan komunitas mobil sedan Timor. Di Kabupaten Karawang, Kabupaten Cikampek, dan Kabupaten Purwakarta, terdapat 300 anggota Timorer. Khusus di Karawang sendiri terdapat 150 anggota.

"Modelnya yang elegan dibandingkan model mobil yang sezaman saat itu," kata Humas Timorer Karawang Aditya Nugraha saat dihubungi Tribun Jabar, Kamis (11/11/2021).

Sedan Timor
Sedan Timor (Tribunnews)

Mobil sedan Timor, kata Aditya, digandrungi bukan hanya karena sparepartnya yang hanya mudah ditemukan. Akan tetapi karena mesinnya yang bandel.

"Saya kemarin ke Surabaya, masih bisa bolak-balik," katanya.

Mobil 1500 CC itu, dikatakan Aditya, untuk mesin yang berkaburator itu bisa menghabiskan bensin 1 liter untuk 10 kilometer. Sementara yang sudah berinjeksi untuk 1 liter bisa mencapai 12 kilometer.

"Jadi sangat irit juga," ucapnya.

Baca juga: Di Tangan Jaelani Limbah Kabel Jadi Miniatur Mobil, Motor, Hingga Kereta Api dengan Stasiunnya

Untuk pemula, dikatakan Adit, diperlukan untuk memperhatikan surat-surat mobil sedan Timor. Selain itu juga sejumlah selang-selang yang ada di mesin serta kabel-kabel.

"Kondisi body juga harus diperhatikan, biasanya sudah banyak yang berkarat. Sehingga reparasinya akan lebih mahal,"katanya.

Baca juga: Roni Bocung Pendiri Viking Karawang, dari 20 Orang Kini Memiliki Fans Persib Terbanyak di Indonesia

Sedangkan, untuk harga mobil sedan Timor dikatakan Aditya masih sangat terjangkau murah yakni dengan pasaran Rp23 juta hingga Rp30 juta per unit di kalangan komunitas.

"Tetapi kalau masih orisinil dan sangat bagus itu harganya bisa sampai Rp 80 juta," katanya. (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved