Maulidio Fernando Lebih Sering Latihan di Kolam renang Tapi Mampu Raih Emas PON di Selam Laut

"Situasi di kolam renang dan laut itu beda. Di laut kita harus pintar baca situasi alam, kondisi cuaca, dan ombak"

Tribun Jabar/Cipta Permana
RAIH EMAS - Athalarik Maulidio Fernando (21), peraih medali emas dari cabang olahraga Finsswimming pada ajang PON XX Papua 2021. 

PON XX Papua Tahun 2021 menjadi PON yang sangat berkesan Athalarik Maulidio Fernando (21). Ini adalah PON pertama yang diikutinya. Di PON ini pula medali PON pertamanya ia raih.

Bertanding pada cabang olahraga finsswimming nomor 3.000 meter, Athalarik berhasil mendapatkan medali emas. Sesuatu yang tak pernah ia bayangkan bisa ia raih secepat itu.

Namun, bukan cuma medali emas yang membuat PON di Papua begitu berkesan bagi pemuda kelahiran Bandung, 21 Juni 2000 tersebut.

Dio, begitu Athalarik biasa disapa, mengaku sangat terkesan pada papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. Karena lapar dan tak tahu apa itu papeda, kata Dio, dia langsung memesan dua porsi.

Sejumlah atlet dari berbagai provinsi di Indonesia berlomba untuk menjadi yang tercepat di cabor selam laut nomor finswimming PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Senin (11/10/2021).
Sejumlah atlet dari berbagai provinsi di Indonesia berlomba untuk menjadi yang tercepat di cabor selam laut nomor finswimming PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Senin (11/10/2021). (Tribun Papua)

"Tapi begitu datang, saya kaget, karena ternyata satu porsinya itu satu baskom gede. Itu cukup buat 3-4 orang," ujarnya saat ditemui di sela aktivitasnya di Hotel Horison, Kota Bandung, belum lama ini.

Karena terkejut dengan porsi makanan yang didapatnya, Dio pun meminta teman-temannya yang lain untuk membantunya menghabiskan makanan tersebut.

Baca juga: Saat SMP Sering Dijuluki Kapsul, Kini Putri Desiyanti Membuktikannya dengan Meraih Emas PON XX

"Ya sudah, karena dari awal enggak yakin bisa ngabisin, saya minta bantuan temen-temen aja untuk bisa abisin, biar kita semua cepet pulang ke mes lagi. Soalnya kalau enggak dihabiskan mubazir juga makanannya," ujarnya.

Pengalaman lainnya yang sangat berkesan, kata Dio, adalah proses persiapan yang ia lakukan sebelum bertolak menuju even PON XX Papua. Ia harus berlatih di kolam renang, meskipun cabor yang diikutinya adalah selam laut.

Baca juga: Peraih Medali Emas Selam di PON XX, Dheya Akan Kembali Belajar di SMAN 1 Ciamis

Tantangan itu terpaksa dilakukannya karena Kota Bandung, yang menjadi lokasi sentral persiapan para atlet Kontingen Provinsi Jawa Barat, tidak memiliki laut.

"Karena di Bandung enggak ada pantai dan batasan aturan PPKM juga akibat pandemi Covid-19, jadi saya latihan di kolam renang di Hotel Horison. Karena situasi bertanding di laut dituntut ketahanan fisik, jadi saya naikan intensitas latihannya di kolam renangnya. Kalau latihan biasa kebanyakan orang mungkin 5.000-6.000 meter, kalau saya untuk PON ini sampai 10 ribu meter itu setiap kali latihan, pagi-sore porsinya segitu," ujar Dio.

Baca juga:  Atlet Indramayu Lena-Leni Bangkit Raih Medali Emas Takraw PON XX, Sebelumnya Sempat Down

Namun, selain di kolam renang, sesekali ia juga latihan di laut. "Situasi di kolam renang dan laut itu beda. Di laut kita harus pintar baca situasi alam, kondisi cuaca, dan ombak. Apalagi di sana (Papua) kan panas banget, beda lah sama di Bandung. Jadi yang persiapannya kurang maksimal, enggak jarang ada yang pingsan, yang kram, banyaknya yang dehidrasi," ujarnya.

Itu sebebnya, kata Dio, ia sebenarnya tak menyangka bisa dapat medali emas.

Baca juga: Rendi Maulana Serasa Bermimpi Mampu Meraih Medali Emas PON Papua Cabang Dayung

"Saat diumumkan saya mendapat medali emas, jujur sempat tidak menyangka, apalagi karena ini kan PON pertama saya. Tapi alhamdulilah, berarti perjuangan dan kerja keras selama ini membuat hasil positif bagi saya dan teman-teman di Kontingen Provinsi Jawa Barat. Target berikutnya, saya ingin masuk Pelatnas untuk bisa ikut kejuaraan SEA Games 2022 dan kejuaraan internasional lainnya," kata Dio. (Tribun Jabar/Cipta Permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved