Yulia Astuti Sukses Membangun Salon dengan Belajar dari Buku-buku Bekas

"Ketika naik gunung, senang banget ketika sampai puncak, rasa lelah menanjak pun terbayar"

dok Yulia Astuti
Yulia Astuti 

PADA 2002, salon khusus muslimah belum banyak ditemui di Kota Bandung. Saat hendak melakukan perawatan ke salon, Yulia Astuti merasa tidak nyaman membuka jilbabnya apalagi apabila sang stylist adalah lawan jenis alias laki-laki.

Berangkat dari rasa ketidaknyamanan itu, Yulia berniat dan berusaha membangun bisnis Moz5 Salon Muslimah yang terus berkembang hingga sekarang. Dia melakukannya secara autodidak, tanpa pernah mengikuti kursus atau sekolah kecantikan.

"Aku lulusan Sastra Jepang di UI (Universitas Indonesia). Aku cuma belajar soal kecantikan dari buku-buku yang aku baca. Itu pun dibeli di Pasar Senen karena dulu belum ada Google. Jadi cari resep kecantikan dari ibu, nenek, dan buku bekas," ujar Yulia Astuti ketika ditemui di pembukaan Moz5 Salon Muslimah, Jalan Buahbatu, Rabu (27/10).

Yulia Astuti
Yulia Astuti (dok Yulia Astuti)

Melalui salon itu, ia ingin membantu permasalahan rambut wanita yang menggunakan hijab. Yulia menyebut, rambut rontok dan berketombe menjadi masalah yang sering dialami pengguna hijab.

Padahal, ucapnya, menggunakan hijab bukan berarti mengabaikan kesehatan kulit kepala supaya tetap segar, sehat, harum, dan bersih.

Menurutnya, menggunakan hijab dan tertutup bukan alasan bagi muslimah untuk tak melakukan perawatan. Sebaliknya, karena tertutup, dibutuhkan perawatan ekstra untuk merawat rambut.

Masalah yang dialami pengguna hijab, ucapnya, memang cukup kompleks. Saat rambut tertutup seharian dan keringat tidak terserap dengan baik, timbul masalah.

Hal itu yang melatarbelakangi Yulia Astuti membangun Moz5 Salon Muslimah, fokus pada perawatan rambut perempuan berhijab. Ia memakai sejumlah produk Moayu untuk mengatasi masalah itu.

Beberapa gangguan pada rambut dialami oleh para pengguna hijab adalah rontok parah, lepek, bau, berketombe, kering, dan bercabang.

"Tips untuk menjaga rambut tetap sehat adalah rutin keramas.Jangan takut rambut rontok kalau rajin keramas, justru ketika  lagi panas-panasnya harus lebih rajin," ujarnya. Supaya rambut tidak kering karena keramas tiap hari, ucapynya, pilihlah sampo yang cocok untuk muslimah.

"Rajin pakai hair tonic, rajin treatment, hair spa sehingga rambut rontok bisa diatasi dan kalau kerontokannya parah bisa langsung ditangani," ujar Yulia Astuti.

Di Moz5 Salon Muslimah, cukup banyak perawatan yang bisa diterapkan bagi para perempuan berhijab. Di antaranya adalah hair therapy untuk rambut rontok, kusam, dan membuat rambut menjadi lebih lembab. Ada juga hair spa dengan spesifikasi sesuai kebutuhan.

Ada perawatan untuk rambut berkutu dengan lice treatment dan hair styling seperti smoothing, haircut, dan mewarnai rambut dengaan produk halal.

Salon khusus perempuan ini pun memiliki pelayanan yang lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki. "Perawatan bagi perempuan di sini aman dan mengedepankan aturan syariat Islam dan steril dari laki-laki," ujarnya.

Di masa pandemi, pengunjung disarankan untuk reservasi minimal satu hari sebelumnya ke salon sehingga tak harus menunggu. Biaya perawatan di salon ini mulai Rp 75 ribu hingga Rp 1,6 juta.

Yulia Astuti
Yulia Astuti (dok Yulia Astuti)

Gemar Mendaki

Di balik kesuksesan mengembangkan bisnis salon muslimah, Yulia Astuti ternyata senang mendaki gunung. Berbagai aktivitas fisik saat di alam pun dibagikan dan menjadi inspirasi bagi pengikutnya di Instagram.

Foto-foto dan video mulai dari olahraga lari, mendaki gunung, hingga ketika menggapai puncak dibagikan Yulia ke media sosial.

"Sejak kecil saya memang aktif olahraga mulai dari karate, taekwondo, dan berolahraga sampai sekarang karena menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh," ujar Yulia Astuti ketika ditemui di Moz5 Salon Muslimah, Jalan Buahbatu, Rabu (27/10). 

Kegiatan naik gunung pun terus dilakukannya hingga sekarang. Beberapa puncak gunung yang pernah ditaklukkan Yulia  antara lain Gunung Gede, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Lawu.  

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved