Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Kodrat Wibowo Wafat, Unpad Kehilangan Pakar Ekonomi

Kodrat Wibowo juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad

Unpad.ac.id
Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kodrat Wibowo 

INNALILLAHI wa innailaihi rojiiun. kabar duka datang dari keluarga besar Universitas Padjadjaran (Unpad).

Salah seorang putra terbaiknya, dosen Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad yang juga Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kodrat Wibowo, meninggal dunia pada usia 50 tahun di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Pria kelahiran Bogor, 15 April 1971 tersebut, merupakan ahli ekonomi mikro, statistik dan ekonometrika, keuangan dan kebijakan publik, serta perencanaan pembangunan. Pendidikan Doktor pada bidang Ekonomi Publik diraih Kodrat dari Oklahoma University, Amerika Serikat, pada 2003.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo
Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kodrat Wibowo (Kompas.com)

Selain mengajar, Kodrat Wibowo aktif sebagai peneliti senior di Center for Economics and Development Studies (CEDS) FEB Unpad. Pada 2015, Kodrat ditetapkan sebagai Anggota Majelis Wali Amanat Unpad dari unsur Senat Akademik hingga 2018.

Kodrat Wibowo juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad. Selama menjabat sebagai Kadep, Unpad berhasil masuk ke dalam 5 kampus dengan subyek ekonomi dan ekonometrika terbaik di Indonesia berdasarkan hasil pemeringkatan QS World University Ranking by Subject 2013.

Baca juga: Wilson Hadirkan Aplikasi Dagangan, Bantu Masyarakat Desa Berdaya Secara Ekonomi

Kodrat ditetapkan sebagai Ketua KPPU RI pada 15 Desember 2020 berdasarkan hasil Rapat Komisi KPPU yang dilaksanakan pada 28 November 2020. Sebelum menjabat sebagai Ketua KPPU, Kodrat menjabat sebagai Anggota Komisioner KPPU tahun 2018 – 2023.

Sebelum bergabung di KPPU, Kodrat pernah beberapa kali memegang jabatan penting seperti menjadi Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Wening Kota Bandung, Wakil Ketua Komite Audit Majelis Wali Amanah Universitas Padjadjaran, dan Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Independen Kebijakan Publik (LPIKP).  (TribunJabar/Cipta Permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved