Peraih Medali Emas Selam di PON XX, Dheya Akan Kembali Belajar di SMAN 1 Ciamis

“Kami dari SMAN 1 Ciamis juga sudah mempersiapkan uang kadeudeuh untuk Dheya. Ya Dheya, tentunya kebanggaan kami”

dok dheya Nazhira
Dheya Nazhira Nurmalina, atlet Ciamis peraih medali emas cabang selam PON XX Papua 2021 

SETELAH  cuti selama mengikuti PON XX 2021 di Papua, peraih medali emas cabor selam, Dheya Nazhira Nurmalina (17) akan kembali masuk sekolah mulai Senin (18/10).

Dheya tercatat sebagai siswi kelas XII IPA 1 SMAN 1 Ciamis. Sjak 18 September ia cuti untuk mengikuti PON XX.

Setelah berlomba di arena PON XX Papua dengan meraih satu medali emas cabor selam nomor 50 bifin putri dan 1 medali perunggu estafet 100 meter putri, Dheya kembali pulang ke rumahnya di Ciamis, Selasa (12/10) sore.
Kepulangan Dheya ke Kabupaten Ciamis dengan menggunakan bus angkutan umum sempat membuat heboh dan viral.

Dheya Nazhira Nur Amalina menunjukkan medali emas PON Papua usai turun dari angkutan umum saat pulang ke rumahnya, Rabu (13/10/2021).
Dheya Nazhira Nur Amalina menunjukkan medali emas PON Papua usai turun dari angkutan umum saat pulang ke rumahnya, Rabu (13/10/2021). (Kompas.com/Irwan Nugraha)

Rekaman video kepulangannya tersebut membuat viral di berbagai media sosial karena dikira atlet berprestasi asal Ciamis tersebut ditelantarkan pemerintah daerah setempat.

Padahal, kepulangannya pakai angkutan umum tersebut sengaja dilakukannya untuk memberikan kejutan kepada keluarganya dan enggan dijemput oleh Pemkab Ciamis.

Baca juga:  Atlet Indramayu Lena-Leni Bangkit Raih Medali Emas Takraw PON XX, Sebelumnya Sempat Down

“Mulai Senin (18/10) besok, Dheya sudah harus masuk sekolah kembali,” ujar Wakasek Bidang Humas SMAN 1 Ciamis, Drs Supyan Iskandar MPD kepada Tribun, Jumat (15/10)

Untuk kehadiran Dheya, Senin (18/1) keluarga besar SMAN 1 Ciamis sudah mempersiapkan acara penyambutan khusus. “Kami dari SMAN 1 Ciamis juga sudah mempersiapkan uang kadeudeuh untuk Dheya. Ya Dheya, tentunya kebanggaan kami,” katanya.

Baca juga: Dari Iseng Hingga Masuk Pelatnas, Audrey Meraih 3 Medali Emas dan 2 Perak Cabang Menembak PON XX

Dalam sejarah SMAN 1 Ciamis, kata Supyan, baru kali ini ada siswa yang meraih medali emas di arena PON. 

Siswi kelas XII IPA 1 SMAN 1 Ciamis kelahiran 19 Mei 2004 tersebut berjaya di nomor 50 meter bifin putri. Meraih medali emas setelah berlomba melawan peselam-peselam dari Jakarta, Jatim, Papua, Bali dan Jateng. Dan meraih medali perunggu di nomor estafet 400 meter.

Di arena PON XX Papua, Dheya turun di dua nomor tersebut dan keduanya meraih medali.

Baca juga: Rendi Maulana Serasa Bermimpi Mampu Meraih Medali Emas PON Papua Cabang Dayung

“Saya turun di dua nomor. Selam 50 meter bifin putri dan estafet,” ujar Dheya Nazhira keika dihubungi via telepon, Minggu (10/10) siang.

Selama seminggu di Bumi Cenderawasih, Dheya mengaku berkesan dengan ramahnya warga setempat. “Orangnya baik-baik, ramah. Saya ketemu banyak orang Papua. Cabor selam venue-nya di Jayapura, udaranya cukup panas,” ujar Dheya.

Baca juga: Teezar Rafly Sineas Muda Asal Garut, Memilih Terjun ke Dunia Film Sejak Dini, Juara III FLS2N

Anak kedua dari tiga bersaudara yang tinggal di Perum PIP Cijantung tersebut, memang keluarga perenang. Kakak sulungnya yang kini menjadi anggota TNI adalah juga seorang perenang, adik bungsunya yang masih kelas V SD juga jadi perenang.

Dheya mengaku diperkenalkan dunia renang oleh kakaknya yang kini menjadi anggota TNI dan uwanya, Teguh, atlet dayung Ciamis.

Dheya Nazhira Nur Amalina menunjukkan medali emas PON Papua.
Dheya Nazhira Nur Amalina menunjukkan medali emas PON Papua. (Tribun Jabar)

Dari kolam renang, Dheya kemudian mendalami selam. Penggemar bakso tersebut merupakan satu-satunya atlet Cabor Selam (POSSI) Ciamis. Cabor baru di lingkungan KONI Ciamis.

Setelah berhasil meraih medali emas di arena PON XX Papua, Dheya berharap lolos prestasi untuk maju di SEA Games.

“Saya juga mau coba triathlon. Cabang yang cukup menantang. Ada sepeda, ada lari dan ada renangya. Terasa menantang,” katanya. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved