Dari Iseng Hingga Masuk Pelatnas, Audrey Meraih 3 Medali Emas dan 2 Perak Cabang Menembak PON XX

"Saat ada Kejurnas di Kalimantan ia terbawa mewakili Jabar, usianya masih 13 tahun, lalu ia berhasil dapat medali,"

dok Audrey
Audrey Zahra Dhiyaanisa 

BERAWAL dari iseng menggeluti olahraga menembak, kini  Audrey Zahra Dhiyaanisa, berhasil meraih tiga medali emas dan dua medali perak PON XX 2021 Papua.

Menurut ayahnya Audrey, Aipda Haradea yang kini bertugas di Polsek Baleendah, Kabupaten Bandung, sebelumnya Audrey menggeluti voli indoor.

"Namun di kelas 1 SMP, saat Audrey bertanding kerap kalah. Ia ngerasa malu, saat sekolah karena banyak yang nanya, gimana volinya, kalah, kalah, terus," kata Haradea, saat dihubungi Tribun Jabar.

Audrey Zahra Dhiyaanisa
Audrey Zahra Dhiyaanisa (dok Audrey)

Haradea mengatakan, sebab memang kalau voli kan olahraga tim, jika ada satu orang temannya yang kurang latihan, nantinya akan jadi incaran lawan.

"Dari situ Audrey memilih berhenti voli. Saya sebagai orang tua tak mau memaksakan kalau anaknya sudah tidak mau," kata Haradea.

Baca juga: Rendi Maulana Serasa Bermimpi Mampu Meraih Medali Emas PON Papua Cabang Dayung

Haradea mengatakan, setelah itu, Audrey  yang kala itu duduk di pertengahan kelas 7 SMP,  dibawa ke tempat latihan menembak di Cisangkan Cimahi. Saat itu  usianya 13 tahun, 

"Di sana ada teman yang sering latihan menembak, saya bawa Audrey, ternyata kan ada atlet menembak perempuan juga," kata Haradea.

Baca juga: Pebalap Muda Tim Astra Honda Racing, Mario Suryo Siap Bersaing di Kejuaraan Dunia Moto3

Audrey awalnya tidak mau mencoba dan setelah hanya melihat yang sedang berlatih. "Namun, kelamaan tertarik untuk mencobanya, ia iseng mencoba menembak, hingga akhirnya terus menggelutinya," katanya.

Baru tiga bulan berlatih, kata Haradea, Audrey, bisa mengimbangi seniornya yang sudah lama berlatih.

"Saat ada Kejurnas di Kalimantan ia terbawa mewakili Jabar, usianya masih 13 tahun, lalu ia berhasil dapat medali," kata Haradea.

Baca juga: Windy Cantika Aisah, Mojang Bandung Peraih Medali Olimpiade Tokyo, Bupati & Gubernur Beri Hadiah

Setelah itu baru anak pertamanya dari tiga bersaudara itu, lebih semangat lagi menggeluti olahraga menembak. "Mulai tambah semangat dan lebih mendalami saat itu, sebab ia merasa percaya diri dan mungkin mudah, baru sebentar berlatih bisa bersaing dengan yang sudah lama," ujarnya.

Alhamdulillah, katanya, kini Audrey, bisa masuk Pelatnas hingga bisa merah tiga medali emas dan dua medali perak PON XX. "Semoga ia terus berprestasi bisa mengharumkan Indonesia, di ajang internasional," ucapnya. (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved