Caca, Pecatur Junior yang Mampu Libas 10 Pecatur Dewasa, Jadi Juara Kejurda Catur Online Jabar

"Aku mengawali dari latihan-latihan dasar, semuanya memang tidak mudah. Tapi mudah-mudahan Kejurnas nanti bisa lebih maksimal"

dok Percasi Purwakarta
Natasya Mulya Dewanti saat unjuk kebolehan melawan 10 pecatur dewasa 

PECATUR Junior puteri Purwakarta, Natasya Mulya Dewanti, kini menjadi wakil Provinsi Jawa Barat untuk berlaga di Kejurnas Catur di Bangka Belitung November 2021 mendatang. Pecatur yang masih sekolah di SMP ini berhasil meraih juara di Kejurda Catur Online Jabar yang diselenggarakan 27-30 September 2021 di Bekasi.

"Alhamdulillah, Natasya berhasil menjadi juara 1 di Kejurda Catur Online di Kota Bekasi. Dengan demikian, pecatur remaja ini mewakili Jabar dalam Kejurnas 2021 mendatang," kata Didi ketika dikonfirmasi Tribun melalui pesan tertulisnya, Selasa (5/10/2021).

Menurut Didi, dalam Kejurda Catur Online pekan lalu tersebut, Kabupaten Purwakarta menerjunkan 15 atlet catur. "Catur Online itu via aplikasi Lichees, kami ada 10 atlet junior dan 5 atlet senior, yang juara pertama ini, kategori junior puteri B," katanya.

Kejurda Catur Online Jawa Barat di Kota Bekasi, akhir September 2021. Caca menjadi juara pertama.
Kejurda Catur Online Jawa Barat di Kota Bekasi, akhir September 2021. Caca menjadi juara pertama. (dok Percasi Purwakarta)

Natasya Mulya Dewanti, atau yang kerap disapa Caca, hasil menyisihkan waktu sekolahnya untuk berlaga di kejurda, bahkan kini ia tengah fokus pada latihan catur untuk Kejurnas sehingga  ia harus mengikuti home schooling untuk menunjang pendidikannya.

Terkait dengan Kejurnas Catur 2021, kta Didi, Pengurus Provinsi Percasi Jabar akan memberangkatkan para juara 1 di setiap nomor junior putra dan junior putri, pada Kejurda kemarin. Ditambah dengan wild card yang ditentukan oleh Pengprov Percasi Jabar. 

"Kami memohon doanya, semoga Natasya bisa mengharumkan nama Purwakarta dan Jawa Barat pada Kejurnas 2021 medatang," ujar Didi.

Baca juga: Dewa Kipas Menyesal Kalahkan Pecatur Dunia, Levy Rozman, Saat melawan Irene Kharisma, Ia Kalah

Caca s memang pecatur yang sangat berbakat, pasalnya ia mampu mengalahkan 10 pecatur dewasa sekaligus dalam satu pertandingan. Bahkan, salah satunya dikalahkan dalam waktu satu menit sepuluh detik.

Caca juga merupakan atlet catur junior yang pernah mewakili Indonesia pada kejuaraan di Malaysia 2019, ia juga pernah unjuk kebolehan dengan mengalahkan 10 pecatur sekaligus.

Caca mengaku, dulu ia sama sekali tidak tertarik dengan permainan olahraga catur, akan tetapi ia mulai berminat terhadap permainan catur pada saat kelas 2 SD, ia diikutsertakan oleh gurunya untuk mengikuti lomba catur tingkat kecamatan.

Baca juga: Atlet Muda Tarung Derajat Berprestasi yang Tergerak Jadi Relawan Palang Merah

Saat menginjak kelas 5 SD, Caca berhasil menjadi juara lomba tingkat pelajar se-Jawa Barat, bahkan ia berhasil menjadi juara 4 di ajang Porda Jabar 2018.

Sederet prestasi tingkat nasional pun sudah ditorehkan olehnya. Pelajar yang memiliki cita-cita sebagai petani ini, mengaku saat ini ia dilatih oleh salah satu pecatur grandmaster di Indonesia, berbekal aplikasi skype dirinya memaksimalkan waktu berlatih.

"Aku mengawali dari latihan-latihan dasar, semuanya memang tidak mudah. Tapi mudah-mudahan Kejurnas nanti bisa lebih maksimal," ujar Caca memalui sambungan telepon.

Baca juga: Sang Ibu Sempat Tidak Merestui Erny Amalia Menjadi Atlet Tinju, Punya Dua Gelar Pascasarjana

Ia mengaku dirinya tak keberatan jika harus home schooling, "Yang penting materi pembelajarannya sama, aku juga bangga bisa mewakili Jawa Barat meski harus menyisihkan waktu sekolah," katanyaa.

Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto mengatakan, pihaknya telah memberikan support termasuk memfasilitasi Caca dalam berbagai event turnamen. Bahkan ia telah berkali-kali memfasilitasi Caca dalam event catur nasional kategori pelajar.

"Kami support bahkan sudah berdiskusi dengan Percasi Purwakarta kita lakukan pembinaan karena kita juga fasilitatornya," kata Purwanto ketika ditemui di Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Veteran, Kabupaten Purwakarta. (Tribun Jabar/ Irvan Maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved