Ditha Purwana Berbisnis Skincare yang Berawal dari Reseller

"Awalnya sama kaya penjual lainnya, saya kasih produknya ke temen untuk coba dan mereka berujung posting (unggah ke media sosial)karena merasa cocok"

dok Ditha Purwana
Ditha Purwana 

DITHA Purwana merupakan ibu dari anak yang juga dikenal sebagai influencer kecantikan dan fesyen di
Instagram. Perempuan kelahiran Bandung, 23 November 1985 ini merambah dunia bisnis karena ingin
membantu perekonomian keluarga dan memiliki penghasilan sendiri.

Ia memiliki 119 ribu pengikut di Instagram. "Saya nggak tahu kenapa banyak yang follow. Awalnya sih
mikir karena istrinya  A Angga, tapi saya udah lama aktif di media sosial seperti bikin Instastory dan
video," ujarnya saat ditemui di Nyonya Rumah, Jalan Naripan, Bandung, Kamis (23/9/2021).

Sang suami Ranggana Purwana atau lebih dikenal dengan panggilan A Angga lebih dahulu dikenal
karena seringkali tampil di Youtube Channel Jurnal Risa.

Ditha Purwana
Ditha Purwana (dok Ditha Purwana)

Pemilik nama asli Ditha Novianty ini termotivasi untuk memiliki penghasilan sendiri karena memiliki
empat anak dan biaya sekolah mereka tidak murah. "Kalau kerjaan aku rebahan aja di masa pandemi ini,
nanti anak-anak aku gimana, nggak akan sekolah?" ujarnya.

Ditha merasa masih berada di usia yang masih produktif. Ditha membuat bisnis kecantikan sendiri dengan
nama D&R Skincare yang berputar lima bulan terjun. Terjun di dunia bisnis skincare merupakan hal
pertama kali dijalani Ditha.

Baca juga: Awalnya menjualkan Produk Teman, Yuqa Kini Produksi Sendiri Sepatu Kulit, Omzet Capai Rp 500 Juta

"Iya aku belajar secara otodidak, tapi sebelumnya aku juga pernah jadi reseller. Awal ada kirim pesan,
ketika anak aku masih bayi, aku jualan baju dan jadi reseller," ujarnya.

Dari pengalaman ini, Ditha justru menemukan passion untuk lebih fokus di dunia bisnis.
Ia juga mengaku memiliki jiwa berdagang sebagai modal membangun bisnisnya.

"Jadi sekarang dagang udah jadi passion saya, dan merasa cocok. Makanya sekarang lanjut di skincare," ujarnya.

Baca juga: Najla Bisyir Sempat Jajal Berbagai Bisnis Hingga Akhirnya Sukses Mendirikan Bittersweet

Aktif membuat konten untuk media sosial, Ditha juga tetap membagi waktu untuk keluarga terutama
suami dan anak-anaknya. Meski tak mudah, ia mengaku bisa mengurus semuanya, mulai dari sekolah
anak lancar, Youtube jalan, dan sekarang usaha skincare.

"Memang nggak gampang, ngurus anak sendiri, nemenin suami syuting, syuting keluarga, beresin
endorsment, dan beresin rumah sendiri. Ssaya nggak pakai asisten rumah tangga," kata Ditha.

Baca juga: Jualan Pakaian Bekas Layak Pakai, Emon Mampu raih Omzet Rp 50 Juta Per Bulan

Ia malah mendapat peluang positif untuk tetap berkarya dan membantu perekonomian para perempuan
lain dengan membuka reseller untuk para perempuan dan ibu di rumah.

Ditha Purwana
Ditha Purwana (dok Ditha Purwana)


Setahun Riset dan Diskusi
Sebagai ibu rumah tangga dari empat anak, Ditha Purwana tahu rasanya ingin membantu perekonomian
keluarga.

Karena itu, di bisnis kecantikan pertamanya yaitu D&R Skincare, Ditha mengusung konsep kepedulian
terhadap kesuksesan satu sama lain. Ia membangun reseller bagi para perempuan dan ibu di rumah.

Baca juga: Teh Mican Tidak Pernah Berpikir Dua Kali untuk Memulai Usaha, Dari Usaha Butik Kini Jualan Kopi

Apalagi pada masa pandemi, banyak orang yang terdampak dan lebih banyak menghabiskan waktunya di
rumah. Perempuan kelahiran Bandung, 23 November 1985, tersebut mengajak para perempuan lain untuk
maju dan sukses bersama dalam menciptakan lapangan kerja.

Karena ketertarikannya pada dunia kecantikan, Ditha memelajari rahasia kecantikan untuk menciptakan
produk perawatan kulit berkualitas. Proses itu berlangsung kurang lebih satu tahun hingga ia membuat
brand skincare sendiri pada awal 2021.

Ditha Purwana
Ditha Purwana (dok Ditha Purwana)

“Jujur, karena bukan orang kesehatan atau ahli dalam pembuatan skincare, saya bahkan niat belajar lebih
dari setahun, riset dan diskusi dari berbagai sumber yang mumpuni, biar nggak asal-asalan,” katanya.

Menjalankan bisnis selama masa pandemi, ucap Ditha, memang tidak mudah. Apalagi bisnis kecantikan
skincare sedang marak di kalangan perempuan dan laki-laki. Ditha pun memilih strategi bisnis
memanfaatkan dunia digital.

Baca juga: Inilah Tia, Sosok Kartini Modern, Ibu Rumah Tangga yang Juga Machine Learning Curriculum Developer

"Awalnya sama kaya penjual lainnya, saya kasih produknya ke temen untuk coba dan mereka berujung
posting (unggah ke media sosial), karena merasa cocok," ujarnya.

Dia memilih skincare mengandung senyawa arbutin yang mempunyai peranan signifikan di dalam dunia
kosmetik sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Ada juga kandungan chamomile memiliki sifat
anti-inflamasi dan membantu menenangkan kulit.

Baca juga: Annissa Bekerja Keras Membangun Bisnis Cokelat, Produknya Mulai Go International

Tak ketinggalan, terdapat kandungan aloe arbadensis leaf extract untuk menjaga jumlah air dalam kulit
dan meningkatkan penyerapan nutrisi pada kulit.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

  • Conny Dio

     
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved