Imas Kustiani Selalu Semangat Mengikuti Ujian CPNS Meski Stroke, Sang Suami Selalu Membantu

"Istri saya memang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan, hingga saat ini ia masih mengajar,"

Tribun Jabar/Cikwan Suwandi
Imas Kustiani (kanan) dan suaminya Nana Suhana di kediamannya, Perum Eka Mas Permai BI 25 RT 02/05 Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang, Sabtu (18/9/2021). 

SEUSAI mengusap keringan di kening Imas Kustiani (53), Nana Suhana (54) sang suami memakaikan masker berwarna merah kepada Imas.

Siang itu kediaman Imas di Perum Eka Mas Permai BI 25 RT 02/05 Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang begitu teduh.

Imas duduk di atas kursi rotan, tak jauh dari jari tangannya sebuah tongkat. Sementara Nana duduk dekatnya di bawah kursi Imas duduk.

Tangkapan layar di Instagram yang viral, saat Imas digendong mengikuti tes PPPK
Tangkapan layar di Instagram yang viral, saat Imas digendong mengikuti tes PPPK (Tribun Jabar/Cikwan Suwandi)

Sosok Imas menjadi viral ketika video dirinya yang merupakan seorang guru honorer mengikuti ujian tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Istri saya ini memang selalu semangat untuk mengikuti ujian CPNS atau sekarang kesempatan PPPK, saya selalu mendukungnya, walaupun saat ini dia dalam keadaan sakit," kata Nana kepada Tribun Jabar di kediamannya, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Maya Berlin Sulap Batok Kelapa Jadi Wayang Korona, Kreativitas Seorang Guru di Tengah Pandemi

Nana mengatakan, Imas menjadi guru honorer sejak 2004. Saat itu mereka berdua merupakan buruh pabrik di Texmako, namun pabrik tersebut gulung tikar. Nana menjadi pedagang, sedang Imas yang memiliki ijazah sarjana pendidikan memilih untuk mengajar.

"Sejak awal dia mengajar di SDN 1 Wancimekar," kata Nana.

Imas mengajar segala mata pelajaran sekolah dasar, kecuali mengajar pendidikan agama dan olahraga.

Sekitar 2,6 tahun lalu, kaki Imas mulai merasakan kesemutan dan memiliki tensi darah tinggi yang kemudian semakin parah dan menjadi strok.

Baca juga: Lili Supriatna, Guru SMKN 1 Cipaku Ciamis, Tanam & Kembangkan Bayam Brazil yang Berkhasiat

"Istri saya memang memiliki dedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan, hingga saat ini ia masih mengajar," katanya.

Semangat Imas untuk tetap mengajar tak hanya mengalir dari dukungan suami, Imas didukung oleh rekan-rekan seprofesi dan muridnya untuk tetap mengajar.

Kendati demikian, Imas sangat berharap dedikasinya itu terbayar dengan diloloskan dirinya sebagai PPPK.

"Ia memang selalu mengikuti setiap tahun testing. Kami berharap istri saya bisa diangkat, ia tidak pernah menyerah," katanya.

Baca juga: Inilah Ani Sumarni, Guru Honorer Cantik di Cianjur yang Kerap Merawat ODGJ di Jalan

Sedangan Nana sang suami, saat ini hanya berjualan es serut. Nana mengaku, penghasilannya selama pandemi Covid-19 semakin menurun. Ia hanya mendapatkan penghasilan Rp 50.000 setiap harinya.

Mereka hanya tinggal berdua. Anak semata wayangnya Lia Andriani sudah menikah dan tinggal bersama suaminya.

"Alhamdulillah, kami selalu cukup. Karena anak juga selalu membantu kami. Saya bangga dengan anak saya juga," katanya.

Viral
Video Imas mendadak viral. Dalam video yang diposting akun instagram @halokrw yang mengunggah ulang dari akun instagram @pgri_kotabaru.fc , terlihat Imas yang datang dengan keadaan sakit stroke, mencoba ikut dalam tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di SMAN 3 Karawang Barat.

Terlihat Imas berjalan menggunakan tongkat bersama suaminya. Jalannya begitu gontai. Bahkan untuk menuju lokasi kelas tempat tes PPPK, Imas terpaksa digendong oleh panitia untuk masuk kelas.

"Imas Kustiani S.Pd (53) seorang guru honorer K2 di SDN Wancimekar 1 Desa Wancimekar Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang tak kenal lelah dan putus asa untuk memberi ilmu pengetahuan kepada anak muridnya kendati dirinya tengah menderita stroke yang telah berlangsung selama 7 tahun."

"Semangat juang Imas Kustiani untuk mengajar demi mencerdaskan anak-anak Karawang mendapat dukungan penuh dari para murid, guru dan kepala sekolah," tulis @halokrw yang dikutip Tribun Jabar, Sabtu (18/9/2021).

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved