Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi: Sebagai Kota Jasa Sukabumi Andalkan Pariwisata

Selama ini Kota Sukabumi menjadi kota alternatif, kalau mau kemana-mana sulit. Jika jalan tol sudah selesai, menjadi kota tujuan

Tribun Jabar
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fauzi 

KOTA Sukabumi sedang tumbuh dan berkembang. Sebagai kota jasa, Sukabumi terus memberikan pelayanan maksimal. Sejumlah inovasi pun dikembangkan oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Ada dua proyek besar yang bakal memberikan dampak signifikan kepada Kota Sukabumi yakni kehadiran Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan rel kereta api double track.
Apa sebenarnya yang direncanakan Achmad Fahmi untuk warganya di Sukabumi? Berikut petikan wawancara eksklusif jurnalis Tribun Jabar Dian Herdiansyah dengan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, belum lama ini.

Bagaimana Anda memandang Kota Sukabumi saat ini?
Kota Sukabumi yang memiliki tujuh kecamatan dan 33 kelurahan hari ini sedang maju, tumbuh, dan berkembang. Tentunya kami berharap bisa mencapai target-target yang telah ditentukan sehingga memberikan efek yang dominan bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fauzi
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fauzi (Kompas.com/Budiyanto)

Boleh tahu maju dan berkembangnya seperti apa?
Kami berharap tumbuh dan berkembangnya ini bisa sesuai dengan target perencanaan yang kita harapkan. Tidak bisa dipungkiri berbagai percepatan infrastruktur yang kemungkinan akan sampai di Kota Sukabumi ini menyebabkan bergeliatnya suasana Kota Sukabumi. Saya yakin akan semakin tumbuh dan berkembang.

Perkembangan buat masyarakatnya seperti apa?
Tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Sukabumi. Bisa meningkatkan ekonomi para pedagang, para pengusaha lokal yang secara ekonomi bergerak di bidang pariwisata, baik yang wisata alam maupun non alam yang saat ini semakin terlihat

Baca juga: Marwan Hamami: Alhamdulillah Kabupaten Sukabumi Sudah Kuning. Ada Gurilaps Potensi yang Masih Tidur

Jadi pariwisata sangat diandalkan?
Tentu saja karena Kota Sukabumi ini kan kota jasa. Mulai jasa perhotelan juga semakin meningkat, karena kalau semuanya meningkat ini akan memberikan dampak yang luar biasa untuk pendapatan daerah Kota Sukabumi. Sehingga jika pendapatan daerah itu besar kan bisa kembali melakukan pembangunan-pembangunan lagi. Harapannya mampu memberikan daya ekonomi yang tinggi kepada warga Sukabumi.

Bagaimana rencana pembangunan jalan tol Bocimi dan kereta api double track di Sukabumi?
Dengan dimulainya kembali pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan selanjutnya disusul oleh kereta api doubel track ini kami berharap Kota Sukabumi bukan mejadi kota alternatif tapi menjadi kota tujuan para wisatawan. Selama ini Kota Sukabumi menjadi kota alternatif, kalau mau kemana-mana sulit. Jika jalan tol sudah selesai, jadi bukan kota alternatif lagi tapi menjadi kota tujuan.

Achmad Fauzi, Wali Kota Sukabumi
Achmad Fauzi, Wali Kota Sukabumi (Tribun Jabar)

Jika kedua proyek itu sudah rampung apa antisipasi yang dilakukan?
Dengan adanya pembangunan ini kami mencanangkan sebagai kota jasa, maka tentunya yang akan dikembangkan kita menyiapkan penginapan dan kulinernya, seiring dengan itu juga menyiapkan UMKM dan memperkuat infrastruktur melalui percepatan-percepatan pembangunan.

Soal lain, bagaimana dengan sektor pendidikan?
Kami terus berupaya untuk meningkatkan sektor pendidikan dari satuan pendidikan yang ada. Baru-baru ini saya bertemu dengan dinas pendidikan, berdialog dengan level PAUD dan level SD yang menjadi kewenangan pemerintah daerah. Ini kan bicara tentang target-target pendidikan kepada anak-anak kita. Nah kami sampaikan, bagaimana setiap institusi pendidikan mampu berinovasi di tengah masa pandemi. Jadi target pembelajaran ini betul-betul inovasi pendidikannya dilaksanakan sebaik-baiknya, sambil mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Febby Masih Tetap Melukis Meskipun Pesanan Berkurang, Ingin Pindah ke Sukabumi

Untuk UMKM bagaimana?
Kami terus berupaya melakukan penguatan dan penyehatan UMKM di masa pandemi ini agar bisa berjalan. Melalui dinas melakukan percepatan untuk kembali menyehatkan dan mengokohkan UMKM dengan beberapa strategi khusus, secara detailnnya ada di Komindag, tapi Insya Allah kita berharap UMKM Sukabumi bisa kembali pulih.

Achmad Fauzi
Achmad Fauzi (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Dari Guru Jadi Wali Kota
WALI Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengaku sebelumnya sama sekali tidak pernah terpikir akan menjadi pejabat publik, mulai dari anggota DPRD, Wakil Wali Kota, hingga kini menjadi Wali Kota.

"Tidak pernah terpikir, saya berawal dari seorang guru dan sampai saat ini pun saya tetap seorang guru," kata Fahmi.

Baca juga: Kisah Abi Abdilah Warga Sukabumi yang Tersesat di Hutan Gunung Gede Pangrango dan Berhasil Selamat

Disinggung tentang dorongan keluarga dalam kariernya selama ini, menurut Fahmi, tentu keluarganya sangat berjasa dalam kariernya. “Keluarga merestui aktivitas yang saya lakukan dari dulu sehingga membuat saya menjadi tetap kuat hingga saat ini,” kata Fahmi.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fauzi
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fauzi (Tribun Jabar)

Di tengah kesibukannya sebagai wali kota, Fahmi selalu membagi waktunya untuk keluarga. “Sekarang tentu harus konsentrasi memikirkan masyarakat tapi tetap kalau ada waktu luang, saya sempatkan diri dengan keluarga. Anak dan istri saya memahami dan merestuinya. Ini bagian dukungan yang luar biasa," katanya.

Selain bercengkrama dengan keluarga, jika memiliki waktu luang Fahmi menghabiskannya dengan membaca buku. "Hobi saya salah satunya membaca buku dan hasil dari membaca buku itu saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya. (Tribun Jabar/Dian Herdiansyah)

Biofile
Nama : H. Achmad Fahmi, S.Ag, MM.Pd.

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta 4 Mei 1974

Istri : Hj. Fitri Hayati, S.Ag, M.MPd

Anak :
1. Nabil Akmaluddin (Laki-laki)
2. Najma (Perempuan)
3. Najwa (perempuan)

Pendidikan :
- SD Negeri 03 Kebon Baru, Jakarta

- SMP Negeri 115 Jakarta

- SMA Islamic Center Muhammadiyah, Cipanas

-IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Organisasi dan Jabatan :
-Anggota DPRD Kota Sukabumi (2004-2009)
-Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi (2009-2013)
-Wakil Wali Kota Sukabumi (2013-2018)
-Wali Kota Sukabumi (2018-2023)

Ikuti kami di
KOMENTAR
486 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved