Maharani Devi, Duta Pariwisata Jabar Pencinta Keberagaman, Beberapa Tahun Sekali Pindah Kota

"Saya senang banyak destinasi wisata yang berkembang di daerah sehingga wisatawan tidak berkumpul di satu titik saja"

dok Maharani Devi
Duta Pariwisata Jabar 2021, Maharani Devi 

DUTA Pariwisata Jawa Barat 2021, Maharani Devi (22), memiliki pengalaman unik. Ia belajar tentang kebudayaan yang berbeda sejak kecil. Perempuan kelahiran Jakarta, 1 Februari 1999, ini sempat tinggal di Jepang selama tiga tahun, hingga duduk di kelas 3 SD.

Kemudian, ia pindah ke Cina dan tinggal di sana empat tahun. Setelah itu, Devi kembali ke Tanah Air dan tinggal Palembang selama dua tahun. Kini, ia kuliah di Kota Bandung, tepatnya di Sekolah Tinggi Pariwisata.

"Saya jatuh cinta pada keberagaman budaya. Saya juga hobi jalan-jalan dan ingin mendalami ilmu pariwisata," ujar Devi saat dihubungi, Sabtu (4/9). Menurutnya, pariwisata bukan hanya tentang jalan-jalan.

Maharani Devi, Duta Wisata Jawa Barat 2021
Maharani Devi, Duta Wisata Jawa Barat 2021 (dok Maharani Devi)

Banyak perbedaan budaya yang menjadi ciri khas setiap daerah, ucap Devi, justru merupakan keindahan. "Cita-cita saya ingin mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia dan berkarier di pariwisata setelah lulus kuliah," katanya.

Perempuan yang jago memainkan piano itu menikmati keberagaman itu sejak kecil, terutama dari pengalamannya berpindah-pindah tempat tinggal, termasuk di negara-negara lain.

Baca juga: Sejak Kecil Ulfah Mawaddah Gemar Bikin Narasi, Kini Jadi Duta Baca Jawa Barat

"Saya minoritas di sana dan saya mengalami pembulian lantaran saya anak baru dan terlihat beda. Hal ini saya jadikan motivasi dan menunjukkan bahwa semua orang itu pantas bahagia. Kita bisa menjadi diri sendiri," ujarnya.

Kecintaan Devi terhadap keberagaman budaya berbuah manis. Devi dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Jabar 2021 setelah mengikuti sebuah lomba dari Askara Management.

Maharani Devi, Duta Pariwisata Jabar 2021
Maharani Devi, Duta Pariwisata Jabar 2021 (dok Maharani Devi)

"Lomba dari tahap seleksi dan audisi secara virtual karena masih pandemi. Saya dapat gelar Duta Pariwisata Jabar 2021 dan selanjutnya dikirim ke tingkat nasional untuk merebut gelar Duta Pariwisata Indonesia 2021," katanya.

Sebelumnya, ia mengikuti kontes kecantikan mewakili sekolahnya di Palembang dan meraih gelar Duta Pelajar Putri Sumatra Selatan 2016.

Baca juga: Hanna Marlina Putri Jadi Paskibraka Jabar, Lalu Bercita-cita Jadi Polisi, Namun Kini Jadi Model

Devi bersyukur bisa mendapatkan gelar Duta Pariwisata Jabar 2021 karena membuka jalan menuju cita-citanya, mengembangkan potensi wisata di Indonesia.

Ajakan untuk Berpetualang

Selama masa pandemi, pariwisata menjadi satu di antara sektor yang paling terdampak hingga saat ini. Sebelumnya banyak orang merasa aman dan nyaman pergi liburan, tetapi kini banyak yang berpikir dua kali untuk berlibur.

Maharani Devi, Duta Pariwisata Jabar 2021
Maharani Devi, Duta Pariwisata Jabar 2021 (dok Maharani Devi)

Satu di antaranya karena aturan menghindari kerumunan selama wabah virus korona. Sebagai Duta Pariwisata Jawa Barat 2021, Devi berusaha mencari solusi demi menghidupkan kembali pariwisata.

"Cara adalah menghindari mass tourism atau wisata massal kemudian kita mengalihkannya ke adventure tourism atau wisata petualangan," ujar saat dihubungi, Sabtu (4/9).

Baca juga: Sebagai Putri Nelayan 2020, Sisil Ingin Menyampaikan Aspirasi Nelayan

Perempuan kelahiran Jakarta, 1 Februari 1999, ini mengatakan wisata petualangan merupakan wisata yang cukup ekstrem di antaranya mendaki gunung, menyelam, hingga arum jeram. Dia juga mengatakan wisata petualangan ini merupakan bagian dari wisata alam.

"Berwisata di alam menjadi pilihan terbaik selama masa pandemi karena dapat menghindari kerumuman dan baik juga untuk kesehatan," katanya.

Baca juga: Marshanda Nurfitria Ingin Memberikan Hal Positif bagi Perkembangan Pariwisata Purwakarta

Devi menyadari tidak semua orang menyukai wisata ini. Meskipun begitu, ia tertarik untuk melihat daerah-daerah terpencil untuk mengetahui potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Sebagai generasi milenial yang hidup di era digital, ia yakin promosi wisata melalui media sosial sangat efektif. Banyak aplikasi video yang bisa digunakan untuk memengaruhi dan mengajak masyarakat untuk datang ke tempat wisata.

Duta Pariwisata Jabar, Maharani Devi
Duta Pariwisata Jabar, Maharani Devi (dok Maharani Devi)

"Saya senang banyak destinasi wisata yang berkembang di daerah sehingga wisatawan tidak berkumpul di satu titik saja," katanya. Dia berharap bertumbuhnya pariwisata di daerah bisa mensejahterahkan masyarakat.

Misalnya, satu di antara destinasi yang sedang hangat dibicarakan adalah kawasan wisata di Pangalengan, Bandung Selatan. Devi berharap agen tur dan travel bisa membawa wisatawan, terutama para milenial, ke sana dengan biaya akomodasi yang terjangkau.

Baca juga: Evi Novianti, Dosen Fikom Unpad yang Peduli Pariwisata

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved