Terinspirasi dari Anime, Gilang Wardana Raih Mimpi Jadi Chef Profesional Hingga Punya Usaha Sendiri

Aku dikasih kepercayaan untuk bikin produk, aku kembangkan kreativitas di sana karena alat yang mereka punya juga nggak lengkap kaya di hotel Jakarta

dokumentasi Gilang Wardana
Gilang Wardana 

BERMULA dari menonton anime berjudul Yakitate Japan, Gilang Wardana (33), justru mendapatkan inspirasi untuk menjadi seorang chef profesional dalam meraih mimpinya.

Anime yang menceritakan tentang dunia memasak terutama roti ini justru membuat Gilang tertarik untuk mencobanya di rumah. Ternyata itu membuatnya termotivasi untuk belajar lebih dalam soal dunia memasak.

Memiliki hobi senang makan kue dan tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, Gilang pun memutuskan untuk kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB).

Gilang Wardana
Gilang Wardana (dokumentasi Gilang Wardana)

Selama belajar di kampusnya, Gilang menceritakan pengalamannya hingga membawanya terjun menekuni bisnisnya sendiri.  Ia mengatakan sebelumnya ia pernah training salahsatu hotel di Jakarta, namun tidak diterima di bagian bakery, tetapi di bagian pastry.

Gilang pun sempat kecewa karena merasa kemampuan soal membuat bakery adalah jadi kunci utamanya.  Namun hal lain justru muncul saat ia training di hotel daerah Purwakarta. Ia justru bisa mempraktIkan ilmu yang ia dapatkan di hotel tersebut.

"Aku dikasih kepercayaan untuk bikin produk, aku kembangkan kreativitas di sana karena alat yang mereka punya juga nggak lengkap kaya di hotel Jakarta," ujar Gilang saat dihubungi, Sabtu (28/8).

Baca juga: Semula Ingin Menjadi Polisi, Kini Gilang Wardana Menjadi Pastry Chef Profesional di Rozelle Dessert

Ia pun terus belajar keliling kota di Indonesia untuk menjadi seorang chef profesional.  Hingga pada 2010, Gilang kembali ke Bandung dan bekerja kembali di sebuah hotel bintang 5 di daerah Ciumbuleuit.

"Di sana aku menunjukan  kreativitas yang aku dapatkan  dan bertahan selama 3 tahun lalu justru beralih jadi konsultan," ucapnya.

Gilang Wardana
Gilang Wardana (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Pria kelahiran Bandung, 5 Februari 1988 ini mengatakan ia bergabung dengan konsultan hotel, kafe, restoran (horeca) dan membantu setting cafe, layout kitchen,  hingga akhirnya melihat ada potensi untuk bisnis sendiri.

Baca juga: Devina Hermawan Ingin Membantu Orang Memasak dengan Mudah

Perjalanan  Gilang yang konsisten di bidang kuliner ini pun membuatnya berani untuk mengambil langkah dalam membuka usaha.

Gilang mengatakan, tempat usaha yang ia dapatkan saat awal begitu kecil dan ia mencoba mengaplikasikan hasil membuat kue dari oven yang digunakan.

"Kebanyakan pelanggan yang datang itu ya pelanggan dari pemilik penjual alat dari vendor horeca. Jadi di sana aku coba jual produk kue dengan  berbagai variasi," ujarnya.

Baca juga: Melalui Youtube Magdalena Fridawati Membantu Para Pelaku Kuliner UMKM Melewati Pandemi Covid-19

Sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui, itulah yang Gilang dapatkan.  Seringkali bertemu  pemilik kafe dan katering, Gilang justru bisa langsung menjual langsung produknya kepada sang pemilik usaha di bidang kuliner.

Gilang Wardana
Gilang Wardana (dokumentasi Gilang Wardana)

"Tantangan yang dirasakan saat mulai bisnis ya maju mundur tapi kesuksesan itu bukan seberapa pintar orang tersebut, tapi bagaimana dia menjiwai bisnisnya," ucapnya.

Dari perjalanan tersebut, Gilang pun  bertemu dengan partner baru dan akhirnya memiliki usaha dan membuat Rozelle Dessert yang kini berada di Setrasari Plaza II Blok B No 8.

Baca juga: Natalia Sunanto Dulu Bikin Dapur Berantakan, Kini Usaha Kue Cokelatnya Berjaya

Menurut Gilang, menjadi seorang chef itu harus terus bisa berkereasi dan melakukan inovasi sesuai dengan keadaan.

"Chef pasti bisa masak, tapi kalau idealis dan monoton menunya tidak mengatakan kepentingan pelanggan justru nggak akan berkembang," ujarnya.

Ia justru melihat, pelanggan adalah teman, ketika mereka lagi membutuhkan sesuatu maka ia akan menyajikannya. 

Gilang Wardana
Gilang Wardana (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Bisnis Tumbuh Bersama Reseller Saat Pandemi

"IBU aku memberi pesan, buatlah orang makin sayang dengan makanan yang diberikan. Cara aku membuat pelanggan makin sayang adalah dengan  memberikan kualitas produk yang dipercaya".

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
478 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved