Grup Causa Fortis Merintis Karier di Genre Rap, Mampu Hasilkan Tiga Karya Single

Apa yang kami lihat, rasakan, kami tuangkan dalam karya kami. Prosesnya bisa bermacam-macam, bisa dimulai dengan bit musik

dokumentasi Causa Fortis
Grup rap Causa Fortis 

GENRE musik rap selalu identik dengan kebebasan jiwa, pemberontakan serta kritik-kritik sosial yang tajam terhadap lingkungan di sekitarnya.

Namun tak hanya itu, rap juga menjadi sebuah genre di mana para pelakunya mampu mengekspresikan apa yang terkandung dalam emosi ke dalam bait-bait lirik yang berpadu bit-bit musik yang disesuaikan.

Latar belakang inilah yang menjadi salah satu pemicu grup rap Causa Fortis untuk eksis di industri musik Kota Bandung, khususnya dan Tanah Air pada umumnya untuk kemudian menatap masa depan dengan optimistis di jalur rap yang mereka dalami.

Causa Fortis adalah grup rap Kota Bandung yang terdiri dari Obig, Flyzad, Amado dan xxddm96xx (produser musik). Latar belakang mereka yang berbeda-beda, namun masih tetap di jalur hip hop, membuat kekuatan Causa Fortis seperti emas di dalam tempurung.

grup rap asal Kota Bandung, Causa Fortis
grup rap asal Kota Bandung, Causa Fortis (dokumentasi Causa Fortis)

Dengan kata lain, menyembunykan kekuatan yang dahsyat. Hal ini yang membuat mereka mampu menghasilkan tiga karya singel yang diterima dengan baik di khalayak pendengar dan pencinta musik hip hop.

Menurut salah seorang pentolan Causa Fortis, Amado, Causa Fortis pada awalnya adalah grup duo rap yang dibentuk pada pertengahan 2019 oleh Amado dan Obig. Causa Fortis sendiri adalah grup rap jebolan Bandung yang memiliki warna lirik gelap dan kental dengan permainan metafor yang tidak biasa.

"Banyak musisi yang menginspirasi kami, sebut saja  Wutang Clan, Redman & Methodman, Mob Depp, Cypress hill, Eyefeelsix, House of Pain, dan lainnya,” ujar Amado dalam perbincangan dengan Tribun Jabar, Sabtu (28/08/2021).

Salah seorang personel lainnya, Flyzad, menyebutkan, pada dasarnya jenis underground hiphop pun bisa saja cocok untuk disematkan dalam genre mereka sesuai nama gup juga dengan lagu-lagu mereka yang focus membahas keadaan lingkungan sekitar mereka dan skema lokal itu sendiri.

“Apa yang kami lihat, rasakan, kami tuangkan dalam karya kami. Prosesnya bisa bermacam-macam, bisa dimulai dengan bit musik, atau dari lirik dulu, pokoknya bisa dengan berbagai metode sesuai dengan kondisi kami saat itu," ujar Flyzad.

Causa Fortis  dikenal aktif di jalur musik independen beserta komunitas rap Bandung yang bernama Impartairial. Grup ini sempat memutuskan bubar karena pandemi dan beberapa hal lainya pada pertengahan 2020. 

grup rap Causa Fortis
grup rap Causa Fortis (dokumen Causa Fortis)

"Awal 2021 Causa Fortis memutuskan untuk memulai kembali grup  dengan formasi baru yang mendatangkan Flyzad sebagai rapper dan xxddm96xx (dena) sebagai Beatmaker dan hypeman," ucap Obig, personel lainnya.

Sementara Dena atau biasa disebut xxddm96xx berupaya memberikan "pemanis" di setiap lirik yang diberikan personel lain untuk dikemas menjadi sebuah musik rap yang keren.

"Setiap bit disesuaikan dengan lirik yang ingin disuarakan," katanya. (kemal setia permana)

Rilis Tiga Singel

CAUSA Fortis saat ini berjalan dengan manajemen baru yang bernama Rezpond Inc dan memiliki kerja sama dengan tim visual dari production house Hypocreate. Kelengkapan tim ini membuat Causa Fortis memutuskan bergerak ke level berikutnya yang lebih tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka merilis tiga singel.  Singel debut pertama mereka yang bertajuk “Rapalan Penghantar”sukses menjadi sebuah jalan menuju event-event lokal baik gigs-gigs kecil, medium  hingga even besar.

"Singel kedua dan ketiga adalah ‘Janus’ dan ‘Too Dope to Die’," ujar Amado.

grup rap Causa Fortis
grup rap Causa Fortis (dokumentasi Causa Fortis)

Causa Fortis kini tengah mempersiapkan sebuah album yang rencananya akan dikemas dalam waktu tidak terlalu lama lagi. Menurut Flyzad, saat ini sudah terdapat kurang lebih lima materi lagu yang akan dipersiapkan menjadi album perdana.

"Mudah-mudahan target kami sampai akhir tahun untuk memantapkan materi lagu sebagai bahan rilis album bisa tercapai," ujarnya. ( Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Nama grup : Causa Fortis

Berdiri : 2019

Personel : Amado, Obig. Flyzad dan xxddm96xx (produser musik)

Singel: Rapalan Penghantar, Janus dan Too Dope to Die

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
479 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved