Dari Mojang Hingga Menjadi Bupati, Ambu Anne Bertekad Jadikan Purwakarta Jalur Utama

"Kabupaten Purwakarta harus menjadi jalur utama perlintasan yang berkembang pesat dalam hal Indeks Pembangunan Manusianya"

Tribun Jabar
Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta 

BUPATI Purwakarta Anne Ratna Mustika menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai bupati di Kabupaten Purwakarta. Anne yang kerap disapa Ambu (Ibu dalam Bahasa Sunda) itu dikenal sebagai pribadi yang cermat dan teliti.

Apa yang telah dan bakal dilakukan ibu tiga anak itu untuk Kabupaten Purwakarta, wartawan Tribun Jabar Irvan Maulana berkesempatan mewawancarainya secara eksklusif di Kantor Bupati Purwakarta, belum lama ini.

Bagaimana Anda memandang Kabupaten Purwakarta saat ini?

Kabupaten Purwakarta sampai saat ini sudah menunjukan pertumbuhan yang cukup signifikan melalui pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, infrastruktur, lingkungan hidup, ekonomi, pariwisata dan pemerintahan.

Bisa disebutkan contoh konkretnya?

Misalnya bidang infrastruktur, kami sudah membangun Jalur Lingkar Barat dan Timur untuk membuka akses antar desa. Membangun jaringan air minum untuk penyediaan air bersih di daerah wisata dan sentra UMKM serta ekonomi kreatif.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menjadi pembina upacara HUT Kemerdekaan RI di Purwakarta
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menjadi pembina upacara HUT Kemerdekaan RI di Purwakarta (Tribun Jabar)

Bagaimana Anda membayangkan Kabupaten Purwakarta ke depan?

Kabupaten Purwakarta harus menjadi jalur utama perlintasan yang berkembang pesat dalam hal Indeks Pembangunan Manusianya. Kita terletak di jalur perlintasan, Purwakarta dekat dengan Ibukota negara dan Ibukota Provinsi, jadi potensi apapun akan lebih mudah kita pasarkan. Melalui rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Purwakarta harus tumbuh menjadi kabupaten yang berdaya saing. Melalui RPJMD 2018-2023 ini kami fokus mewujudkan Purwakarta Istimewa. Mengistimewakan warganya dalam berbagai bidang, khususnya di masa pandemi kita penuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakatnya.

Apa prioritas pembangunan di Kabupaten Purwakarta?

Kabupaten Purwakarta ini kan penghasil pangan. Terkait hal ini kami pun membuat kebijakan yang pro terhadap sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan pariwisata sebagai penunjang ekonomi masyarakat di sekitarnya. Sektor-sektor itu semuanya menjadi prioritas kami dalam pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Marshanda Nurfitria Ingin Memberikan Hal Positif bagi Perkembangan Pariwisata Purwakarta

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved