Najla Bisyir Sempat Jajal Berbagai Bisnis Hingga Akhirnya Sukses Mendirikan Bittersweet

"Awalnya saya sama sekali enggak punya modal dan akhirnya bikin sistem reseller. Itu yang membesarkan dan menguatkan"

NAMA cake Bittersweet by Najla sudah tidak asing lagi bagi pencinta kuliner, khususnya kue. Bisnis kue ini milik Najla Bisyir yang dikenal sebagai pelopor dessert box yang kini menjadi viral dan banyak digemari masyarakat saat ini.

Perempuan kelahiran Jeddah, 19 September 1985, tersebut membangun bisnisnya karena hobi membuat kue. Melalui Instagram Live bersama Foodiz, Najla mengaku sempat kuliah jurusan hukum, namun hanya sampai 3 semester.

"Aku berhenti karena enggak happy, ngerasa kesiksa aja gitu. Aku merasa enggak nyaman dengan kuliah," ujar Najla beberapa waktu lalu. Kemudian, ia memutuskan untuk menikah. Najla baru terpikir untuk memulai setelah memililiki anak ketiga.

Najla Bisyir
Najla Bisyir (Instagram @alabisyir)

Ia pun teringat pada hal-hal yang didapatkannya dari sang nenek yang dijadikannya sebagai role model. Ia sangat mengagumi sang nenek atas kegigihan, kekuatan, dan kesabaran dalam membangun bisnis.

"Ini skill yang aku punya. Nenek mendidik aku agar perempuan bisa cari uang dan bisa juga di dapur. Aku jadi terpikir harus menjadi sesuatu nih yang bisa dilakukan dari rumah karena anak-anak masih kecil," katanya.

Baca juga: Natalia Sunanto Dulu Bikin Dapur Berantakan, Kini Usaha Kue Cokelatnya Berjaya

Sebelum memulai bisnis dessert box Bittersweet, Najla menjual cinnamon roll. Itu lantaran

ia senang jajan cinnamon roll yang sedang hits saat itu. "Anak-anak aku suka. Akhirnya aku bikin sendiri, lalu posting di sosmed. Banyak teman yang mau  dan aku kirim free," ujarnya.

Dorongan untuk berbisnis datang dari teman-teman yang mencicipi kue buatannya itu. Najla pun akhirnya melihat peluang dan tertarik untuk mencoba menjual kue hasil buatannya.

Baca juga: Devina Hermawan Ingin Membantu Orang Memasak dengan Mudah

"Ketika awal itu, aku coba open preorder dan yang pesan sampai 23 loyang sekitar Rp 1 juta. Aku merasa ini peluang banget," ujarnya.

Najla sempat berjualan kue buatannya selama Februari hingga Juli 2016, kemudian berhenti. Sebenarnya, berjualan kue itu bukan pengalaman pertama bagi Najla. Sebelumnya, ia sempat menjajal berbagai bisnis.

Najla Bisyir, pendiri Bittersweet
Najla Bisyir, pendiri Bittersweet (Instagram @alabisyir)

"Sejak SMP, aku udah jiwa dagangnya kuat, mulai dari jual parfum original yang aku ambil di Jakarta dan jual di Bogor dan itu sempet ramai, tetapi ganti ke yang lain. Aku juga pernah jual es buah, ikut MLM (multilevel marketing), dan coba properti," katanya.

Baca juga: Diana Biasa Posting Kue-kue Buatannya di Media Sosial, Hasil Keuntungan untuk Uang Jajan Anak

Akhirnya di dunia baking, Najla merasa usahanya sukses dan bertahan hingga lima tahun ini. Bittersweet by Najla memakai media sosial untuk promosi. Melalui media yang sama, Najla memberikan edukasi mengenai dunia baking.

Kini, konten yang dibuat Najla mampu menarik jutaan pengikuti di Instagram Bittersweet by Najla.  (*)

Najla Bisyir, pendiri Bittersweet
Najla Bisyir, pendiri Bittersweet (Instagram @alabisyir)

Perjuangan Penuh Air Mata

SIAPA angka, usaha yang berkembang pesat dimulai dari bisnis rumahan seorang ibu rumah tangga, Najla Bisyir. Usaha Bittersweet by Najla berawal dari sebuah dapur kecil dan sang pemilik hanya mengandalkan penjualan online atau daring.

"Awalnya saya sama sekali enggak punya modal dan akhirnya bikin sistem reseller. Itu yang membesarkan dan menguatkan. Semuanya push di sosial media karena mereka juga enggak punya toko," ujar Najla di Instagram Live bersama Foodiz beberapa waktu lalu.

Baca juga: Awalnya Senang Bagikan Bakso ke Tetangga, Giyanti Sukses Jalankan Bisnis Bakso Pacitan

Ia mengirim dessert box berdaya tahan tiga minggu dan terus meningkatkan promosi melalui media sosial. Bukan hanya tak punya modal, Najla memiliki gangguan obsessive compulsive disorder (OCD), keinginan untuk mengatur benda-benda tertentu supaya tertata rapi.

"Saat itu, saya ada 20 pegawai dalam rumah dan punya tiga anak yang masih kecil. Dengan aku yang punya OCD, melihat sesuatu yang berantakan bisa stres banget," katanya.

 Hal itu sempat membuat Najla menangis tiap malam pada awal perjalanan membangun bisnisnya.

Baca juga: Di Usia Belia Janis Kareem Aneira Bukan Sekadar Jago Akting Tapi Juga Piawai Berbisnis

Selama periode 2017 hingga 2018, ia sering menangis karena merasa tidak nyaman akibat tekanan saat mulai berbisnis. "Aku ini ibu rumah tangga biasa dan memiliki 20 pegawai dan banyak pesanan, ini enggak mudah banget,"ujarnya.

Najla Bisyir
Najla Bisyir (Instagram @alabisyir)
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
474 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved