Menjabat Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto Merasa Pulang ke Kampung Halamannya

"Saya pulang kampung. Tidak mimpi, Pak Presiden minta saya kesini, jadi saya bukan minta-minta loh ya"

Tribunnews
Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto 

MANTAN Komandan Paspampres, TNI Agus Subiyanto'>Mayjen TNI Agus Subiyanto resmi menduduki jabatan barunya sebagai Pangdam III/Siliwangi

Saat menggelar acara pisah sambut dengan Pangdam yang lama, TNI Nugroho Budi Wiryanto'>Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Makodam III/Siliwangi pada Sabtu (21/8/2021), TNI Agus Subiyanto'>Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa dirinya pulang kampung.

"Saya pulang kampung. Tidak mimpi, Pak Presiden minta saya kesini, jadi saya bukan minta-minta loh ya," kata Mayjen TNI Agus Subiyanto di Makodam III/Siliwangi, Sabtu (21/8/2021).

Penyambutan Pangdam III/Siliwangi yang baru, Mayjen Agus Subiyanto (kiri) oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Makodam III/Siliwangi, Rabu (18/8/2021).
Penyambutan Pangdam III/Siliwangi yang baru, Mayjen Agus Subiyanto (kiri) oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Makodam III/Siliwangi, Rabu (18/8/2021). (Pendam III/Siliwangi)

Selain itu, pria kelahiran Cimahi, tersebut juga bernostalgia sembari bercanda dengan Ketua DPRD Jawa Barat, Brigadir jenderal (Purn) Taufik Hidayat SH MH. Nostalgia tersebut juga disambut dengan hangat oleh Taufik Hidayat.

"Beliau dulu Danki, siap-siap aja dulu kalau mau ketemu dicabok , hahhahahahaha. ," kata Agus sembari mengelus pipinya saat memberikan sambutan.

Baca juga: Mayjen TNI Dudung Abdurachman Menjadi Pangkostrad, Kekayaannya Rp 1 Miliar

Agus meminta, agar Forkompinda Jabar memberikan apa yang diberikan kepada Pangdam sebelumnya.Ia meminta agar dibantu,dibimbing, dan diarahkan selama mengabdi di kampung sendiri.

Suasana keakraban sangat terasa di ruang pisah sambut tersebut. Ketiga TNI dan Purnawirawan TNI (Ketua DPRD) merupakan pentolan dari Kopassus. 

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto  (tengah)mengantarkan tamu undangan pada acara pisah sambut di Makodam Siliwangi, Sabtu (21/8/2021).
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto (tengah)mengantarkan tamu undangan pada acara pisah sambut di Makodam Siliwangi, Sabtu (21/8/2021). (Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik)

Mayjen TNI Agus Subiyanto juga mengatakan bahwa Ia adalah junior mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi Sufahriadi semasa sekolah di Cimahi.

Menyambung nostalgia dan canda tawa Pangdam III/Siliwangi, Gubernur Jabar M Ridwan Kamil juga mengatakan, bahwa setiap ingin bertemu Ketua DPRD Jabar, Emil juga bersiap-siap.

Baca juga: Pemakaman Kabinda Papua di TMP Kalibata, Ini Sosok Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya

"Ini pasti akan banyak cerita, karena bertiga berasal dari militer dan Kopassus. Saya juga kalau mau bertemu beliau (Ketua DPRD) senyum muka dulu, siap-siap, aman atau tidak,hahaha, hereu," kata Emil.

Sebelum menjabat sebagai Pangdam III Siliwangi, Agus dipercaya sebagai Danpaspampres beberapa waktu. 

Penyambutan Pangdam III/Siliwangi yang baru, Mayjen Agus Subiyanto (kedua dari kiri) oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Makodam III/Siliwangi, Rabu (18/8/2021).
Penyambutan Pangdam III/Siliwangi yang baru, Mayjen Agus Subiyanto (kedua dari kiri) oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto di Makodam III/Siliwangi, Rabu (18/8/2021). (Pendam III/Siliwangi)

Mengakhiri acara pisah sambut yang penuh canda tawa tersebut, Pangdam III Siliwangi, Gubernur Jabar, dan tamu undangan lainnya, melakukan foto bersama.

Berulang kali, Pangdam III Siliwangi menegaskan bahwa dirinya asli Jawa Barat dan istrinya Berasal dari Garut.

Riwayat Jabatan Agus Subiyanto
1.   Komandan Batalyon 22 Grup 2 Kopassus
2.   Kepala Penerangan Kopassus
3.   Komandan Kodim 0735/Surakarta (2009)
4.   Wakil Asisten Operasi Divisi 2/Kostrad (2011)
5.   Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan (2014)
6.   Dosen Madya Seskoad
7.   Pamen Denma Mabesad (2015)
8.   Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) II/Sriwijaya (2017)
9.   Komandan Korem 132/Tadulako (2017)[2][3]
10. Pamen Denma Mabes TNI (2018)
11. Wadanpussenif Kodiklatad[4] (2019)
12. Komandan Korem 061/Suryakancana (2020)
13. Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) (2020)
14. Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi (2021)

(Tribun Jabar/Daniel A Damanik)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved