Persib Bandung

Suwita Pata Mengaku Kesal Tidak Bisa Membawa Maung Bandung Juara

Selama aktif menjadi pemain sepak bola nasional, Suwita Pata menjadi sosok gelandang bertahan yang ditakuti oleh para penyerang lawan

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Suwita Pata 

BELASAN tahun berkompetisi di kancah tertinggi sepak bola Indonesia, mantan pemain Persib Bandung, Suwita Pata sudah pernah merasakan manis pahitnya dunia sepak bola.

Suwita Pata pernah berkelana ke beberapa tim sepak bola Indonesia seperti Persib Bandung, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persitara Jakarta Utara, dan Persikota Tangerang.

Suwita Pata bergabung dengan PSS Sleman pada 2002 dan menjadi salah satu musim yang tak terlupakan.

Suwita Pata
Suwita Pata (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Saat itu, Suwita Pata membawa tim yang berjuluk Super Elja promosi ke Liga 1 Indonesia, Hebatnya, PSS Sleman menembus posisi 5 besar, mengalahkan tim-tim yang sudah lama berlaga di Liga sepak bola tertinggi di Indonesia ini.

"Sebetulnya itu bisa juara jika manajemennya serius untuk juara" ujar Suwita saat diwawancarai Tribun Jabar belum lama ini.

Baca juga: Kala Muda, Asep Dayat Menjadi Pemain Persib yang Direkrut PSSI Primavera dan Belajar di Italia

Selain bersama PSS Sleman, musim selanjutnya yang memiliki kesan bagi dirinya adalah membawa PSIS Semarang masuk ke dalam laga final Indonesia.

PSIS Semarang yang saat itu menjadi salah satu tim yang bertabur bintang harus gagal mengunci gelar juara ketika dijegal oleh Persik Kediri dengan gol semata wayang Cristian Gonzales.

Suwita Pata
Suwita Pata (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Suwita Pata pun memiliki musim yang berkesan dengan Persib Bandung pada 2007. Pada waktu itu ia baru saja kembali direkrut dari PSIS Semarang.

"Sebetulnya di Persib 2007 itu bisa juara jika melihat materi dan manajemen, namun ya itulah berjalannya tidak sebagus yang diperkirakan" ucapnya.

Baca juga: Yusuf Bachtiar, Sosok Si Kancil yang Tak Tergantikan di Pasukan Maung Bandung

Suwita Pata yang memiliki kecintaan terhadap Persib Bandung belum dapat terbayar tuntas karena ia belum pernah memberikan gelar juara bagi tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

"Di Persib juga berkesan karena cita-cita dari kecil, cuma kesalnya engga bisa bawa juara saja," katanya.

Suwita Pata
Suwita Pata (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Selama aktif menjadi pemain sepak bola nasional, Suwita Pata menjadi sosok gelandang bertahan yang ditakuti oleh para penyerang lawan ketika harus berhadapan dengannya.

Pria yang sempat menjadi pemain timnas di usia yang terbilang tua yaitu 30 tahun, Ia mengaku pernah memiliki musuh yang membuat dirinya kewalahan harus menghadang serangan demi serangan.

Baca juga: Kala Muda, Asep Dayat Menjadi Pemain Persib yang Direkrut PSSI Primavera dan Belajar di Italia

Jajaran pemain seperti Ilham Jaya Kusuma, Budi Sudarsono, dan Bambang Pamungkas pernah menjadi pemain yang membuatnya kewalahan untuk dijaga. "Itu kalau pemain lokal," katanya.

Suwita juga mengakuĀ  memiliki partner yang sangat berkesan baginya di tim-tim yang pernah ia bela.

Suwita Pata
Suwita Pata (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Nama-nama seperti Eka Ramdani, Lorenzo Cabanas, hingga Gustavo Hernan Ortiz menjadi deretan pemain yang berkesan bagi Suwita karena mempunyai kedekatan dan komunikasi yang baik ketika berlaga bersama-sama.

Baca juga: Dadang Hidayat, Pemain yang Berawal dan Berakhir di Persib, Pillih Pensiun Dini Demi Regenerasi

"Banyak berduet dengan banyak pemain, yang paling enak main dengan Eka Ramdani dan Cabanas kalau di Persib. Kalau di PSIS, Ortiz. Itu di antaranya itu, banyaklah yang berkesan" tuturnya. (Tribun Jabar/Fakhri Fadlurrohman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
463 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved