Wawancara Eksklusif

Rudy Gunawan Buktikan Garut Tidak Lagi Tertinggal, Bakal Jadi Daerah Tujuan Wisata

Selain Pak Prabowo yang mengusung saya dua kali, saya kira banyak yang mendorong karier saya. Di antaranya Pak Ginanjar Jakarta Hospital, Pak Nugraha

Tribun Jabar
Bupati Garut, Rudy Gunawan 

DI BAWAH kepemimpinan Rudy Gunawan, Kabupaten Garut tumbuh dengan pesat. Pandemi Covid-19 memang membuat pelaksanaan beberapa proyek sedikit tersendat, namun tak berarti berhenti. Meski dihadapkan  pada situasi yang sulit, Rudy optimistis ke depan Kabupaten Garut akan semakin berkembang. Berikut petikan wawancara eksklusif jurnalis Tribun Jabar, Sidqi Al Ghifari dengan Bupati Rudy Gunawan di pendopo Kabupaten Garut, belum lama ini. 

Bagaimana Anda memandang Kabupaten Garut saat ini?

Sebelum tahun 2015 Kabupaten Garut adalah daerah tertinggal di Jawa Barat, infrastruktur tidak memungkinkan dan lain hal tapi sekarang sudah banyak berubah ada kenaikan per kapita. Kita ada industri sekarang yang berorientasi ekspor, seperti pabrik sepatu, pabrik rambut palsu, bulu mata palsu dan lain-lain, harapannya untuk kesejahteraan dan kemajuan sumber daya manusia di Kabupaten Garut.

Apa yang Anda bayangkan tentang Kabupaten Garut ke depan?

Ke depan Garut akan menjadi daerah tujuan wisata, karena ada akses tol yang melewati. Kota Garut juga ada kereta api, juga objek wisata dan hotel berbintang tumbuh dengan pesat, Garut akan menjadi kawasan industri terbatas yang berorientasi ekspor.

Bupati Garut, Rudy Gunawan
Bupati Garut, Rudy Gunawan (dokumentasi Rudy Gunawan)

Ada pertanian, perkebunan, pariwisata apa yang bisa dioptimalkan dari sejumlah sektor tersebut?

Semuanya bisa dioptimalkan dari mulai sektor pertanian yang hari ini menjadi sumber pendapatan masyarakat, 38 persen PDRB dari sektor pertanian. Sektor pariwisata juga akan berkembang dengan adanya kawasan wisata vulkanik Gunung Papandayan dan Talagabodas serta kawasan pemandian Cipanas, Situ Bagendit dan ada juga desa wisata yang tersebar di seluruh Kecamatan di Garut.

Bisa disebutkan apa saja keunggulan dari Kabupaten Garut?

Daya tarik pariwisata di Garut yang saat ini menjadi keunggulan, kemudian oleh-oleh khas Garut juga, ada kerajinan kulit, kuliner khas Garut juga macam-macam, termasuk letak geografis Garut yang membuat wisatawan ketagihan untuk datang ke Garut, pantas jika Garut disebut dengan Swiss van Java.

Baca juga: Semula Eman Suherman Pegang Rp 5 Ribu untuk Beli Nasi Padang di Garut, Kini Punya Rp 100 Juta Lebih

Mengenai penanganan Covid-19, bagaimana situasi terkini pandemi Covid-19 di Kabupaten Garut?

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved