Musisi Erwin Moron Turun Tangan Bantu Seniman dan Orang Lapar, Siap Merilis Singel Baru

"Ada juga misalnya seorang pelukis yang tidak bisa beli token listrik, sehingga saat malam hari mereka tidak bisa berkreasi"

dokumentasi Erwin Moron
Erwin Moron 

PANDEMI tak dimungkiri telah meluluhlantakkan kehidupan manusia di berbagai sektor. Selain sektor kesehatan, ekonomi pun menjadi bidang lain yang terdampak sangat besar.

Tak hanya membuat sektor usaha ambruk, namun juga berimbas ke sub sektor lain seperti seni dan pariwisata. Akibatnya banyak musisi yang harus gigit jari karena tidak ada lagi lahan bagi mereka berusaha mencari penghasilan.

Untuk bertahan, mereka terpaksa menjual aset-aset mereka yang sebenarnya menjadi modal usaha mereka berkarya dan mecari penghasilan.

Erwin Moron
Erwin Moron (dokumentasi Erwin Moron)

Menyadari hal inilah, Erwin Moron, musisi senior asal Kota Cimahi, menggelar aksi simpatik yang disebut Seniman Bantu Seniman. Vokalis yang namanya besar bersama band progresif rock era 90-an Dr PM, menyebutkan bahwa sebenarnya ide ini sudah tercetus sejak tahun lalu.

"Sejak tahun 2020 ide ini sudah ada di benak saya menyusul pandemi yang menggerus kreasi para seniman kita," ujar Erwin ditemui di rumahnya di Cimahi, Kamis (12/8).

Baca juga: Sungguh Mulia Ari Jalliludin, Spontan Berikan Pakaian untuk ODGJ di Tegallega Bandung

Namun, menurutnya, pada pademi tahun lalu masih banyak seniman yang masih memiliki bekal tabungan untuk bertahan. Saat memasuki pandemi tahun kedua dengan pembatasan kegiatan masyarakat semakin diperketat, maka banyak seniman yang baru benar-benar merasakan kesulitan.

Memasuki pertengahan tahun ini, kata Erwin, sudah banyak seniman yang berjatuhan dari sisi ekonomi. Mereka sempat bertahan dengan keterpaksaan menjual aset-aset mereka seperti alat musik dan lain sebagainya. Namun karena pandemi masih terus berlangsung dan belum ada kegiatan komersial yang diperbolehkan, lambat-laut kehidupan para seniman ini makin terpuruk.

Baca juga: Penyanyi Muda Asal Kota Bandung, Icha Nisa, Siapkan Sekuel

"Ada juga misalnya seorang pelukis yang tidak bisa beli token listrik, sehingga saat malam hari mereka tidak bisa berkreasi. Padahal kebanyakan pelukis itu memperoleh ide di malam hari. Ini contoh lain saja," ucap Erwin.

Untuk itulah, ia kemudian bersama seorang rekan seniman lainnya, Angga Surangga, mencetuskan ide menggelar aksi Seniman Bantu Seniman. Bantuan yang diberikan berupa uang dan sembako yang diberikan kepada para seniman terdekat yang membutuhkan.

Erwin Moron
Erwin Moron (dokumentasi Erwin Moron)

"Ini dilakukan secara bertahap bekerja sama dengan Yayasan Atap Kita, seluruh donasi dikumpulkan lewat Atap Kita," katanya.

Aksi Erwin Moron tak berhenti sampai di sini. Sebelumnya,  ia pun melakukan aksi sosial bernama Razia Orang Lapar dan Razia Perut Lapar. Erwin mengaku bahwa Razia Orang Lapar dan Razia Perut Lapar adalah sebuah program yang ia cetuskan untuk membantu mereka yang kekurangan pasokan makanan karena keterhimpitan ekonomi di masa pandemi.

Baca juga: Berenyit Lembur, Band yang Mengangkat Kearifan Lokal dengan Enam Personel

"Program ini sebenarnya sudah berjalan empat bulan hingga kini masih terus berjalan," tutur penyanyi nyentrik yang terlihat masih enerjik ini.

Sasaran program ini, kata Erwin, adalah mereka yang terkena imbas pandemi dan memiliki keterbatasan ekonomi untuk kehidupan sehari-hari. Sementara donasi yang diperoleh pun dilakukan dalam berbabagai macam cara, salah satunya adalah merupakan sumbangan dari para donatur.

Baca juga: Sara Sucia, Penyanyi Serba Bisa Asal Bandung, Kini Siapkan Singel Bergenre RnB

"Saya mencari donatur ini dari mana saja, baik secara langsung dari orang yang saya kenal maupun melalui media sosial," ujarnya.

Erwin mengaku, sebetulnya ia memiliki berbagai ide dan program di masa pandemi ini. Namun menurutnya program kepedulian terhadap sesama melalui aksi sosial merupakan gerakan yang ia prioritaskan terlebih dahulu.

Baca juga: Mengabadikan Elvis Presley, Hanche dari Bandung ke Pentas Internasional, Mengharumkan Indonesia

"Tentunya menurut saya mereka yang terdampak ekonomi ini yang perlu segera dibantu karena menyangkut perut. Maka dari itulah saya bersama rekan lain  membuat program Razia Orang Lapar dan Razia Perut Lapar lebih dulu," katanya.  * 

Pamflet aksi sosial bantuan untuk seniman
Pamflet aksi sosial bantuan untuk seniman (dokumentasi Erwin Moron)

Singel dan Konser Dr PM Reunion

DI balik kesibukannya menggelar berbagai aksi sosial, Erwin Moron juga diam-diam tengah mempersiapkan kejutan bagi para penggemarnya dan fans berat Dr PM, yaitu persiapan merilis singel baru dan konser Dr PM Reunion.

Pemilik nama asli Erwin Heryadi Soetedjo, mengakui saat ini ia pun sebenarnya tengah disibukkan dengan berbagai persiapan menjelang gelaran Dr PM Reunian.

Baca juga: Dari Lagu Hingga Novel, Anggara Surangga Mensyukuri Pencapaiannya

"Sebenarnya konser Dr PM Reunion sudah sempat dilakukan pada saat yang memungkinkan, namun untuk kondisi saat ini konser reuni berikutnya ini harus terpaksa ditunda karena memang kondisinya masih belum memungkinkan," ujar Erwin.

Erwin Moron
Erwin Moron (dokumentasi Erwin Moron)
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
465 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved