Arum Rumaesih Bahagia Ketika Bisa Membantu Orang Lain, Mendapat Banyak Pelajaran dari Youth Summit

Ada rasa bahagia ketika bisa bantu orang lain dibandingkan berdiam diri dan berprestasi untuk diri sendiri, namun enggak ada dampaknya bagi siapa pun

uinsgd.ac.id
Arum Rumaesih, mahasiswi ilmu politik UIN SGD 

NAMA Arum Rumaesih (21) sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD)Bandung. Mahasiswi semester 5 Jurusan Ilmu Politik itu aktif di berbagai kegiatan.

Ia menjadi Ketua Umum Inspirator Indonesia Bandung dan sebagai delegasi Istanbul Youth Summit (IYS) 2021. Dalam program IYS, Arum masuk 16 delegasi Indonesia dan bersama delegasi dari berbagai negara berdiskusi tentang mempersiapkan pemimpin untuk menghadapi masa krisis di masa pandemi Covid-19.

"Di sana, kami memecahkan masalah, bagaimana memimpin di masa pandemi. Kami diberi masalah dan mencari solusinya," ucap Arum saat dihubungi, Sabtu (14/8/2021).

Arum Rumaesih, Ketua Umum Inspirator Indonesia Bandung
Arum Rumaesih, Ketua Umum Inspirator Indonesia Bandung (dokumentasi Arum Rumaesih)

Hasilnya, ia dan tim mendapatkan penghargaan sebagai pemapar terbaik di ISY 2021.

Sekembali di Tanah Air, Arum pun mengimplementasikan solusi mereka. "Kami membuka ruang bicara bagi orang yang berkonsultasi ketika menghadapi masa pandemi atau menjadi konselor," ujar Arum.

Ia juga membantu anak-anak sekolah di Kalimantan, memasang lukisan mereka di pakaian.

Baca juga: Hanna Marlina Putri Jadi Paskibraka Jabar, Lalu Bercita-cita Jadi Polisi, Namun Kini Jadi Model

Hasil lukisan sablon pakaian itu pun dijual dan dikembalikan untuk pelajar-pelajar di sana untuk uang sekolah.                                   

Pengalaman mengikuti IYS membuat Arum semakin termotivasi untuk berkembang. "Arum bisa mengikuti langkah yang mereka lakukan dan bisa semakin berkembang setelah bertemu dengan orang yang luar biasa," katanya.

Perempuan kelahiran Bandung, 15 Maret 2000, ini pun mengikuti kegiatan serupa di Tanah Air dan masuk 200 besar peserta Indonesia Youth Summit yang digelar secara online.

Baca juga: Raja Inggris Lulus SBMPTN dan Berkuliah di Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Sosoknya Pun Viral

Sebagai Ketua Umum Inspirator Indonesia Bandung, Arum senang bisa aktif berorganisasi dan berkontribusi untuk orang lain.

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved