Raja Inggris Lulus SBMPTN dan Berkuliah di Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Sosoknya Pun Viral

"Dia juga rendah hati, makanya bisa masuk perguruan tinggi negeri seperti Unsil. Kami ikut bangga,"

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Raja Inggris, mahasiswa baru Universitas Siliwangi, Tasikmalaya 

RAJA Inggris ternyata benar-benar mewujudkan mimpinya menjadi mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. Keberadaannya sontak mengejutkan. Memang, tak seperti yang dikira. Tapi, benar, mahasiswa itu Raja Inggris.

Keberadaan Raja Inggris di Unsil Tasikmalaya pertama kali diungkapkan rektor universitas tersebut , Prof Dr H Rudi Priyadi, pada sidang senat terbuka, pelantikan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Senin (9/8).

"Saya mendapat informasi bahwa tahun ini Raja Inggris ikut kuliah di sini (Unsil Tasikmalaya, Red)," kata Rudi, yang membuat hadirin dibikin kaget.

Raja Inggris, mahasiswa baru Universitas Siliwangi, Tasikmalaya
Raja Inggris, mahasiswa baru Universitas Siliwangi, Tasikmalaya (Tribun Jabar/Firman Suryaman)

Namun, kekagetan seketika berubah menjadi senyuman, saat RektorĀ  kemudian menjelaskan bahwa Raja Inggris yang ia maksud adalah nama salah seorang mahasiswa baru yang tahun ini diterima di Unsil

"Ini menunjukkan kepercayaan begitu besar kepada kami, meski ini bukan King of England," ujar Rektor, yang kembali disambut senyum dan tawa hadirin.

Meski Raja Inggris di Unsil bukanlah King of England seperti yang langsung diungkapkan Rektor Unsil ketika mengumumkan keberadaannya di Unsil, informasi tentang adanya Raja Inggris di Unsil dengan cepat menyebar dan viral di media sosial.

Baca juga: Muhammad Yusuf Targetkan Kemiskinan di Kota Tasikmalaya Turun 10 Persen di Akhir Masa Jabatannya

Nama mahasiswa baru jurusan Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan itu tak hanya menjadi pembicaraan warga Unsil, tapi juga masyarakat Tasikmalaya.

Ditemui di rumahnya, Jalan Asrama Nyantong, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Kamis (12/8), Raja Inggris mengaku lahir di Tasikmalaya, 6 September 2001. Ia anak bungsu dari empat bersaudara, putra pasamngan Agus dan Jaenab Kalow (62).

"Saya memang dinamai oleh bapak saya Raja Inggris," kata Raja.

Baca juga: Mahasiswa yang Ingin Jadi Wartawan Ini dapat Jutaan Rupiah Sebulan Berkat Bisnis Ikan Cupang

Ayah Raja, yang pensiunan TNI sudah meninggal dunia. Sedangkan ibu kandungnya hingga kini masih bekerja, berjualan lotek di rumah mereka di Tawang.

Di lingkungan tempat tinggalnya Raja dikenal sebagai anak yang baik, suka bergaul dan pintar.

"Dia juga rendah hati, makanya bisa masuk perguruan tinggi negeri seperti Unsil. Kami ikut bangga," kata Yati (60), salah seorang tetangga Raja.

Baca juga: Maya Nabila Mahasiswi Program Doktor Termuda di ITB, Ingin Dirikan Sekolah Bagi Orang Kurang Mampu

Meski terbilang unik, Raja mengaku sangat bangga dengan nama pemberian ayahnya itu.

"Saya bangga walau terkadang jadi bahan guyonan teman-teman sekolah," ujar Raja.

Sejak kecil menyandang nama Raja Inggris, kata Raja, membuat dirinya mudah dikenal oleh siapa pun.

"Saya suka jadi pusat perhatian begitu diketahui bernama Raja. Baik dalam pergaulan sehari-hari, di sekolah mulai SD, SMP, SMK hingga sekarang di bangku kuliah," ujar Raja sambil tertawa.

Baca juga: Mahasiswi Cantik Ini Tak Malu Jualan Sale Pisang, Turun ke Kebun Mengambil Bahan Baku

Raja juga pernah menjadi pusat perhatian ketika menjadi Duta Anak mewakili Jabar dalam sebuah even perayaan anak tingkat nasional tahun 2019.

"Saat itu saya masih menjadi Ketua Forum Anak Kota Tasikmalaya dan kemudian terpilih jadi Duta Anak Jabar ke nasional. Mungkin salah satu penyebabnya karena nama saya," ujar Raja sedikit bercanda.

Raja mengaku tak pernah benar-benar tahu alasan ayahnya memberinya nama Raja Inggris.

"Penyebab beliau memberi nama saya Raja Inggris mungkin akan menjadi misteri yang tak akan pernah terungkap, sebab ayah sudah meninggal," ujar Raja.

Baca juga: Gadis yang Tinggal di Hutan Kaki Gunung Tangkuban Parahu Ini Bertekad Kuliah di Perguruan Tinggi

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
459 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved