Anthony Sinisuka Ginting, Sang Peraih Medali Perunggu Olimpiade Mengenal Bulutangkis dari Ayahnya

"Jadi memang lawannya yang pintar mengatur strategi atau Anthony yang kalah strategi, tapi ya inilah namanya permainan"

badmintonindonesia.org
Anthony Sinisuka Ginting 

PEBULUTANGKIS tunggal putra Indonesia asal Kota Cimahi, Anthony Sinisuka Ginting, sukses mempersembahkan medali perunggu bagi kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Hal ini membuat Indonesia mampu mencatatkan nama sebagai negara dengan tradisi peraih medali di cabor bulutangkis Olimpiade. Juga membanggakan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk keluarga dan warga di mana Anthony berasal.

Terkait raihan medali perunggu ini, Ibunda Anthony Ginting, Lucia, mengaku tidak pernah menyangkanya sama sekali. "Karena pada ujicoba saja dia kalah," ujar Lucia ketika ditemui Tribunjabar.id di rumahnya di kawasan Ciawitali Selatan, Kota Cimahi, Selasa (3/8).

Edison Ginting, ayah Anthony Ginting
Edison Ginting, ayah Anthony Ginting (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Menurut Lucia, keluarga tidak menargetkan yang muluk-muluk kepada Anthony Ginting mengingat ini adalah Olimpiade pertama yang diikuti Ginting. "Tadinya, masuk semifinal saja sudah cukup," katanya.

Oleh karena itulah, Lucia mengaku sangat bangga karena putra kebanggaannya itu di luar dugaan mampu meraih perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini menurutnya sudah merupakan pencapaian yang mengagumkan.

Baca juga: Eko Yuli Irawan, Pengembala Kambing yang 4 Kali Meraih Medali Olimpiade, Membanggakan Indonesia

Anthony sendiri  memiliki bakat yang sudah terlihat sejak ia mulai mengenal badminton pada usia taman kanak-kanak. Menurut Lucia, putranya sudah memperlihatkan antusiasme tinggi sejak pertamakali diperkenalkan dengan badminton oleh sang ayah, Edison Ginting.

"Waktu itu dibawa ke tempat badminton, saat TK, Anthony sudah langsung menyukainya," ujar Lucia. 

Menurut Lucia, Anthony adalah orang yang sangat penurut, ia juga memiliki kemauan keras jika memiliki keinginan.   "Ia anak yang sangat baik, terutama memang penurut sekali," katanya. 

Anthony nyaris bisa berlaga di Babak Final Olimpiade Tokyo 2020 jika tidak kalah dari pemain Cina di babak Semifinal. Terkait hal ini, ayah Anthony Ginting, Edison Ginting,  pun tak lepas mengamatinya

Baca juga: Windy Cantika Aisah, Mojang Bandung Peraih Medali Olimpiade Tokyo, Bupati & Gubernur Beri Hadiah

Menurut Edison, secara umum, permainan Anthony terlihat sudah baik dan ngotot. Hanya saja di babak Semifinal, pola main Anthony yang sebenarnya justru tidak keluar.

"Jadi memang lawannya yang pintar mengatur strategi atau Anthony yang kalah strategi, tapi ya inilah namanya permainan," kata Edison.

Anthony Sinisuka Ginting
Anthony Sinisuka Ginting (badmintonindonesia.org)

Edison menbgatakan bagi pemain profesional, teknik dan permainan sudah tidak perlu diragukan. Hanya faktor strategi dan mental sangat berperan menjadi penentu kemenangan.

Edison sendiri sangat bersyukur dengan raihan perunggu yang berhasil diraih putranya. Menurutnya itu merupakan sebuah pencapaian yang mengagumkan mengingat pada awalnya pihak keluarga sendiri tidak memberikan target besar kepada Anthony. (tribun jabar/kemal setia permana)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved