Persib Bandung

Bobotoh Tidak Akan Lupa Gol Sutiono Lamso ke Gawang Petrokimia, Kini Jadi Pelatih di Beberapa SSB

Sutiono Lamso bermain bersama Persib Bandung pada 1988 hingga 2000. Setelah pensiun menjadi pemain sepak bola, dia aktif menjadi pelatih

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Sutiono Lamso 

PERJALANAN Persib Bandung pada  1990-an tidak akan terlepas dengan nama Sutiono Lamso. Sutiono merupakan penyerang andalan Maung Bandung kala itu.

Bobotoh tak mungkin lupa gol Sutiono yang menjadi penentu kemenangan Persib Bandung atas Petrokimia di final Liga Indonesia 1994/1995 di Stadion Senayan, Jakarta.

Sutiono Lamso merupakan pemain lokal yang lahir di Purwokerto pada 19 Agustus 1966. Dia memulai karier sepak bola profesionalnya Produta FC Bandung pada 1988.

Sutiono Lamso
Sutiono Lamso (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Kariernya bersama Persib Bandung harus ia jalani terlebih dahulu bersama Persib B pada 1988. Penampilan pertamanya adalah ketika mengikuti ajang Piala Persija di Stadion Senayan.

Kala itu  tim yang mengikuti turnamen tersebut adalah Persija Jakarta, Persib B, PSIS Semarang, dan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Dadang Hidayat, Pemain yang Berawal dan Berakhir di Persib, Pillih Pensiun Dini Demi Regenerasi

Perjalanannya untuk masuk tim ini harus meniti jalan yang terjal bagi Sutiono. Dia mengaku kerap dimarahi senior jika banyak melakukan kesalahan.

Posisinya yang sedari dulu sudah menjadi striker ini harus bersaing ketat dengan para pemain  senior Persib seperti Ajat Sudrajat, Dedi Rosadi, dan Yusuf Bachtiar.

Baca juga: Momen Tidak Terlupakan Saat Melawan Persija di Stadion Siliwangi 2006, Abo Jadi Pahlawan Persib

Bermodalkan mental baja, dirinya tetap bertahan di Persib Bandung dan terus memoles kemampuannya untuk bisa masuk ke dalam tim inti Persib Bandung.

Pada 1989/1990 dirinya baru masuk ke dalam tim inti Persib Bandung dan berhasil memberikan penampilan yang memukau sehingga membawa Persib Bandung juara ketika final melawan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Pernah Jadi Idola bahkan Ikon Persib, Pernah Pula Dicaci Maki, Eka Ramdani Kini Fokus Keluarga

Dalam laga final yang diadakan di Stadion Senayan, Jakarta tersebut Persib Bandung dapat meraih gelar juara ketika menekuk lawannya Persebaya dengan skor 2-0.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved