Semula Eman Suherman Pegang Rp 5 Ribu untuk Beli Nasi Padang di Garut, Kini Punya Rp 100 Juta Lebih

"Waktu itu Mang Eman datang ke rumah makan kami, mengepal uang lima ribu rupiah. Saya lihat dagangannya masih utuh, dagang agar-agar,"

Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari
Elsa Amelia (kiri) menyerahkan uang sumbangan kepada Eman Suherman di Rumah Makan Padang Bungo Tanjung, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (30/7/2021) 

SETELAH viral di media sosial, seorang bapak penjual agar-agar di Garut yang kedapatan membeli nasi padang di Rumah Makan Padang Bungo Tanjung,  Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, dengan uang lima ribu rupiah akhirnya berbuah manis.

Pemilik akun Tik Tok @elsameliaa alias Elsa Amelia (19) mengaku sudah membuka donasi setelah video yang ia unggah viral. Elsa merupakan anak dari pemilik rumah makan padang tersebut.

Open donasi tersebut ia buka atas desakan dari netizen yang berkomentar di unggahannya itu dan berhasil mendapat donasi sebesar Rp 106.048.000.

Elsa Amelia (kiri) dan Eman Suherman di Rumah Makan Padang Bungo Tanjung, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (30/7/2021)
Elsa Amelia (kiri) dan Eman Suherman di Rumah Makan Padang Bungo Tanjung, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (30/7/2021) (Tribun Jabar/Sidqi Al Ghifari)

"Uang yang sudah terkumpul sebanyak seratus juta lebih, saya sangat kaget respon dari viewer luar biasa sekali," ujar Amel kepada Tribun, Jumat (30/7).

Amel menjelaskan bapak tersebut bernama Eman Suherman (46), warga sering memanggilnya Mang Eman, ia cukup dikenal di perkotaan Garut sebagai penjual agar-agar keliling.

Baca juga: KSM Al Falah Garut Ubah Sampah Menjadi Abu untuk Dibuat Paving Block, Berharap Ada Mesin Pencacah

"Waktu itu Mang Eman datang ke rumah makan kami, mengepal uang lima ribu rupiah. Saya lihat dagangannya masih utuh, dagang agar-agar," kata Amel.

Kemudian ia merekam kedatangan Mang Eman karena merasa iba, ia pun menggratiskan satu porsi nasi padang buat Mang Eman. Amel mengatakan video tersebut ia rekam dua hari sebelumnya dan baru diunggah pada Kamis (29/7) pukul 10.30.

Baca juga: Bisnis Batu Akik Masih Menjanjikan, Iwan Ridwan Rutin Jual Bongkahan Batu Akik Garut ke Mancanegara

"Setelah lima jam dikirim ke Tiktok dan membuka donasi, saya benar-benar kaget, uang yang terkumpul banyak sekali," ucapnya.

Video Tiktok yangmenunjukkan saat Eman Suherman membeli nasi padang dengan uang Rp 5.000
Video Tiktok yangmenunjukkan saat Eman Suherman membeli nasi padang dengan uang Rp 5.000 (dokumentasi Elsa Amelia)

Ia pun bergegas mencari alamat Mang Eman diketahui penjual agar-agar ini merupakan warga Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

"Ini saya sekarang sedang di bank, untuk mencetak mutasi uang yang masuk, nantinya mutasi itu akan saya update, untuk pertanggung jawaban saya ke para donatur di Tiktok," kata Amel.

Baca juga: Gadis Penjual Cilok yang Bercadar di Indramayu Ini Gemar Mengajar dan Ingin Melanjutkan Kuliah

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved