Momen Tidak Terlupakan Saat Melawan Persija di Stadion Siliwangi 2006, Abo Jadi Pahlawan Persib

Ivan Kolev yang kala itu menjadi pelatih tim nasional Indonesia melirik Zaenal Arief untuk ikut bergabung mengisi posisi striker

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Zaenal Arief saat dikerumuni para penggemarnya yang meminta tanda tangan 

SIAPA yang pecinta sepakbola Indonesia yang tidak mengenal nama Zaenal 'Abo' Arief yang selalu ditunggu gol-gol cantiknya menembus jala gawang lawan.

Pemain kelahiran Garut pada 3 Januari 1981 ini mengawali karir profesional sepak bolanya ketika membela Persigar Garut pada tahun 1997.

Kepiawaian dirinya memasukan bola ke gawang musuh membuat Persib Bandung tertarik untuk merekrut pemain asli Garut ini.

Zaenal Arief
Zaenal Arief (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Pada tahun 1998 Zaenal Arief resmi berseragamkan Persib Bandung dan membela tim kebanggan kota Bandung itu.

Namun Zaenal Arief yang baru saja mencicipi dunia profesional sepak bola itu tidak bisa memberikan hasil impresif bersama tim Maung Bandung dan mengakhiri kontraknya pada tahun 2000.

Baca juga: Pernah Jadi Idola bahkan Ikon Persib, Pernah Pula Dicaci Maki, Eka Ramdani Kini Fokus Keluarga

Setelah dua musim bersama Persib Bandung, Zaenal Arief melanjutkan karirnya bersama Persita Tangerang hingga tahun 2005.

Berseragamkan Persita Tangerang, Abo semakin mengasah kemampuannya sebagai striker ulung yang bertugas mencetak gol.

Zaenal Arief sebagai ASN di Kantor Dinas Pelayanan Pajak (Disnyanjak) Kota Bandung, Senin (12/6/2017) silam.
Zaenal Arief sebagai ASN di Kantor Dinas Pelayanan Pajak (Disnyanjak) Kota Bandung, Senin (12/6/2017) silam. (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

Kemampuan ini tercatat ketika dirinya berhasil melesatkan 44 gol dari 48 laganya bersama Persita Tangerang.

Torehan tersebut membuat Persita Tangerang mejuarai Diviai Utama dan membaw Persita Tangerang berhak berlaga di divisi sepak bola tertinggi Indonesia.

Baca juga: Djadjang Nurjaman Sosok yang Paling Sukses di Maung Bandung, Belum Ada yang Menyamai Prestasinya

Kemampuannya yang mengesankan itu tidak lepas dari peran pelatih legendaris Indonesia, Benny Dollo.

Tidak berhenti disana, Zaenal Arief berhasil membawa tim yang baru saja promosi ke Divis Utama ini bertengger di posisi runner up Divisi Utama Sepak Bola Indonsia pada tahun 2002.

Baca juga: Bek Persib Henhen Herdiana Pakai Sepatu Jahitan Sendiri Saat Bersekolah Sepak Bola  

Ketajaman Zaenal Arif bersama Persita pun membuat tim berjuluk Pendekar Cisadane ini meraih peringkat ketiga kejuaraan klub ASEAN pada tahun 2003.

Ivan Kolev yang kala itu menjadi pelatih tim nasional Indonesia melirik Zaenal Arief untuk ikut bergabung mengisi posisi striker untuk berlaga di Piala Tiger tahun 2002.

Mantan pemain Persib, Zaenal Arief mendampingi istrinya Mojang Wakil 2 Jawa Barat 2006, Gina Selviana Vera saat menunggu kontrol kesehatan ibu dan bayi pascamelahirkan anak keduanya di Rumah Sakit Melinda, Jalan Padjadjaran, Kota Bandung, Jumat (6/3/2015) silam.
Mantan pemain Persib, Zaenal Arief mendampingi istrinya Mojang Wakil 2 Jawa Barat 2006, Gina Selviana Vera saat menunggu kontrol kesehatan ibu dan bayi pascamelahirkan anak keduanya di Rumah Sakit Melinda, Jalan Padjadjaran, Kota Bandung, Jumat (6/3/2015) silam. (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Bergabungnya Zaenal Arief bersama timnasional Indonesia ini pun menunjukan hasil yang sangat memukau ketika dirinya mampu melesakan 14 gol dari 23 kali penampilannya bersama timnasional Indonesia.

Persib Bandung yang kala itu menjadi tim dambannya selama kecil akhirnya kembali melirik Zaenal Arief dan membawa Abo sekali lagi menggunakan jersey Pangeran Biru pada pertengahan musim 2006.

Baca juga: Indra Mustafa Punya Kemampuan Melempat Jauh ke Dalam dan Akurat, Bek Tengah Andalan Persib

Pada tahun pertamanya bersama Persib Bandung, Zaenal Arief langsung dipercayai menjadi starting line up.

Persib Bandung yang kala itu terancam akan terdegradasi, akhirnya bisa diselamatkan ketika lolos dari babak play-off.

Zaenal Arief
Zaenal Arief (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Pada tahun 2007, Persib Bandung memilik 3 striker murni yang dimana diisi oleh Bekamenga, Zenal Arief dan Redouanne Barkoui.

Belum berhenti disana, cobaan Zaenal Arief untuk bisa mengisi starting line up harus kembali bersaing dengan striker baru asal Brazil Hilton Moreira dan Rafael Bastos serta pemain muda berbakat Airlangga Sucipto pada musim 2008-2009.

Baca juga: Agung Mulyadi, Winger Muda yang Sedang Mengikuti Kursus Kepelatihan Lisensi C AFC

Pada tahun 2009 dirinya memutuskan untuk hengkang dari Persib Bandung karena ketatnya persaingan lini depan Persib Bandung kala itu serta cedera yang kerap menghampirinya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
432 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved