Sebelum Masuk Lapangan, Sujana Selalu Menempelkan Bola ke Kakinya Seraya Berdoa

Momen "balik bandung" itu terekam baik oleh para bobotoh yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di Stadion Siliwangi

persib.co.id
Sujana 

BOBOTOH yang mengikuti persepakbolaan Indonesia pada dekade 2000-an awal pasti tak asing dengan pemain Persib Bandung, Sujana. Kepiawaiannya memasukkan bola ke mulut gawang  menjadikan dirinya dijuluki oleh bobotoh sebagai Sujagol.

Karier Sujana bersama Persib Bandung ia mulai dari tahun 1998 hingga tahun 2003. Walaupun dijuluki Sujagol, Sujana tak luput dari cacian dan kritik oleh bobotoh ketika tidak mampu bermain maksimal atau Persib mendulang kekalahan.

Liga Indonesia VIII/2002 menjadi tahun yang paling berkesan bagi Sujana. Saat itulah ia semakin dikenal. Ia menjadi pemain paling produktif dan berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Persib dengan mengemas total delapan gol.

Sujana
Sujana (instagram@sujana)

Yaris Riyadi menjadi pemain yang mendekati prestasi Sujana dengan koleksi lima gol serta pemain berikutnya adalah Asep Dayat dengan raihan tiga gol.

Pada tahun itu pula satu momen yang tidak akan pernah terlupakan oleh bobotoh adalah ketika dirinya mencetak gol ke gawang rivalnya Persija Jakarta dengan cara yang sangat kontroversial yaitu dengan cara salto.

Baca juga: Bek Persib Henhen Herdiana Pakai Sepatu Jahitan Sendiri Saat Bersekolah Sepak Bola  

Momen "balik bandung" itu terekam baik oleh para bobotoh yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut di Stadion Siliwangi pada gelaran Liga Indonesia VIII/ 2002.

Pertandingan yang panas karena mempertemukan Persib Bandung dan Persija Jakarta mendadak ramai oleh sorak sorai oleh suara bobotoh ketika waktu baru menunjukan 8 menit.

Setelah mencetak gol dengan cara salto, Sujana berlari menuju sisi lapang untuk berselebrasi dengan memamerkan kaos dalamnya bertuliskan Jatira, sebuah gang kecil di Kota Bandung yang penuh kenangan baginya.

Baca juga: Indra Mustafa Punya Kemampuan Melempat Jauh ke Dalam dan Akurat, Bek Tengah Andalan Persib

Sayang, gol indah dari Sujana tak cukup membuat Persib Bandung membawa 3 poin setelah Budi Sudarsono membuat angka imbang pada menit ke-30.

Sujana ternyata memiliki kebiasaan unik sebelum pertandingan dimulai. Sebelum berlaga ia selalu menyempatkan waktu untuk pergi ke toilet untuk merokok dan memikirkan bagaimana ia mencetak gol di laga yang akan segera berlangsung.

Baca juga: Pensiun dari Persib, Airlangga Sucipto Berbisnis Merchandise Bandoeng FC, Pelanggannya Banyak

Selain itu, ia juga memiliki ritual khusus sebelum masuk ke dalam lapangan yaitu dengan menempelkan bola ke kakinya seraya berdoa agar di pertandingan itu dirinya dapat mencetak angka.

Tahun 2003, Sujana pindah ke klub PKT Bontang. Setelah pensiun pada 2012, Sujana berkiprah menjadi pelatih sepak bola dan merangkap menjadi ASN.

Baca juga: Aqil Savik, Rekor Kiper Persib Bandung Senior yang Termuda

Menjadi pelatih pun Sujana tak kalah gemilang ketika dirinya masih berperan menjadi pemain. Dirinya berhasil membawa SSB Saswco U-15 berlaga di turnamen Nike Premier Cup 2016.

Sujana masih aktif memantau perkembangan Persib Bandung dan ia berharap Persib Bandung dapat bermain baik dan maksimal di Liga 1 yang akan datang. (Tribun Jabar/Fakhri Fadlurrohman)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved