Mojang Sumedang Bukan Sekadar Urusan Mahkota, Melly Mellyana Pilih Belajar di Tiongkok

"Ini pertama kali coba ikut kompetisi dan menang. Saya memang ingin ikut sejak 2020, tapi baru ada di Sumedang tahun ini, lalu coba ikutan"

dokumentasi Melly Mellyani
Melly Mellyani 

BERPENAMPILAN menarik, pintar, dan senang mengembangkan diri sejak muda cocok untuk menggambarkan sosok Melly Mellyana. Mojang asal Sumedang itu sedang sibuk menempuh pendidikan.

Setelah meraih titel sarjana dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sebelas April Sumedang, Melly kuliah magister di International Business, University of International Business and Economics (UIBE), Beijing, Tiongkok.

Ia juga sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi Mojang Pinilih Jawa Barat 2021. Pada April lalu, Melly ikut kompetisi Mojang Pinilih Kabupaten Sumedang.

"Ini pertama kali coba ikut kompetisi dan menang. Saya memang ingin ikut sejak 2020, tapi baru ada di Sumedang tahun ini, lalu coba ikutan," ujarnya ketika dihubungi, Jumat (23/7/2021).

Melly Mellyani
Melly Mellyani (dokumentasi Melly Mellyani)

Di setiap kompetisi, Melly selalu mengakui kelebihan kontestan lain. Bahkan, menurutnya, beberapa kontestan dari kota dan kabupaten lain lebih berpengalaman daripadanya.

"Ada yang sudah pernah ikut Miss Earth, ada yang menjadi protokoler Jabar. Semua finalis ini menjadi anutan saya," kata mojang berusia 24 tahun tersebut.

Baca juga: Anak Pasangan Buruh Tani di Indramayu Ini Raih Beasiswa Kuliah di Cina, Kisahnya Memotivasi

Meski harus berhadapan dengan kontestan yang lebih berpengalaman, perempuan kelahiran Sumedang, 11 Mei 1997, itu tetap percaya diri karena tahu kelebihannya sendiri.

"Kalau saya menang, saya ingin mempromosikan budaya dan pariwisata Jabar, tak hanya di tingkat nasional, tapi juga sampai ke internasional,” ujarnya.

Baca juga: Djauhari Oratmangun: Jika Dulu Teman, Sekarang Jadi Bersahabat dengan Cina

Melly memang tak mengharapkan hasil kerjanya langsung terlihat. “Saya ingin mengundang rasa ingin tahu orang-orang untuk melihat negeri ini, supaya setelah pandemi, mereka datang ke Indonesia," katanya.

Melly, yang tinggal di Kabupaten Sumedang, mengatakan pemilihan Mojang Jajaka (Moka) bukan sekadar urusan mahkota, melainkan juga tentang totalitas untuk bisa membawa nama Moka Sumedang dan Moka Jawa Barat ke kancah global.

Melly Mellyani
Melly Mellyani (dokumentasi Melly Mellyani)
Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved