Windy Cantika Aisah, Mojang Bandung Peraih Medali Olimpiade Tokyo, Bupati & Gubernur Beri Hadiah

Rasanya nervous karena angkatan dengan rival lainnya hanya beda tipis. Terutama saat angkatan snatch, tetapi saya berusaha tetap tenang

AFP/Tribunnews
Windy Cantika Aisah 

KONTINGEN Indonesia meraih medali pertama Olimpiade 2020 di Tokyo, Sabtu (24/7/2021). Medali berupa perunggu  itu dipersembahkan lifter angkat besi asal Kabupaten Bandung Windy Cantika Aisah.

Mojang Bandung ini bertanding di kelas 49 kg. Dia berhasil mencatat angkatan 84 kilogram di angkatan snatch dan 110 kg di  clean and jerk . Total angkatan Cantika, panggilan Windy Cantika Aisah, mencapai 194 kg.

Medali emas diraih lifter Cina, Hou Zhihui yang mencatat total angkatan 210 kg. Perak diraih lifter India, Mirabai Chanu yang mencatat total angkatan 202 kg.

“Alhamdulilah senang sekali bisa mempersembahkan medali untuk Indonesia. Rasanya nervous karena angkatan dengan rival lainnya hanya beda tipis. Terutama saat angkatan snatch, tetapi saya berusaha tetap tenang karena saat di panggung itu kan sebenarnya cuma ada atlet dan barbel saja,” kata Cantika dalam keterangan resminya setelah laga.

Windy Cantika Aisah
Windy Cantika Aisah (KBRI Tokyo)

Menurut ibunda Cantika, Siti Aisah, Cantika sempat menghubunginya lewat video call setelah selesai pertandingan.

"Cuma mengucapkan, ‘Mah, terima kasih doa dan dukungannya buat saya, saya hanya bisa menyumbangkan rangking ketiga buat Mamah dan Papah dan buat rakyat Indonesia’.  Video call-nya  hanya sebentar karena Cantika akan ditelepon oleh Menpora," kata Siti dikutip dari wawancara TVRI dalam acara khusus Olimpiade, Sabtu (24/7).

Baca juga: Aprilia Manganang Bahagia Menjadi Laki-laki, Mantan Atlet Voli Putri Ini Jalani Bedah Korektif

Siti Aisah yang mantan lifter nasional ini sangat bangga akan prestasi anaknya. Dia juga tak menyangka Cantika bisa meraih medali di Olimpiade.

“Ikut olimpiade saja buat kami sudah bersyukur. Saya tidak menyangka Cantika bisa meraih medali. Yang bertanding di olimpiade, kan, atlet-atlet pilihan,” kata Siti.

Baca juga: Atlet Muda Tarung Derajat Berprestasi yang Tergerak Jadi Relawan Palang Merah

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada Cantika yang telah meraih medali. “Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat,” dalam akun resmi twitter miliknya.

Dalam cuitannya, Joko Widodo, mem-posting foto  Cantika  yang baru saja menerima medali perunggu di Hall Tokyo International Forum,  3 Chome-5-1 Marunouchi, Chiyoda City, Tokyo.

Baca juga: Rhyma Permatasari Lakukan Bebersih Alam untuk Tenangkan Diri dan Bikin Program Pemberdayan Perempuan

Ucapan selamat juga disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si. Amali langsung mengontak Cantika lewat video call. Dia mengucapkan selamat setelah Cantika menerima medali.

"Saya sudah video call dengan Pak Dirdja dan Pak Rosan (CDM/Ketum PABSI) dan Windy. Alhamdulillah (meraih medali perunggu)," kata Menpora Amali dikutip dari laman kemenpora.go.id, Sabtu (24/7).

Baca juga: Yanti Lidiati Rela Habiskan Waktu dan Tenaga untuk Berdayakan Perempuan di Desa Lampegan, Bandung

Bupati Bandung, Dadang Supriatna, pun mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Cantika.

 "Sangat bahagia atlet  Kabupaten Bandung yang sekarang ikut olimpiade bisa berprestasi  dan meraih medali perunggu," ujarnya saat di temui usia meninjau lokasi gedung isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di Wisma atlet si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (24/7/2021).

Tak hanya Bupati, Pemda Provinsi Jawa Barat juga akan memberikan uang kadeudeuh bagi   Windy Cantika Aisah yang berhasil meraih perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020 yang saat ini sedang berlangsung.

Baca juga: Gea: Menangis Tak Membuat Masalah Hilang, Perempuan Tetap Harus Meraih Mimpi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga memberikan ucapan selamat melalui postingan di akun Instagramnya begitu media memberitakannya kemarin. Minggu (25/7/2021) siang, Kang Emil berbicara langsung dengan Windy via live Instagram.

Windy Cantika Aisah
Windy Cantika Aisah (AFP/Tribunnews)

“Geulis, bageur, Srikandi Indonesia yang telah berprestasi. Terima kasih sudah membanggakan Indonesia dan Jabar. Perjalanan masih panjang tetap semangat,” ujar Kang Emil.

Menurutnya, apa yang dilakukan Windy menjadi suntikan semangat bagi bangsa Indonesia khususnya warga Jawa Barat yang saat ini masih berjuang mengalahkan pandemi COVID-19.  

Baca juga: Perempuan Bisa Mandiri dengan Memulai Usaha

“Kadeudeuhnya ditabung, diawet-awet. Supaya nanti kalau sudah masuk masa tua, fisik sudah tidak memungkinkan, uangnya bisa membantu, diinvestasikan,” katanya.

 Sempat Ragu

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
421 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved