Indra Mustafa Punya Kemampuan Melempat Jauh ke Dalam dan Akurat, Bek Tengah Andalan Persib

Sepanjang musim, Indra bermain sebanyak 10 kali. Debut pertamanya di tim senior adalah saat menghadapi Mitra Kukar di Stadion GBLA.

Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha
Indra Mustafa 

DALAM beberapa tahun terakhir, Persib Bandung seolah tidak memberi tempat kepada bek tengah hasil binaan sendiri. Bek tengah selalu dihuni oleh para pemain asing atau pemain yang berasal dari luar Bandung dan Jawa Barat.

Padahal dalam sejarahnya, tim berjuluk Maung Bandung itu selalu memiliki bek tengah andalan yang berasal dari hasil binaan sendiri. Mulai dari Adeng Hudaya, Robby Darwis, Yadi Mulyadi, dan Dadang Hidayat.

Kini harapan untuk memiliki bek tengah tangguh yang berasal dari Diklat Persib ada di beberapa pemain muda. Satu di antaranya adalah pemain asal Bogor, Indra Mustafa.

Indra Mustafa
Indra Mustafa (Tribunnews)

Pemain yang lahir pada 22 Juni 1999 itu mencuri perhatian kala naik ke tim senior pada musim 2018. Ketika itu, Indra dipromosikan oleh pelatih Mario Gomez setelah beberapa tahun menimba ilmu di Persib junior.

Indra mulai masuk ke Diklat Persib pada tahun 2016. Di tim muda Persib, Indra kerap di tempatkan sebagai bek sayap kanan dan bek tengah. 

Baca juga: Pensiun dari Persib, Airlangga Sucipto Berbisnis Merchandise Bandoeng FC, Pelanggannya Banyak

Pada ajang Liga 1 U-19 2017, Indra hampir membawa Persib U-19 juara. Namun sayang, di partai final Persib U-19 harus menelan kekalahan dari Persipura Jayapura U-19.

Lalu satu musim setelahnya, Indra mendapat kesempatan untuk berlatih bersama tim utama. Dia kerap kali diikutsertakan pada saat Persib menggelar pemusatan latihan maupun uji coba.

Baca juga: Menurut Peneliti Sejarah, Persib Lahir di Bandung pada Tahun 1934 Bukan 1933

Gomez yang kala itu membutuhkan back up untuk duet Bojan Malisic dan Victor Igbonefo menarik Indra ke tim utama. Sejak saat itu, nama Indra mulai dikenal oleh publik sepak bola Indonesia.

Pada Liga 1 2018, Indra tampil cukup impresif sebagai pemain debutan. Sepanjang musim, Indra bermain sebanyak 10 kali. Debut pertamanya di tim senior adalah saat menghadapi Mitra Kukar di Stadion GBLA.

Indra Mustafa (kanan) saat berduel dengan pemain PS Tira Persikabo
Indra Mustafa (kanan) saat berduel dengan pemain PS Tira Persikabo (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Berkat penampilan impresifnya itu, Indra mendapat kesempatan untuk membela Timnas Indonesia U-19. Dia bergabung dengan tim asuhan Indra Sjafri itu dalam pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah.

Hanya saja, jalan Indra untuk bermain bersama Timnas U-19 tidak selalu mulus. Pada pemusatan latihan kedua untuk menghadapi Piala AFF U-18, namanya tidak tercantum.

Baca juga: Robert Rene Alberts: Kami Hidup dengan Gaji Hanya 25 persen Tapi Tetap Dukung Manajemen Persib

Tercoretnya Indra pada daftar itu membuat motivasinya terus bertambah. Dia terus menunjukan kemampuan terbaiknya bersama Persib hingga panggilan Timnas kembali datang.

Pada pemusatan latihan Timnas U-19 menuju AFC Championship U-19, Indra kembali dipanggil. Bahkan Indra masuk ke skuat akhir tim asuhan Indra Sjafri itu untuk berlaga di ajan Championship.

Indra Mustafa
Indra Mustafa (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

Sejak saat itu, Indra dinilai sudah siap untuk menjadi bek tengah andalan Persib. Apalagi Indra memiliki kemampuan yang jarang dimiliki pemain lain yakni lemparan ke dalam yang jauh dan akurat.

Namun performa Indra tidak lepas dari kritikan. Meski cukup banyak tampil, Indra dinilai bermain tidak terlalu bagus. Bahkan ada beberapa gol yang berasal dari kesalahan Indra dalam mengantisipasi serangan lawan.

Baca juga: Pemain Asal Brazil Ini Sukses Berkiprah di Vietnam, Bobotoh Nantikan Aksi Wander Luiz Bersama Persib

Memasuki musim 2019, nama Indra masih tercantum di skuat Persib yang kini dilatih oleh Robert Alberts. Namun pelatih asal Belanda itu tampaknya masih belum percaya sepenuhnya terhadap Indra.

Di musim 2019, Indra hanya tampil sebanyak enam kali. Di putaran kedua, Indra pun dipinjamkan ke klub satelit Persib yang saat itu berlaga di Liga 2, Bandung United.

Baca juga: Sembuh dari Cedera Lutut, Esteban Gabriel Vizcarra Berharap Bisa Antarkan Persib Juara Musim Ini

Karier Indra semakin merosot kala memasuki musim 2020. Indra tak masuk skuat utama Persib dan tetap bertahan di Bandung United yang kini berkompetisi di Liga 3.

Di Liga 1 2021, harapan Indra untuk kembali ke tim utama Persib kembali hadir. Dia mulai ikut berlatih kembali dengan Nick Kuipers dan kawan-kawan. Namanya pun sempat bermain dalam gim internal maupun uji coba.

Aksi Indra Mustafa saat mengadang pemain lawan
Aksi Indra Mustafa saat mengadang pemain lawan (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Meski kini peluang Indra untuk bermain dengan tim utama terhitung berat, namun dengan kerja keras dan komitmen yang tinggi tidak ada yang tidak mungkin.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Dengan segudang pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, bukan tidak mungkin Indra menyamai bahkan melebihi prestasi para seniornya seperti Adeng Hudaya, Dadang Hidayat, atau Robby Darwis sekalipun. (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
420 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved