Profesor Edi Setiadi Kembali Terpilih Menjadi Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba)

"Universitas ini lahir dari rahim para pemimpin umat melalui sebuah pergulatan ijtihad mewujudkan Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin"

Tribun Jabar/Cipta Permana
Prof Edi Setiadi menandatangani Pakta Integritas sebagai Rektor Unisba periode 2021-2025, disaksikan Ketua Badan Yayasan Unisba dan Pejabat Baru, Prof Dr KH Miftah Faridl di Aula Unisba, Jumat (23/7/2021) 

PROFESOR Dr H Edi Setiadi SH MH terpilih sebagai Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) masa bakti 2021-2025. Dengan terpilihnya kembali Prof Edi sebagai Rektor ini menjadi periode kedua untuk melanjutkan amanah sebagai orang nomor satu di kampus berlogo Ka'bah tersebut, setelah sebelumnya ia menjabat Rektor pada periode 2017-2021.

Ketua pelaksana pemilihan rektor masa bakti 2021-2025, Asep Ramdan Hidayat mengatakan, terpilihnya kembali Prof Edi Setiadi berdasarkan hasil perhitungan surat suara pemilihan Rektor tahap nominasi masa bakti 2021-2025, yang diselenggarakan di Aula Unisba dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta disiarkan melalui Zoom Meeting pada Jumat (26/3/2021) lalu.

Dari hasil perhitungan surat suara tersebut, pria yang lahir di Tasikmalaya, 10 November 1959 ini berhasil meraih suara di atas 20 persen sesuai dengan tata tertib yang telah dibuat.

Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), Prof Dr H Edi Setiadi SH MH
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), Prof Dr H Edi Setiadi SH MH (Unisba.Ac.id)

Edi yang alumni Unisba itu kini menjadi Guru Besar Fakultas Hukum dengan sederet jabatan stategis yang telah dipegangnya di Unisba, diantaranya sebagai Wakil Rektor dan Ketua LPPM Unisba.

"Berdasarkan hasil perhitungan suara menunjukkan, Prof Edi memperoleh sebanyak 263 suara atau sekitar 52,7 persen dari 499 suara yang masuk. Sedangkan, bakal calon lainnya, tidak ada yang memenuhi suara minimal 20 persen sehingga diputuskan hanya ada satu calon (tunggal) yang bisa mengikuti tahap selanjutnya," ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (23/7/2021)

Baca juga: Profesor Zullies Ikawati:  Interaksi Obat Tidak Selalu Berkonotasi Negatif

Keterpilihan Prof Edi pun berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang masuk dan berasal dari jumlah dosen di Unisba, terdiri dari Fakultas Syariah (36 suara), Dakwah (17 suara), Tarbiyah dan Keguruan (24 suara), Hukum (45 suara), Psikologi (40 suara), FMIPA (60 suara), Teknik (65 suara), Ilmu Komunikasi (55 suara), Ekonomi & Bisnis (63 suara), dan Fakultas Kedokteran (94 suara).

"Dari keseluruhan data tersebut, terdapat 33 suara yang tidak sah dan 16 suara abstain. Adapun pemungutan suara yang dilaksanakan masing-masing fakultas dilaksanakan 15-25 Maret 2021," ucapnya.

Baca juga: Profesor Ofyar Z Tamin Berpulang, Jasanya Besar Bagi Penellitian & Pengembangan Transportasi

Ketua Badan Yayasan Unisba dan Pejabat Baru Prof Dr KH Miftah Faridl berharap, Prof Edi dapat melanjutkan program-program yang telah baik untuk dilakukan dan rencana program yang lebih baik dalam rangka membangun Unisba sebagai perguruan tinggi terbaik berskala regional, nasional, bahkan internasional, dengan berlandaskan penguatan akademik dan penerapan agama Islam yang menjadi ciri dan marwah Unisba.

Rektor Unisba, Prof Edi Setiadi mengetuk palu saat membuka wisuda daring Unisba, Februari 2021
Rektor Unisba, Prof Edi Setiadi mengetuk palu saat membuka wisuda daring Unisba, Februari 2021 (dokumentasi Unisba)

Menurutnya, Prof Edi merupakan sosok pemimpin yang akademisi dan seorang ideolog, karena akan membawa perahu besar yang sekarang semakin besar yang sangat sarat muatan ideologi.

Baca juga: Kenny Dewi: Ibu Adalah Guru Pertama bagi Anak

"Universitas ini lahir dari rahim para pemimpin umat melalui sebuah pergulatan ijtihad mewujudkan Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, maka hal inilah yang perlu terus dipertahankan oleh Unisba, melalui para pemimpinnya," katanya. (Tribun Jabar/Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved