Ardi Maulana Alias Dudung Bertekad Terus Belajar dari Para Pemain Senior Maung Bandung

Ya paling Dudung ingin lihat gaya main Persib gimana, cara main pemain tengah gimana, kaya A Aziz, A Dado gimana

persib.co.id
Ardi Maulana 

BERBICARA soal talenta, Persib Bandung tidak pernah kehabisan pemain. Setiap tahun, selalu ada pemain yang memiliki potensi untuk menjadi tulang punggung tim di masa depan.

Salah satu talenta Persib yang menjanjikan adalah Ardi Maulana. Pemain berposisi gelandang Persib, kelahiran Bandung, 25 Februari 2001 itu dipromosikan oleh pelatih Persib, Robert Alberts pada musim lalu.

Dipromosikannya pemain yang akrab disapa Dudung itu tentu dengan alasan kuat. Dia memiliki karir cemerlang ketika masih bermain di Persib junior.

Ardi Maulana
Pemain Persib U-19, Ardi Maulana, menjalani sesi latihan bersama tim senior Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).(persib.co.id)

Dudung merupakan bagian dari skuat Persib U-16 ketika berhasil menjadi juara Elite Pro Academy (EPA) PSSI U-16 pada tahun 2018. Bukan hanya gelar juara, Dudung sukses menyabet gelar pemain terbaik pada ajang tersebut.

Berkat prestasinya itu, banyak pihak yang menilai bahwa Dudung akan menjadi bintang masa depan Persib. Gaya permainannya pun disebut-sebut mirip dengan seniornya di Persib, Eka Ramdani dan Dedi Kusnandar.

Baca juga: Aqil Savik, Rekor Kiper Persib Bandung Senior yang Termuda

Setelah sukses di Persib U-16, pemain yang mengidolakan Andres Iniesta dan Abdul Aziz ini naik kelas ke tim U-19 dan U-20. Di sana, Ardi tampil cukup menonjol. Dia mampu menjadi jendral lapangan tengah Persib junior.

Tak perlu waktu lama bagi Dudung untuk naik ke tim senior. Pada Liga 1 2020, PSSI sempat mengeluarkan aturan yang mewajibkan klub mendaftarkan pemain di bawah usia 20 tahun.

Ardi Maulana saat berlatih bersama tim senior Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api, akhir 2020 lalu
Ardi Maulana saat berlatih bersama tim senior Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api, akhir 2020 lalu (kompas.com)

Ketika itu, Robert menyeleksi tiga pemain Persib U-20 yang salah satunya adalah Dudung. Pemain yang memiliki tinggi 170 cm itu seleksi bersama Ravil Shandyka dan Saiful.

Saat pertama kali mengikuti latihan bersama tim senior, Agustus 2020, Dudung mengaku senang sekaligus bangga. Kendati kala itu statusnya masih pemain seleksi, dia senang karena cita-citanya bermain untuk tim senior bisa tercapai.

Baca juga: Pemain Asal Brazil Ini Sukses Berkiprah di Vietnam, Bobotoh Nantikan Aksi Wander Luiz Bersama Persib

"Perasaanya bangga, terus kesempatan emas gitu buat Dudung, orang lain belum tentu bisa. Motivasinya ya orang tua yang selalu mendukung," ujar Dudung.

Setelah beberapa kali mengikuti latihan, Dudung mulai bisa berbaur dan beradaptasi dengan para pemain senior. Bahkan dia diturunkan saat Persib beruji coba dengan Tira Persikabo.

Baca juga: Daya Ledak dan Kerja Keras Frets Listanto Butuan Menjadi Harapan Persib di Liga I

Sukses membuat Robert terkesan, Dudung akhirnya mendapat kontrak dari Persib. Bersama Ravil dan Saiful, Ardi resmi berseragam Persib untuk Liga 1.

"Target sih engga, cuma ya Dudung proses latihan saja. Ya paling Dudung ingin lihat gaya main Persib gimana, cara main pemain tengah gimana, kaya A Aziz, A Dado gimana, jadi proses belajar," kata Ardi usai dikontrak oleh Persib.

Dua pemain U-20 Ravil Shandyka (kiri) dan Ardi Maulana saat mengikuti latihan bersama Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).
Dua pemain U-20 Ravil Shandyka (kiri) dan Ardi Maulana saat mengikuti latihan bersama Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020). (persib.co.id)

Saat ini, Ardi masih ada di skuat Persib yang akan menghadapi Liga 1 2021. Namun Ardi perlu kerja keras agar mendapat kesempatan bermain di musim ini.

Pasalnya, lini tengah Persib kini dihuni oleh para pemain berkualitas. Mulai dari Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Gian Zola, Marc Klok, hingga gelandang asing yang baru direkrut, Mohammed Rashid.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Dengan banyaknya pemain di posisi yang sama tentu tidak akan mudah bagi Ardi mendapat kesempatan bermain. Namun dengan kerja keras dan konsistensi, tak ada yang mustahil bagi Ardi mendapat tempat di skuat ini Persib. (tribun jabar/ferdyan adhy mugraha)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved