Kisah Detektif Swasta, Jane yang Punya Spesialis Kasus Perselingkuhan. Fee-nya Bisa Dua Digit

Pertama degdegan pasti. Tapi sekarang sudah enjoy. Satu kasus itu ada tim. Biasa kalau saya jalani sih, per tim itu empat orang

Tribun Jakarta/Satrio
Jane 

SUDAH tujuh tahun Jane (34) menjalani berprofesi sebagai detektif swasta. Selama itu pula ia bergabung di Detektifangel.com. Spesialisasinya unik. Ia menangani aduan kasus perselingkuhan, bukan saja masyarakat biasa, tapi juga para artis terkenal dan pejabat.

Sesekali dia harus mengalami dilema ketika mengusut kasus perselingkuhan, yang ternyata targetnya adalah orang dekat. Akhirnya, Jane punĀ  menginformasikan perihal kasusnya itu kepada atasannya, untuk melakukan hal-hal yang dianggap perlu.

Jane mengaku, hubungan komunikasinya dengan atasan terbilang cair dan lancar. Uniknya, sekalipun sudah tujuh tahun bekerja bersama, Jane mengaku tak mengetahui sosok atasannya itu. Namun, yang pasti, menurut Jane, atasannya sangat berwibawa, tegas, dan dia adalah perempuan yang terbilang masih muda.

Berikut wawancara Staf Direksi Tribun Network, Hasanah Samhudi dan Manager Tribun Network, Rachmat Hidayat dengan Jane, Rabu (14/7).

Jane
Jane (Tribun Jakarta/Satrio)

Sejak kapan dan terinspirasi dari mana menekuni profesi ini?

Dari tahun 2014 pertengahan. Saya memang tertarik. Suka pekerjaan yang banyak tantangannya. Pertama memang saya tidak tahu kalau di Indonesia ada. Sampai saya sering baca-baca artikel detektif. Ternyata detektif swasta ada. Detektifangel.com. Saya tes, benar ada. Pimpinannya sesuai dengan nama web-nya, Angel.

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi detektif swasta?

Banyak persyaratannya. Kayak pelatihan, ada di lapangan juga. Itu sekitar tiga bulan baru dilepas. Pertama syaratnya harus mahir bela diri, bahasa, bawa kendaraan, kalau pesawat tidak, tapi kendaraan roda dua, roda empat. Standar investigasi. Operasional peralatan itu sudah dari Angel menyediakan. Kalau ada investigasi yang butuh peralatan, itu dikeluarkan. Bahasa satu bahasa. Bela dirinya saya taekwondo.

Baca juga: Berhenti Jadi Karyawan di Perusahaan Swasta, Nendi Suhendar Sukses dalam Bisnis Budi Daya Ikan Koi

Sebelumnya profesi apa?

Sebelumnya saya pegawai swasta. Tapi karena ada kondisi jenuh, monoton. Di ruangan ber-AC. Ingin suasana baru. Saya senang pekerjaan yang menantang. Dibanding stay di tempat. Saya browsing dan ternyata ada pekerjaan detektif swasta. Itu langsung praktik di lapangan ada seniornya yang membimbing saya untuk caranya seperti apa. Memantau, melihat gerak-gerik senior-senior saya yang kerja. Dilepas setelah 3 bulan.

Kasus terakhir yang dipecahkan?

Kasus perselingkuhan. Dua hari yang lalu, itu selesai satu hari. Memang pas hokinya, kita following, investigasi di lapangan, pas bertemu selingkuhannya. Yang selingkuh laki-laki, klien saya perempuan.

Saya ngikuti, duduk di samping. Bukti foto dan video real time.

Baca juga: Bisnis Jasa Titip Sepi Selama Pandemi, Zara El Maulida Sukses Jadi Pengusaha Camilan Buah Kering

Bagaimana supaya tidak ketahuan?

Kalau untuk kasus kemarin, kita ikuti saja target pergi. Entah janjian sama teman atau selingkuhan, kita ambil bukti kontak fisik mesra. Itu semua ada rekaman buktinya.

Sejak 2014 sudah berapa kasus?

Lebih dari ratusan. Kebanyakan selingkuh.

Selalu lapor?

Iya. Dalam setiap pergerakan semua agen atau tim di lapangan kita harus interaksi dengan Angel. Jadi tidak lepas dalam pemantauan.

Selain kasus selingkuh, kasus apa yang kerap ditangani?

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved