PKS Kehilangan Ustaz Tate Qomaruddin, Politisi Andal yang Nasihatnya Dinantikan

Berkarier sebagai politisi, ia juga sempat duduk di kursi anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS selama tiga periode dari 2004-2019.

instagram/PKSbandung
Tate Qomaruddin 

H TATE Qomaruddin, mantan Ketua DPW PKS Jabar ini meninggal dunia pada Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 05.15 WIB di RS Edelweiss Kota Bandung.

Ucapan duka cita pun terlihat di akun Instagram PKS Bandung. "Innalillahii wa innailaihi raajiuun.. Innalillahii wa innailaihi raajiuun..Innalillahii wa innailaihi raajiuun..

Kehilangan yang begitu mendalam bagi kita semua, seorang ulama, guru, sekaligus pendidik bagi kita semua. Selamat jalan, Ustaz. Nasihat-nasihat dari mu akan selalu terngiang dalam benak kami."

Ustaz Tate Qomaruddin ini memang seorang pendakwah sekaligus politisi kawakan.

Tate Qomaruddin
Tate Qomaruddin (PKS)

Sepak terjangnya di politik tidak sembarangan, ia sempat menempati posisi strategis di partainya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Melansir dari berbagai sumber, pria kelahiran Tasikmalaya pada 24 Januari 1965 ini pernah menangani Bidang Pembinaan Kader DPW Partai Keadilan Jawa Barat.

Baca juga: Ini Profil Ahmad Syaikhu Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang Baru Terpilih

Kemudian, ia juga menangani Bidang Pembinaan Kader DPW Partai Keadilan Sejahtera Jawa Barat.

Setelah itu, ia pernah menjadi Sekretaris Dewan Syari’ah Wilayah (DSW) Partai Keadilan Sejahtera Jawa Barat. Lalu, Tate  pun sempat menduduki posisi Ketua DPW PKS Jawa Barat pda 2010-2015.

Ia juga tercatat sebagai Ketua DPP Bidang Wilayah Dakwah Banten-Jakarta-Jabar mulai dari 2015-hingga 2020.

Baca juga: Ini Sosok Desy Ratnasari Ketua DPW PAN Jabar, Ia Janji Beri Kesempatan Wanita Berkarier Politik

Berkarier sebagai politisi, ia juga sempat duduk di kursi anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS selama tiga periode dari 2004-2019.

Sebelum aktif di politik ia sempat bekerja di bidang Jurnalistik.

Tate Qomaruddin pernah bekerja di sejumlah media cetak majalah. Ia pernah menjadi staf redaksi Majalah Ummi hingga Majalah Saksi di Jakarta.

Kemudian, ia juga tercatat sebagai kontributor Majalah Percikan Iman Bandung. Kemudian, Tate Qomaruddin juga tercantum memiliki riwayat kegiatan berdakwah.

Baca juga: Syaiful Huda Kembali Terpilih Menjadi Ketua DPW PKB Jabar, Gaungkan Suasana Pesantren di Jabar

Dalam informasi di dunia maya, ia tercatat sempat melakukan kegiatan dakwah. Ia pernah mengisi ceramah, seminar, khutbah, Kajian Islam Intensif dalam program Safari Dakwah di Jerman, Belanda, Inggris, Prancis pada 1995.

Kemudian, ia juga mengisi kegiatan-kegiatan serupa di Australia yaitu di Sydney, Melbourne, dan Canberra, pada 1999-2000.

Kemudian, ia juga kerap menjadi narasumber di berbagai kampus, instansi, masjid, majlis taklim di berbagai kota di Indonesia.

Selain itu, ia juga sempat menjadi narasumber di beberapa media massa. Misalnya, menjadi narasumber pada radio MQ-FM dan BNR-FM Bandung hingga mengisi program kajian Islam TVRI Jabar Banten.

 Tate Qomaruddin juga sempat menulis sejumlah buku. (tribun jabar/Widia Lestari)  

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved