Persib Bandung

Victor Igbonefo Bertekad Membawa Maung Bandung Melanjutkan Tradisi Juara

"Dari turnamen aku dipinang salah satu klub profesional terbaik. Salah satu tim yang banyak mengorbitkan banyak pemain muda potensial.

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Bek Persib, Victor Chukwuekezie Igbonefo 

PEMAIN bertahan Persib Bandung, Victor Chukwuekezie Igbonefo sudah memasuki usia 35 tahun. Namun berbicara kemampuan, dia masih menjadi salah satu bek terbaik yang beredar di sepak bola Indonesia.

Igbonefo lahir di Enugu, Nigeria, 10 Oktober 1985. Dia memulai perjalanan sepak bola nya di Nigerdock Soccer Academy. Di sana, Igbonefo berharap bisa berkarier di Benua Eropa.

Namun dia harus mengubur mimpinya dalam-dalam setelah gagal lolos untuk berangkat ke Eropa. Kegagalan tersebut sempat membawa Igbonefo cukup terpukul.

"Melalui akademi sepak bola, saya berharap menuju Eropa, tapi tidak ada," ujar Igbonefo.

Victor Chukwuekezie Igbonefo
Victor Chukwuekezie Igbonefo (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Setelah gagal tampil di Eropa, Igbonefo tidak mau menyerah begitu saja. Dia terus bekerja keras agar keinginannya untuk menjadi pemain profesional bisa terwujud.

Berbagai turnamen pun diikuti oleh Igbonefo untuk terus mengasah kemampuannya. Berkat usaha pantang menyerahnya itu, Igbonefo direkrut oleh salah satu klub elite di Liga Nigeria, First Bank. Di sana, dia bermain sebanyak 18 kali pada musim 2004/2005.

Baca juga: Zalnando Punya Target di Tim Maung Bandung, Bukan Sekadar Penghangat Bangku Cadangan

"Dari turnamen aku dipinang salah satu klub profesional terbaik. Salah satu tim yang banyak mengorbitkan banyak pemain muda potensial. Dari sana aku kemudian ke Persipura," katanya.

Di Persipura, Igbonefo langsung menjadi pemain asing yang sangat disegani oleh lawan-lawannya. Ketika itu, Igbonefo membawa Persipura menjadi juara Liga Indonesia 2005 di musim perdananya.

Baca juga: Robert Rene Alberts: Kami Hidup dengan Gaji Hanya 25 persen Tapi Tetap Dukung Manajemen Persib

Selain  fisiknya yang kuat kepintarannya, ia juga pandai membawa lawan untuk masuk dalam irama permainannya.

Sejak musim 2005-2011 di Persipura Igbonefo bermain sebanyak 152 kali dengan catatan 8 gol.

Bek Persib, Victor Chukwuekezie Igbonefo
Bek Persib, Victor Chukwuekezie Igbonefo (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Selama di Persipura, dia meraih tiga gelar juara Liga Indonesia pada musim 2005/2006, 2008/2009, 2010/2011, dan Community Shield Indonesia 2009. Raihan ini membuat Igbonefo menjadi pemain asing yang paling banyak meraih gelar juara di Indonesia.

Pada musim 2011 dia memutuskan untuk mencari tantangan baru bersama Pelita Jaya. Pada tahun yang sama, Igbonefo memutuskan untuk melepas status kewarganegaraan Nigeria. Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI), dan sejak itu sudah bermain sebanyak 10 kali di ajang resmi bersama Timnas Indonesia.

Baca juga: Pemain Asal Brazil Ini Sukses Berkiprah di Vietnam, Bobotoh Nantikan Aksi Wander Luiz Bersama Persib

Satu musim bermain di Pelita Jaya, Igbonefo mencatatkan 31 kali penampilan dengan mencetak 5 gol. Sejak saat itu, namanya pun menjadi incaran banyak klub di Indonesia.

Tawaran bermain di luar negeri datang pada musim 2012. Klub Liga Premier Thailand, Chiangrai United FC meminjam Igbonefo dari Pelita Jaya. Di sana, dia bermain sebanyak 12 kali dan mencetak satu gol.

Baca juga: Sembuh dari Cedera Lutut, Esteban Gabriel Vizcarra Berharap Bisa Antarkan Persib Juara Musim Ini

Namun karier di Thailand tidak bertahan lama. Igbonefo memutuskan kembali ke Indonesia untuk bergabung dengan Arema pada musim 2012. Di tim berjuluk Singo Edan itu, Igbonefo bermain sebanyak 58 kali dari musim 2012 hingga 2015.

Ingin terus mengembangkan kariernya, Igbonefo kembali ke Thailand untuk bermain bersama Osotspa Samut Prakan (2015), Navy (2016), dan Nakhon Ratchasima (2017/2018). Di Thailand, Igbonefo bukan sekadar menjadi pemain cadangan. Dia merupakan pemain yang berstatus sebagai inti.

Victor Chukwuekezie Igbonefo
Victor Chukwuekezie Igbonefo (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Hal ini bisa dibuktikan dari catatannya saat bermain di Liga Thailand. Pada saat membela Osotspa Samut Prakan, dia bermain sebanyak 8 kali. Lalu pindah ke Navy, Igbonefo bermain dalam 29 kali pertandingan. Puncaknya, Igbonefo berlaga bersama Nakhon Ratchasima hingga 33 pertandingan.

Pada musim 2018, Igbonefo resmi dikontrak 3 tahun oleh Persib. Kedatangan Igbonefo kala itu menjadi pelepas dahaga setelah Persib ditinggalkan oleh salah satu bek terbaiknya, Vladimir Vujovic.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Igbonefo mengaku senang sekali bergabung dengan Persib. “Bobotoh sangat baik," ujar Igbonefo saat diperkenalkan Persib pada 2018 silam.

Di musim perdana, Igbonefo tampil sebanyak 27 kali dengan catatan satu asist. Ia sempat  nyaris membawa juara pada Liga 1 2018. Namun, akhirnya pupus  karena Persib harus menjalani partai usiran sepanjang putaran kedua.

Baca juga: Ardi Idrus Bidik Target Besar, Lebih dari Sekadar Pemain Inti Persib Bandung

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved