Persib Bandung

Robert Rene Alberts: Kami Hidup dengan Gaji Hanya 25 persen Tapi Tetap Dukung Manajemen Persib

"Kami percaya, tidak lama setelah pandemi berakhir, pembangunan fasiltas berlatih akan segera dilakukan. Kami menantikan saat-saat tersebut"

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Robert Rene Alberts 

ROBERT Rene Alberts buka suara soal tuntutan bobotoh belakangan ini yang meminta manajemen segera membangun fasilitas latihan sendiri. Menurut Alberts, Persib tepat dalam mengelola keuangan di masa pandemi Covid-19, termasuk berinvestasi fasilitas latihan yang membutuhkan dana sangat besar.

"Saya tidak tahu kenapa di situasi pandemi ada permintaan seperti itu, ketika kita tahu sulitnya melakukan hal itu. Kami hidup dengan gaji yang hanya 25 persen, tapi tetap mendukung manajemen karena kami tahu uang tidak datang dengan mudah. Lalu banyak orang memberikan tekanan dengan tuntutan itu," ujar Alberts, Minggu (11/7).

Menurut Alberts, manajemen memiliki rencana membangun fasilitas latihan sendiri. Bahkan, kata pelatih asal Belanda, ini manajemen juga sudah mencari lokasi untuk membangun fasilitas berlatih pasukan Maung Bandung.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

Namun, ujar Alberts, pandemi Covid-19 memaksa manajemen harus lebih ketat lagi dalam mengeluarkan anggarannya.

"Tentu saja kami memiliki fasilitas latihan sendiri, dengan begitu kami tidak lagi bergantung kepada pemerintah untuk menyewa lapangan atau stadion," katanya.

Baca juga: Pemain Asal Brazil Ini Sukses Berkiprah di Vietnam, Bobotoh Nantikan Aksi Wander Luiz Bersama Persib

Alberts mengatakan tim sebesar Persib memang membutuhkan tempat latihan sendiri yang representatif plus fasilitas lengkap untuk kebutuhan tim.

Klub yang memiliki tempat dan fasiltas berlatih sendiri, kata Alberts, akan menjamin keamanan dan kenyamanan pemain lebih terjamin. Bila memiliki fasilitas latihan sendiri yang nyaman dan aman, ujar Alberts, pemain akan lebih fokus berlatih untuk memulai pertandingan di kompetisi.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

"Kami percaya, tidak lama setelah pandemi berakhir, pembangunan fasiltas berlatih akan segera dilakukan. Kami menantikan saat-saat tersebut," ujarnya.

Tentang persiapan Persib menghadapi kompetisi Liga 1 tahun ini, Alberts memastikan timnya akan menggelar latihan bersama setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berrakhir pada 20 Juli 2021.

Baca juga: Sembuh dari Cedera Lutut, Esteban Gabriel Vizcarra Berharap Bisa Antarkan Persib Juara Musim Ini

"Tentu saya punya rencana untuk menggelar lagi latihan bersama,” ujar pelatih berusia 67 tahun ini.

Alberts berharap pandemi segera berakhir dan semua kegiatan berjalan normal lagi, termasuk agenda latihan tim asuhannya.

Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

"Nanti ketika PPKM berakhir, kami akan langsung berlatih secara normal di dalam situasi yang juga normal," katanya.

Roberts Rene Alberts termasuk individu yang sangat mendukung segala usaha pemerintah dalam membasmi pandemi Covid-19, termasuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Alberts optimistis bila masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, pandemi Covid-19 bisa segera diatasi.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat, kata Alberts, kompetisi sepak bola bisa digulirkan. Pandemi, kata Alberts, tidak harus mematikan kegiatan sepak bola secara total.

"Covid masih akan ada, begitu juga masa karantina. Tapi sepak bola masih bisa digelar karena saya tidak melihat ada hubungan langsung antara masa PPKM dan sepak bola, pasalnya kita bertanding tanpa penonton, dan tetap menerapkan protocol kesehatan ketat," ujar Alberts.

Robert Rene Alberts
Robert Rene Alberts (Tribun Jabar/Ferdyan Adhi Nugraha)

Menurut kabar, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi sepak bola Indonesia berencana menggulirkan kompetisi pada akhir Agustus. Alberts mengaku tidak ada masalah dengan rencana tersebut. “Yang terpenting kompetisi bisa digelar,” ujarnya.

Baca juga: Gian Zola, Sang Gelandang Persib yang Pernah Bertatap Muka dengan Lionel Messi di Qatar

Satu yang diminta Alberts adalah kepastian jadwal penyelenggaraan Liga 1 2021 segera dirilis. Selambat-lambatnya, kata Alberts, jadwal dirilis pada pertengahan Agustus agar pemain lebih tenang karena ada kepastian kompetisi digelar. (tribun jabar/ferdyan adhy nugraha/kompas.com)

 

BIOFILE

Nama Lengjkap: Robert Rene Alberts

Nama Panggilan: Robert atau Alberts

Tanggal Lahir: 14 November 1954

Tempat Lahirt: Amsterdam, Belanda

Usia: 66 Tahun

Warga Negara: Belanda

Lisensi Kepelatihan: UEFA Pro

Formasi Permainan: 4-2-3-1

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved