Persib Bandung

Pemain Asal Brazil Ini Sukses Berkiprah di Vietnam, Bobotoh Nantikan Aksi Wander Luiz Bersama Persib

Dari 22 yang ia mainkan, Luiz berhasil mencetak 13 gol dan 1 asis. Itu pula yang membuat tim-tim papan atas Liga Vietnam tertarik merekrutnya

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Wander Luiz 

BERGABUNG dengan Persib Bandung, Wander Luiz menjelma menjadi sosok idola baru yang selalu ditunggu penampilannya.Pria dengan nama lengkap Luiz Queiroz Dias'>Wander Luiz Queiroz Dias ini pemain asli Brazil yang lahir di kota Espirito Santo pada 17 Februari 1992.

Sebelum bergabung bersama Persib Bandung, Wander Luiz pernah membela tim-tim yang ada di negara Brazil dan Vietnam. Perjalanannya dalam dunia sepak bola profesional ia awali ketika membela klub Serie D ECCP Victoria tahun 2014.

Wander Luiz terhitung telat ketika memasuki dunia sepak bola profesional karena umurnya saat itu sudah berinjak usia 22 tahun.

Di Victoria, Luiz hanya bertahan setahun. Di klub itu, Luiz hanya dimainkan tiga kali. Sisanya di bangku cadangan.

Wander Luiz Queiroz Dias
Wander Luiz Queiroz Dias (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Tahun 2015, Luiz pun pindah ke klub Santa Rita. Namun, di sana ia juga hanya bertahan setahun.  Pada 2016 Luiz kembali memperkuat tim Victoria hingga  2018.

Tahun 2018, Luiz memutuskan untuk pergi dari Brazil dan bermain di Liga Vietnam. Di sana ia memperkuat klub Long An. Penampilannya memukau. Dari 12 laga yang ia mainkan, Luiz berhasil mencetak lima gol.

Baca juga: Sembuh dari Cedera Lutut, Esteban Gabriel Vizcarra Berharap Bisa Antarkan Persib Juara Musim Ini

Kehebatan Luiz dalam menjebloskan bola ke gawang akhirnya membawa pemain itu berlabuh ke divisi pertama Liga Vietnam. Ia bergabung bersama Quang Nam. Namun, di Quang Nam, Luiz hanya mampu bertanding dalam tiga laga dan pindah kembali ke kasta 2 Liga Vietnam bersama XSKT Can Tho FC.

Bersama XSKT Can Tho FC bisa dibilang menjadi masa keemasan Luiz dalam dunia sepak bola profesional. Dari 22 yang ia mainkan, Luiz berhasil mencetak 13 gol dan 1 asis. Itu pula yang membuat tim-tim papan atas Liga Vietnam kembali tertarik untuk merekrut pemain asal Brazil ini.

Wander Luiz Queiroz Dias
Wander Luiz Queiroz Dias (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Salah satu tim rakasasa Vietnam, Binh Duong akhirnya meminang  Luiz untuk bermain bersamanya selama satu musim. Penampilannya bersama Binh Duong membawa namanya menjadi melambung di benua Asia. Terlebih ketika ia berhasil menjebol tim-tim lawan di Piala AFC tahun 2019.

Dilansir dari Transfermarkt, Luiz berhasil menctak 11 gol dan 3 asis dalam 31 laga bersama Binh Duong, baik di Liga Vietnam maupun Piala AFC. Itu pula yang membuat Persib akhirnya tertarik untuk meminangnya.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Pada tahun 2020 Persib akhirnya bisa mendatangkan Luiz dari Vietnam. Dalam tiga laga pertamanya bersama Persib di Liga 1, Luiz berhasil mencetak empat gol dan dua asis. Sayang, Liga 1 kemudian terhenti karena pandemi Covid-19.

Wander Luiz Queiroz Dias
Wander Luiz Queiroz Dias (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Namun, di Piala Menpora, Luiz kembali menunjukkan kelasnya. Meski tak berhasil membawa Maung Bandung juara, ia tampil memukau di tujuh laga. Luiz menyumbangkan dua gol dan dan asis.

Bobotoh juga masih menanti penampiannya di Liga 1 yang rencananya akan dimulain bulan depan. (tribun jabar/fakhri fadlurrohman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved