Persib Bandung

Sembuh dari Cedera Lutut, Esteban Gabriel Vizcarra Berharap Bisa Antarkan Persib Juara Musim Ini

Motivasi saya tinggi, karena ini tim besar punya suporter luar biasa, pasti saat masuk lapangan, suporter dukung kami"

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Esteban Gabriel Vizcarra 

KEDATANGAN Esteban Vizcarra pada musim 2019 disambut cukup meraih oleh bobotoh. Gelandang berusia 35 tahun itu akhirnya berlabuh di Persib setelah bertahun-tahun selalu masuk daftar pemain incaran.

Pemain yang bernama lengkap Vizcarra'>Esteban Gabriel Vizcarra itu lahir di Belén de Escobar, Argentina, 11 April 1986. Dia memulai karir di Huracán, Liga Argentina pada tahun 2005.

Ketika membela Huracán, Vizcarra tampil cukup produktif sebagai seorang gelandang serang. Vizcarra mampu mencetak 19 gol dari 40 kali penampilan.

Esteban Vizcarra
Esteban Vizcarra (Tribun Jabar)

Performa apiknya itu membawa Vizcarra ke klub Liga Argentina lainnya, Douglas Haig pada 2008. Di sana, Penampilan Vizcarra sempat menurun karena hanya tampil 15 kali dengan catatan 3 gol selama musim 2008-2009.

Vizcarra sempat mencoba peruntungan ke benua Eropa pada tahun 2009. Dia bermain untuk klub Liga Spanyol, CD Salobreña. Namun di Spanyol, karirnya tak bertahan lama. Pada tahun yang sama, Vizcarra memutuskan hijrah ke Indonesia.

Baca juga: Mohammed Rashid Tidak Mau Mengecewakan Bobotoh Persib, Berharap Segera Bertanding di Liga I

Klub pertama yang dibela Vizcarra adalah Pelita Jaya. Kala itu, Vizcarra masih berusia 23 tahun. Menjadi sesuatu yang cukup unik karena pada umumnya, pemain asing datang ke Indonesia saat usianya sudah matang atau menuju masa pensiun.

Vizcarra, yang baru merumput di Indonesia, tampil cukup apik bersama Pelita Jaya. Dia tampil menawan dengan catatan enam gol dari 30 pertandingan bersama Pelita Jaya.

Esteban Gabriel Vizcarra
Esteban Gabriel Vizcarra (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Di Pelita Jaya, nama Vizcarra semakin dikenal luas oleh publik Indonesia. Kemampuannya dalam melakukan akselerasi di area pertahanan lawan membuat Vizcarra menjadi salah satu pemain asing yang diperhitungkan.

Sesudah memperkuat Pelita Jaya, Vizcarra mencoba ikut seleksi bersama Persib yang kala itu sedang membangun skuat untuk menghadapi Liga Indonesia 2010-2011.

Baca juga: Gian Zola, Sang Gelandang Persib yang Pernah Bertatap Muka dengan Lionel Messi di Qatar

Persib yang ditangai oleh pelatih asal Serbia, Daniel Darko Jankovic mencoba kemampuan Vizcarra pada turnamen Inter Island Cup (IIC). Namun Daniel tidak tertarik terhadap kemampuan Vizcarra kala itu.

Terlempar dari Persib, Vizcarra direkrut oleh Semen Padang. Di Semen Padang, Vizcarra mendapat penampilan terbaiknya. Dia berseragam Semen Padang selama lima musim sejak 2010.

Esteban Vizcarra
Esteban Vizcarra (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Di tim berjuluk Kabau Sirah itu, Vizcarra tampil sebanyak 94 kali dan mencetak 26 gol. Satu trofi Indonesia Premier League (IPL) 2012 dipersembahkan Vizcarra untuk Semen Padang.

Pada tahun 2016, karier Vizcarra semakin melejit dengan memperkuat Arema Cronus. Bisa dibilang, Arema Cronus menjadi klub yang membuat Vizcarra banyak meraih gelar juara. Mulai dari Piala Bhayangkara 2016 dan 2017, Bali Island Cup 2016, dan Piala Presiden 2017. Semua gelar itu membuat Vizcarra kian berkibar di sepak bola Tanah Air.

Baca juga: Dedi Kusnandar, Gelandang Bertahan nan Tangguh, Berharap Membawa Trofi Liga I ke Tangan Persib

Pada 2018, Vizcarra yang sudah berada di Indonesia 10 tahun, akhirnya resmi melepas status kewarganegaraan Argentina. Dia menjadi pemain naturalisasi dengan catatan satu kali pertandingan tanpa mencetak gol.

Selepas bersama Arema, Vizcarra hijrah ke Sriwijaya FC pada musim 2018. Di sana, Vizcarra menjadi tulang punggung tim dengan bermain sebanyak 32 kali dan mencetak 11 gol.

Esteban Gabriel Vizcarra
Esteban Gabriel Vizcarra (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Kendati Vizcarra tak mampu menyelematkan Sriwijaya FC dari jurang degradasi, namanya menjadi incaran beberapa klub besar. Salah satunya adalah Persib yang ngotot untuk mendapatkan tanda tangannya.

Bertahun-tahun selalu dikaitkan dengan Persib, Vizcarra akhirnya berlabuh ke Persib pada musim 2019. Dia mendapat kontrak selama dua tahun dan memperpanjangnya kembali di awal 2021 untuk satu tahun ke depan.

Baca juga: Gelandang Persib Erwin Ramdani Mencari Suasana Baru dalam Latihan di Masa PPKM

"Dari dulu ada rumor tapi alhamdulillah sekarang resmi bergabung. Motivasi saya tinggi, karena ini tim besar punya suporter luar biasa, pasti saat masuk lapangan, suporter dukung kami, itu motivasi tinggi dan saya akan kasih maksimal, setiap latihan dan pertandingan," ujar Esteban Vizcarra, di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (18/1).

Baru bergabung dengan Persib, Vizcarra harus langsung menepi karena ada patahan tulang di bagian lutut. Vizcarra lalu melakukan operasi dan harus beristirahat selama dua bulan. Dia pun harus absen pada laga awal Persib di Liga 1 2018.

Esteban Gabriel Vizcarra
Esteban Gabriel Vizcarra (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Operasi itu pula lah yang membuat Vizcarra tak tampil maksimal pada musim debutnya bersama Persib. Dia tampil sebanyak 28 kali dan mengemas 3 gol.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved