Lili Supriatna, Guru SMKN 1 Cipaku Ciamis, Tanam & Kembangkan Bayam Brazil yang Berkhasiat

Ini ditanam enam bulan lalu. Stek batangnya dapat dari teman yang juga seorang guru. Sekarang sudah tumbuh subur.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Tanaman bayam brazil yang tumbuh subur di pakarangan rumah Lili Supriatna, di sisi irigasi Cikumetir Jalan Cilulut Kertasari Ciamis. 

BAYAM brazil (brazilian spinach) belum banyak dikenal di tanah air. Masih langka, masih jarang yang membudidayakannya.

Tanaman dengan nama latin Altehernathera sisssoo tersebut belum menjadi salah satu jenis tanaman yang lazim dibudidayakan oleh petani di negeri ini. Beda dengan bayam cabut misalnya.

Menurut Ir Lili Supriatna (55), guru mata pelajaran hortikultura di SMKN 1 Cipaku, pengembang biakan  tanaman bayam brazil ini gampang. Cukup dengan stek, sebagian batangnya dipotong kemudian ditancapkan di tanah.

“Insyaallah hidup dan tumbuh dengan baik. Asal disiram bila tanahnya agak kering,”  ujarnya kepada Tribun, Jumat (9/7/2021).

Tanaman bayam brazil yang tumbuh subur di pekarangan rumah Lili Supriatna, di sisi irigasi Cikumetir Jalan Cilulut Kertasari Ciamis.
Tanaman bayam brazil yang tumbuh subur di pekarangan rumah Lili Supriatna, di sisi irigasi Cikumetir Jalan Cilulut Kertasari Ciamis. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Di halaman rumahnya di sisi saluran irigasi Cikumetir di Jalan Cilulut, Kertasari, Kabupaten Ciamis, bayam brazil tersebut tumbuh subur di sisi pagar tembok.

“Ini ditanam enam bulan lalu. Stek batangnya dapat dari teman yang juga seorang guru. Sekarang sudah tumbuh subur. Bayam brazil memang masih langka. Di pasar belum ada yang jual bayam  brazil,” katanya.

Baca juga: Mantan Aparat Desa Sukses Jadi Peternak Kambing Perah di Ciamis, Produk Susu Kambingnya Laris

Menurut Lili, bayam brazil tersebut rutin dikonsumsi sebagai sayur mayur. Lazimnya sayur bayam. “Disayur bening atau cukup direnda) dengan air panas sampai layu. Kemudian disantap pakai sambal, sebagai lauk pauk nasi,” ujar Lili.

Bayam brazil, kata Lili, kaya gizi dan banyak khasiat. Mengandung vitamin A, B-6 hingga vitamin C serta protein tinggi. Khasiatnya jauh  lebih beragam dari bayam biasa.

Dalam film animasi Popeye, bayam merupakan rahasia kekuatan tenaga Popeye Si Pelaut.

Bayam brazil (Altehernathera sisssoo)
Bayam brazil (Altehernathera sisssoo) (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Di dunia nyata, bayam brazil diyakini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) terutama kandungan vitamin A dalam daun dan batang bayam brazil tersebut.

Dari berbagai literatur termasuk dari online  menurut Lili  diketahui bahwa  bayam brazil kaya gizi dan banyak khasiat serta sumber protein tinggi.

Tanaman bayam brazil, terutama daunnya mengandung vitamin A, B5, vitamin C dan antioksidan. Serta asam folat.

Baca juga: Jamasan Pusaka Kanjeng Prebu di Ciamis Tahun Ini Berlangsung Sederhana, Diisi Doa Agar Covid Berlalu

Bila mengonsumsi sayuran bayam brazil secara rutin dapat mencegah gangguan jantung dan stroke.

Vitamin A membantu sistem kekebalan tubuh dan perlindungan terhadp infeksi.  Kandungan vitamin A merupakan salah satu komponen sel darah putih yang berfungsi untuk melawan  infeksi meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).

Sementara vitamin C yang terkandung dalam sayuran bayam brazil  juga berfungsi membantu pembentukan antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanaman bayam brazil (Altehernathera sisssoo)
Tanaman bayam brazil (Altehernathera sisssoo) (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Sayuran  berdaun hijau seperti bayam (termasuk bayam brazil)  punya kandungan asam folat yang berlimpah.  Asam folat merupakan zat multifungsi dalam pem,bentukan sel tubuh, mencegah anemia, berperan  dalam pembentukan DNA.

Kandung beta karoten pada bayam brazil, kata Lili, sangat bermanfaat dalam menjaga mata. Menjaga agar mata selalu sehat. Untuk terhindar dari peradangan  dan iritasi mata rutinlah konsumsi sayur bayam brazil.

Baca juga: Setiap Bulan Agah Menjual 80 Kg Ikan Gabus, Harganya Rp 80.000 Per Kg, Bagus untuk Pengobatan

“Daun bayam brazil, tidak hanya bisa dibikin sayur .Tapi daunnya juga bisa dibuat kripik setelah dilumari cairan adonan tepung,” ujar bapak dua anak tersebut.   

Sekilas  tanaman bayam brazil mirip daun sirih cina, rumput liar yang juga kaya khaziat. Namun tanaman daun sirih cina berbatang dan daun yang lunak. Sementara bayam brazil, daun dan batangnya lebih kuat .

bayam brazil (Altehernathera sisssoo)
bayam brazil (Altehernathera sisssoo) (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Beda dengan bayam cabut, bayam brazil ini tumbuh berumpun, bila cabangnya dipetik akan tumbuh tunas baru. Hidup tak mengenal musim. Dan ketinggian rumpunnya bisa mencapai 50 cm.

Bisa ditanam dalam pot, polibag, ember, maupun di atas hamparan tanah.  Tumbuh subur di bawah naungan. Setelah ditanam, dalam usia sebulan bayam brazil sudah bisa dipanen. (tribun jabar/andri m dani)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved