Gian Zola, Sang Gelandang Persib yang Pernah Bertatap Muka dengan Lionel Messi di Qatar

Bukan hanya sosok Ayah, kakek dari Gian Zola pun selalu memotivasi Gian untuk terus berusaha lebih dari teman-teman sebayanya

Dokumentasi Tribun Jabar
Gian Zola 

GIAN Zola adalah pemain Persib Bandung yang berawal dari Sekolah Sepak Bola (SSB) UNI di Bandung. Dia merintis karier dari bawah hingga akhirnya berkostum Maung Bandung.

Nama Gian Zola  mirip dengan pemain bintang asal Chelsea Gianfranco Zola yang aktif bermain bersama Chelsea pada 1996-2003.

Nama itu disematkan kedua orang tuanya Budi Nugraha dan Yuyun Zauhariyah ketika Zola lahir pada 5 Agustus 1998 di Bandung.

Gian Zola
Gian Zola (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Zola mulai merintis karier sepak bolanya ketika masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar.

Zola pernah belatih di SSB yang sering menciptakan  pemain-pemain Persib, yakni  SSB Uni Bandung dan Saswco.

Setelah cukup mendapatkan ilmu dari SSB,  Gian Zola melanjutkan sekolah sepak bola di  Diklat Persib Bandung. Zola  akhirnya  bisa berseragam Persib U-21 pada  2012.

Baca juga: Dedi Kusnandar, Gelandang Bertahan nan Tangguh, Berharap Membawa Trofi Liga I ke Tangan Persib

Dalam perjalanan kriernya,  sosok sang Ayah selalu menemai dan memberi motivasi pada kekasih Ghea Youbi ini untuk terus berusaha keras meraih cita-citanya.

Bukan hanya sosok Ayah, kakek dari Gian Zola pun selalu memotivasi Gian untuk terus berusaha lebih dari teman-teman sebayanya.

Bahkan Gian Zola mengaku sangat jarang bermain dengan teman-temannya dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berlatih di rumah dan menjadikan bola sebagai temannya.

Baca juga: Ardi Idrus Bidik Target Besar, Lebih dari Sekadar Pemain Inti Persib Bandung

Kerja kerasnya ini terbayar ketika ia meraih berbagai prestasi di dunia sepak bola.

Salah satu prestasi yang pernah dia capai menjadi pemain terbaik Asia Pasifik dalam turnamen Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 di Trafford Training Centre, Carrington, Manchester, Inggris.

Gian Zola
Gian Zola (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Zola pun pernah mempunyai pengalaman bertatap muka  dengan Lionel Messi di Qatar ketika menjadi satu di antara 5 pemain berbakat Indonesia yang diseleksi oleh Indosat.

Kiprah awalnya bersama Persib tidak terlalu lancar karena ia pernah tiga kali gagal mengikuti seleksi menjadi penggawa Maung Bandung.

Baca juga: Mimpi Ravil Shandyka Bergabung dengan Persib Akhirnya Jadi Kenyataan, Bersiap Diri & Percaya Diri

Barulah pada 2015 ia dipercaya sang perancang strategi Djajang Nurdjaman untuk mengisi tim inti Persib Bandung ketika menjalani perhelatan turnamen Piala Sudirman 2015.

Pada perhelatan itu, Gian Zola menjalani tes pertamanya dengan para pemain senior Persib Bandung dan  pemain muda lainnya,  yakni Febri Hariyadi.

Setelah ajang turnamen tersebut, Gian Zola dan Febri Hariyadi resmi dikontrak oleh Persib Bandung.

Baca juga: Muhammad Syafril Lestaluhu Kembali ke Tim Utama Persib Maung Bandung

Selama ia berkostum Persib Bandung pada musim 2017-2018, ia berhasil bermain sebanyak 14 kali dan mencetak 1 gol.

Lalu pada musim selanjutnya, Gian dipinjamkan Persib Bandung ke  Persela Lamongan dan berhasil mengumpulkan 4 asis dalam 16 penampilannya dengan rincian 12 kali menjadi starter.

Gian Zola
Gian Zola (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Sekembalinya ke Persib Bandung, Gian Zola harus kembali memperlihatkan kemampuannya untuk mencuri posisi starting line up Persib di posisi gelandang yang pemainnya sudah menumpuk di Persib.

Terlebih Gian Zola pernah mengalami cedera di bagian ibu jari kakinya yang membuat ia berhenti bermain sepak bola. (tribun jabar/fakhri fadlurrohman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved