Rachmawati Soekarnoputri Wafat, Putri Bung Karno yang Bercita-cita jadi Dokter, Waketum Gerindra

Rachmawati sejak 2015 hingga sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Ideologi Partai Gerindra

Editor: adityas annas azhari
Tribunnews
Rachmawati Soekarnoputri 

RACHMAWATI Soekarnoputri meninggal dunia. Putri dari Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno itu wafat pada Sabtu (3/7/2021) pukul 06.15 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Perempuan bernama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Soekarno Fatmawati. 

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu   dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Rachmawati meninggal karena Covid-19.

Diah Pramana Rachmawati Soekarno
Diah Pramana Rachmawati Soekarno (Tribunnews)

Hal tersebut disampaikan oleh. "Beliau ini tidak dikebumikan (disemayamkan, red) di rumah duka nantinya, di Jatipadang itu. Jadi dari RSPAD langsung dimakamkan (TPU) Karet Bivak," kata Kapolsek Pasar Minggu Kompol Bambang Handoko seusai melakukan komunikasi dengan pihak keluarga dan ajudan Rachmawati, dikutip dari Kompas.tv,

Rachmawati sejak 2015 hingga sekarang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Ideologi Partai Gerindra, hal tersebut tertera di Struktur Organisasi Partai dari Gerindra.

Tak hanya di Gerindra, Rachmawati juga aktif menjadi Ketua Gerakan Pemuda Marhaen (GPM), pendiri Yayasan Bung Karno yang kini menjadi Universitas Bung Karno.

Rachmawati Soekarnoputri
Rachmawati Soekarnoputri (Tribunnews)

Selain itu, Rachmawati juga turut mendirikan sekolah di berbagai daerah, di antaranya SMA Nasional SMA Nasional di Klaten, Semarang dan Boyolali, TK Rachmawati di Boyolali, dan TK Sarinah di Jakarta, Cibubur juga Klaten.

Sejak kecil Rachmawati sebenarnya bercita-cita menjadi seorang dokter. Ia juga banyak menekuni hal-hal yang berkaitan dengan seni dan olahraga.

Tercatat, selama di SD dan SMP, Rachmawati pernah belajar menari Jawa, Sunda, Sumatra hingga menekuni olahraga seperti bulu tangkis, renang, dan anggar.

Ia menjalani masa pendidikannya, dari mulai tingkat dasar sampai menengah di Jakarta. Rachmawati sempat berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 1969, namun tak selesai. Ia baru meraih gelar sarjana hukum setelah melanjutkan kuliah jurusan hukum di Universitas Bung Karno pada 2002. Magister hukum diraihnya kampus yang sama tiga tahun kemudian.

Rachmawati Soekarnoputri
Rachmawati Soekarnoputri (Tribunnews)

Kehidupan Pribadi

Perempuan yang lahir di Jakarta 27 September 1950 ini pernah menikah tiga kali.

Dilansir dari Kompas.com, ia pernah menikah dengan Dokter Martomo Pariatman Marzuki (1969), kemudian Dicky Suprapto (1975), dan terakhir dengan Benny Sumarno (1995).

Ketiga pernikahan tersebut berujung perceraian. Namun, dari pernikahan yang kedua, Rachmawati dikaruniai dua putra, yakni Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardhika Putra. (tribunnews/kompas.com)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved