Aipda Citro Haduduan Manalu, Polisi Pendiam yang Bangun Banyak Rumah untuk Warga di Cianjur

Pria asal Medan yang menikahi anak ustaz ini mengatakan, ia mulai berinisiatif membangunkan rumah untuk warga yang membutuhkan pada  2017

Penulis: TribunJabar
Editor: adityas annas azhari
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Aipda Citro Haduduan Manalu di atas mobil patroli sedang menurunkan bambu di Polsek Sukaresmi, Kamis (1/7/2021). Bambu-bambu itu untuk membangun rumah warga. 

KISAH Aipda Citro Hasuduan Manalu, anggota Polsek Sukaresmi, menjadi perbincangan hangat di internal Polres Cianjur. Namanya mewakili Bintara Polres Cianjur yang diajukan ke Polda Jabar untuk mendapat penghargaan di Hari Bhayangkara.

Apa yang telah dilakukan Citro hingga ia mewakili Kabupaten Cianjur untuk mendapat penghargaan dari Polda Jabar? Jangankan orang lain, sesama polisi di lingkungan Polsek Sukaresmi pun nyaris tak ada yang mengetahui kegiatan Citro.

Usut punya usut, selama tiga tahun menjabat sebagai Bhabinkamtibmas, Desa Cikancana, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Citro rupanya sudah membantu membangun delapan rumah warga miskin yang berada di wilayah tugasnya. Tak hanya itu, Citro juga merehab dua madrasah, juga empat musala.

Aipda Citro Haduduan Manalu
Aipda Citro Haduduan Manalu (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Citro memang tak banyak bicara hingga pimpinannya lah yang harus mengorek keterangan darinya, termasuk melakukan survei ke lapangan mengenai apa yang telah dilakukan Citro di Desa Cikancana.

Ditemui di Polsek Sukaresmi, Kamis (1/7), Citro baru saja tiba. Datang dengan mengendarai mobil patroli, Citro membawa banyak sekali bambu.

Citro mengaku, bambu-bambu itu akan ia gunakan untuk membangun rumah warga di Cikancana. Namun, karena pandemi, pembangunan tak bisa dilakukan dengan cepat karena ia pun harus sedikit mengurangi aktivitas di desa tersebut.

Baca juga: Inilah Ani Sumarni, Guru Honorer Cantik di Cianjur yang Kerap Merawat ODGJ di Jalan

Pria asal Medan yang menikahi anak ustaz ini mengatakan, ia mulai berinisiatif membangunkan rumah untuk warga yang membutuhkan pada  2017.

"Saat itu ada rumah seorang nenek yang terbakar. Saya mendatangi tempat kejadian dan melihat penderitaan yang dialami sang nenek tersebut," ujar Citro membuka pembicaraannya.

Sontak hatinya pun tergerak untuk membantu membangun kembali rumah nenek tersebut. Namun, Citro sempat bingung karena tak memiliki banyak uang. 

Baca juga: Herman Suherman: Dinas-dinas di Kabupaten Cianjur Harus Bersaing Secara Sehat

"Alhirnya, saya ke sana kemari (mencari bantuan). Banyak yang mendukung. Kami pun lantas bergotong royong membangun kembali rumah si nenek. Ada yang menyumbang kayu, ada juga yang menyumbang bambu," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved